Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Kalau Jadi Presiden, Anies Ingin RI Tak Cuma Dekat dengan China
Kalau Jadi Presiden, Anies Ingin RI Tak Cuma Dekat dengan China

Minggu, 03 Des 2023 07:15 WIB



Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan ditanya tentang arah haluannya menyangkut hubungan internasional. Dalam hal ini, apakah ia akan mengikuti jejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kerap disebut dekat dengan China, atau justru ambil langkah berbeda.
Anies menilai, Indonesia harus dekat dengan semua negara. Hal ini selaras dengan Indonesia yang punya banyak kepentingan sehingga membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengakomodirnya. Hal ini termasuk lewat kedekatan dengan China dan Uni Eropa.

"Jadi harus dekat dengan Uni Eropa, harus dekat dengan China, dan kita mengadopsi One China Policy yang itu tidak berubah. Kita akan pertahankan kebijakan One China Policy, kita akan menjunjung tinggi kebijakan One China Policy," ujarnya, ditemui usai acara CIFP 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (2/12/2023).

"Dan kita harus dekat juga dengan Jepang, harus dekat juga dengan Korea, harus dekat juga dengan Amerika Serikat, dengan Australia, Singapura, dengan Malaysia," sambungnya.

Anies mengatakan, kondisi dunia saat ini telah terbentuk konstelasi multipolar atau kekuatan dunia yang terdistribusi ke banyak aktor. Oleh karena itu, Indonesia harus bertindak kreatif dalam membangun kedekatan dengan semua pihak demi memanfaatkan peluang yang ada.

Di samping itu, ia juga mengelompokkan sejumlah negara sebagai mitra strategis berdasarkan aspeknya. Misalnya untuk aspek ekonomi, menurutnya lima mitra yang paling strategis antara lain China, Jepang, Uni Eropa, AS, dan Singapura.

Lalu yang kedua dari aspek kebudayaan, sosial, dan keagamaan, Indonesia punya hubungan intensif dengan negara seperti Arab Saudi. Dalam hal ini, jutaan orang Indonesia setiap tahun datang ke sana untuk melakukan kegiatan keagamaan.

"Lalu kita juga menyaksikan di dalam kapasitas hubungan internasional. Australia adalah mitra yang penting dalam konstelasi internasional," pungkasnya.

https://finance.detik.com/infrastruk...t-dengan-china

Wah, Anies menzalimi Taiwan nieh
Diubah oleh Novena.Lizi 05-12-2023 07:20
pilotproject715
pilotproject715 memberi reputasi
1
526
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.