Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Hasto Tolak Usul Debat Pakai Bahasa Inggris: Mereka Lupa Sumpah Pemuda
Hasto Tolak Usul Debat Pakai Bahasa Inggris: Mereka Lupa Sumpah Pemuda

Rabu, 06 Des 2023 22:42 WIB


Foto: Hasto Kristiyanto (Yogi Ernes/detikcom)

Jakarta - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tidak sependapat berkaitan dengan usulan debat capres-cawapres di Pilpres 2024 memakai bahasa Inggris. Dia berharap debat capres-cawapres tetap menggunakan bahasa Indonesia.

"Kita inikan ada sumpah pemuda, mereka lupa itu dengan sumpah pemuda, sehingga kita liat Jepang maju dengan kultur Jepang, Tiongkok maju dengan kultur Tiongkok, Korsel sampai kemudian ada Korea Pop itu maju dengan kultur dari setiap bangsa," kata Hasto kepada wartawan, Rabu (6/12/2023).

Hasto menilai pihak yang mengusulkan debat menggunakan bahasa Inggris lupa jati diri. Dia menyebut bahasa Indonesia justru bahasa yang mempersatukan.

"Jadi jangan ubah kultur bangsa ini hanya dengan kemudian melupakan jati diri kita, ingat bahwa dengan bahasa persatuan kita ini Indonesia mampu mengikatkan diri di dalam proses komunikasi lahir batin dari seluruh masyarakat Indonesia tanpa perbedaan dibeda-bedakan," ucap dia.

Sebelumnya, Andre Rosiade mengusulkan debat capres-cawapres ada yang menggunakan bahasa Inggris. Andre menyebut calon yang terpilih nantinya harus memiliki kecakapan dalam pergaulan internasional.

"Kami tegaskan kami tidak takut menghadapi debat capres cawapres, apapun keputusan KPU, bahkan kami mengusulkan dibuat debat dalam bahasa Inggris," kata Andre dalam keterangannya, Senin (4/12).

Andre Rosiade kemudian membeberkan alasannya terkait usulan itu. Dia mengatakan Presiden dan Wakil Presiden terpilih harus menguasai isu geopolitik dan cakap dalam pergaulan internasional.

Andre menekankan pasangan Prabowo-Gibran siap untuk menghadapi debat. Pihaknya juga siap menghadapi segala format debat, termasuk dalam bahasa Inggris.

"Jadi kami usulkan agar diadakan saja debat dalam bahasa Inggris, baik untuk capres maupun cawapres, gabungan ataupun sendiri-sendiri, kami siap. Ini sekaligus untuk menepis narasi-narasi yang mengatakan kami tidak siap berdebat. Kami siap dalam format apapun, bahkan dalam bahasa Inggris," tutur dia.

https://news.detik.com/pemilu/d-7076...-sumpah-pemuda

Ngelampaui suharto donk
Suharto kan gak tau bahasa Inggris
Diubah oleh Novena.Lizi 07-12-2023 06:36
scorpiolama
pilotproject715
dragunov762mm
dragunov762mm dan 2 lainnya memberi reputasi
3
666
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.