Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Dikritik Anies, Tol Sumatra Ternyata Buat Pisang Lampung Laku


Dikritik Anies, Tol Sumatra Ternyata Buat Pisang Lampung Laku


Ilustrasi buah pisang. (Dok. Freepik) Foto: Ilustrasi buah pisang. (Dok. Freepik)
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah terus mendorong pembangunan infrastruktur di Indonesia. Pembangunan infrastruktur tersebut dinilai akan menciptakan konektivitas antar wilayah, memudahkan distribusi, serta memberikan nilai tambah perekonomian di suatu daerah.
Baca: Pemberdayaan UMKM Melalui Optimalisasi Aset Negara
Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Meirijal Nur mencontohkan manfaat pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Palembang-Lampung. Dia mengatakan keberadaan ruas tol itu mampu memangkas waktu tempuh dari 11 jam hanya menjadi 3 jam.

"Kawasan itu dulu juga rawan banyak bajing loncat dan tidak aman, waktu tempuh lama, begitu ada tol Sumatera itu hanya 2-3 jam. Ini contoh yang sangat terasa dampaknya," kata Meirijal dalam diskusi Dukungan Percepatan Penyediaan Infrastruktur oleh Pemerintah di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Meirijal mengatakan keberadaan tol yang menyambungkan Palembang-Lampung ini juga memberikan nilai tambah ekonomi pada masing-masing daerah. Lampung, kata dia, memiliki banyak tempat wisata dan pemandangan alam yang indah. Sementara, Palembang terkenal dengan kekuatan ekonominya dan banyak orang-orang kaya raya tinggal di daerah itu.

Menurut Meirijal, adanya tol Palembang-Lampung ini membuat masyarakat di dua daerah sama-sama untung. Orang kaya Palembang, kata dia, kemudian bergerombol pergi berlibur ke Lampung karena jarak tempuh yang semakin singkat. Ekonomi Lampung, menurut dia, bergeliat karena banyak orang Palembang yang menghabiskan uangnya untuk berlibur di daerah ini.

"Mereka yang kaya-kaya pergi ke Lampung untuk menghabiskan uang saat liburan, itu terasa volume transportasi Palembang-Lampung tinggi," kata dia.

Bergeliatnya ekonomi di Lampung, kata Meirijal, dapat terlihat dari berkembangnya pusat oleh-oleh. Dia mengatakan ketika orang Palembang selesai berlibur, mereka biasanya membawa oleh-oleh berupa pisang Lampung. Di awal fenomena ini, Lampung sempat tidak siap, sehingga pisang Lampung selalu habis terjual.

"Lampung sempat belum siap, waktu Lebaran atau musim liburan habis pisang Lampung, itu dampak ekonominya, permintaan muncul karena mudahnya transportasi maka tumbuhlah ekonomi masyarakat di Lampung, mereka yang menanam dan mengolah pisang," kata dia.

Pemerintah Presiden Jokowi memang menjadikan pembangunan tol di Sumatera sebagai program strategis. Jokowi mengatakan pembangunan tol di Sumatera mempercepat arus barang dan manusia.

Sebaliknya, proyek tol di Sumatera ini kerap dikritik oleh calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan. Terbaru, Anies kembali menyampaikan kritiknya terhadap Tol Trans Sumatera pada saat kampanye di Lampung, Kamis (7/12/2023).

Anies mengatakan lebih baik menghadirkan fasilitas transportasi umum kereta double track. Ia menganalogikan kereta api merupakan kendaraan untuk semua lapisan masyarakat. Selain hemat biaya, kereta api juga dapat membuat para penggunanya saling berbagi ruang
https://www.cnbcindonesia.com/news/2...a-duduk-bareng






Anies Sentil Tol Sumatra: Kaya & Miskin tak Bisa Duduk Bareng

Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan saat menghadiri dialog capres di kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Jakarta, Jumat (1/12/2023). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman) Foto: Anies Baswedan (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)
Jakarta, CNBC Indonesia - Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan menyindir pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) saat kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Lampung.

Anies mengatakan lebih baik menghadirkan fasilitas transportasi umum kereta double track. Ia menganalogikan kereta api merupakan kendaraan untuk semua lapisan masyarakat. Selain hemat biaya, kereta api juga dapat membuat para penggunanya saling berbagi ruang.

"Naik kereta api, kita bisa belajar berbagi ruang. Di dalam kereta api, yang kaya dan miskin duduk setara bersama," kata Anies saat dialog kebangsaan di Universitas Malahayati di Kota Bandarlampung, Kamis (7/12/2023).

Tidak hanya itu saja, Anies juga mengatakan kereta api ini juga bisa menumbuhkan serta mempererat rasa persatuan dan kesatuan tanpa membeda-bedakan status penumpang satu dengan lainnya.

"Jadi rasa persatuan dan kesatuan itu, bisa dibangun dari dalam kereta api," ujarnya.

Sedangkan pembangunan jalan tol, Anies menyindir soal kasta. Menurutnya kehadiran akses jalan tol hanya dapat dinikmati atau dimanfaatkan oleh segelintir orang yang memiliki kendaraan sendiri.

"Tanpa disadari, pembangunan jalan tol membuat terseleksi pemakainya. Kalau kereta api itu, adalah kendaraan rakyat yang mempersatukan sehingga siapa saja bisa menggunakan kereta api," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Anies kemudian menjanjikan pembanguan fasilitas jalur rel kereta double track yang melayani perjalanan dengan rute (jurusan) Bakauheni-Tanjungkarang-Kertapati (Lampung-Palembang).

Kehadiran transportasi umum kereta double track tersebut Anies klaim akan memudahkan masyarakat mengakses dari satu wilayah ke wilayah lainnya secara efisiensi hemat BBM dan juga biaya.

"Di Lampung ini sendiri sudah ada jalur kereta, oke kita akan persiapkan kereta double track. Doakan, untuk keberangkatan pertama Insya Allah tanggal 17 Agustus 2025," ungkapnya.

Melalui kereta api double track tersebut, lanjut Anies, keberadaan penduduk tidak hanya berpusat di daerah perkotaan, tapi juga di perdesaan.

Anis menambahkan kereta api double track berbasis transportasi umum juga sangat efektif mengurangi pencemaran emisi yang ditimbulkan dari penggunaan kendaraan.

"Ini juga akan mengurangi kepadatan lalu lintas. Jumlah jalan akan tetap sama, tapi jumlah kendaraan akan terus bertambah dimasa-masa akan datang," ujar Anies.

Provinsi Lampung kini memiliki jalan tol disebut Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menghubungkan dengan Provinsi Sumatera Selatan. Fasilitas jalan tol ini, dibangun pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-duduk-bersama
dua-duanya juga penting
tapi harus ada prioritas.



Pisang cokelat lampung enak..
aldonistic
FPH
flybywireless
flybywireless dan 4 lainnya memberi reputasi
5
744
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.