the.commandosAvatar border
TS
the.commandos
Survei Indikator: Pemilih Anies Kalangan Terdidik, Prabowo Lulusan SMP


Jakarta, CNN Indonesia --
Hasil survei Indikator Politik Indonesia mencatat pemilih dari kalangan terdidik lebih condong mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan temuan itu mengacu pada hasil survei yang digelar pada 23 November-1 Desember 2023.

Berdasarkan data yang dipaparkan dalam sesi rilis Indikator Politik secara daring, Sabtu (9/12), pemilih pasangan Anies-Cak Imin dari kalangan pendidikan tinggi mencapai 41,3 persen.

Sementara di posisi kedua ada pasangan nomor 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang mendapatkan angka sebesar 40,7 persen.

Untuk kalangan warga pendidikan tinggi, yang kuliahan atau bahkan sudah lulus S3, suara Pak Prabowo sedikit di bawah Mas Anies," jelas Burhanuddin.

Sedangkan pasangan nomor 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi buncit. Perolehan angkanya kalah jauh dari dua pasangan lain yakni 12,3 persen.

"Jadi pemilih Mas Anies lebih terdidik, sementara pemilih Mas Ganjar-Mahfud relatif kurang dari kalangan terdidik," kata Burhanuddin.

Dari survei yang diambil berdasarkan status demografi tersebut, paslon Prabowo-Gibran masih unggul pada mayoritas kategori lain, seperti pemilih dengan status pendidikan rendah atau SLTP.


Prabowo mendapatkan perolehan angka sebesar 45,9 persen dari pemilih dengan status pendidikan rendah, disusul Ganjar-Mahfud dengan 30,5 persen, sementara Anies-Cak Imin cenderung rendah dengan 16,7 persen.

"Dari kalangan yang pendidikan rendah, atau SLTP ke bawah, Prabowo keunggulannya tajam, dan Mas Anies kurang di situ," ujar Burhanuddin.

Kemudian, kata Burhanuddin, Prabowo-Gibran juga unggul jauh, terutama di kalangan kelompok etnik selain Betawi, Minangkabau, non-Muslim, serta wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Bali.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...ulusan-smp/amp

Prabowo juga unggul di daerah pedesaan anies daerah perkotaan
peluk.aku.say
kakekane.cell
skiesman
skiesman dan 6 lainnya memberi reputasi
5
916
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.