pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Mengaku Tak Suka Kampanye, Mahfud: Banyak Bohongnya


JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD mengaku tidak senang apabila diminta untuk mengampanyekan visi dan misinya dalam Pemilu Presiden 2024.

Sebab, menurut dia, janji-janji yang dilontarkan pada saat kampanye kerap kali tidak dilaksanakan atau banyak bohongnya.

"Kalau saya paling tidak senang kalau disuruh kampanye, karena apa? Karena itu namanya menawarkan diri, 'oh saya begini, oh saya bisa begini', banyak bohongnya itu kampanye," kata Mahfud saat menghadiri Mukernas MUI di kawasan Ancol, Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Oleh karena itu, Mahfud mengaku tidak pernah meminta masyarakat untuk memilih dirinya apabila sedang berkampanye.

Ia justru mempersilakan masyarakat untuk memilih sosok kandidat yang sesuai dengan hati nurani mereka.

"Ini ada calon bagus-bagus, pilih mana yang menurut ibu bapak mau pilih, pilih saja, yang penting kembali kepada nurani," kata mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Dalam kesempatan ini, Ma'ruf juga mengkritik orang-orang yang menentukan pilihannya dalam pemilihan umum (pemilu) karena dibayar atau dijanjikan sesuatu.

Menurut dia, orang-orang tersebut adalah orang yang tidak punya pendirian.

"Saya sering mengibaratkan orang yang memilih karena dibayar, karena dirayu, karena diiming-iming, karena dijamin-jamin itu, itu menurut saya dalam kategori maaf maaf, (menurut) Al Quran itu seperti binatang ternak, enggak punya pendirian," kata dia.

Mahfud mengungkapkan bahwa praktik mengiming-imingi sesuatu untuk mendapatkan suara merupakan hal yang lazim ditemui menjelang pemilihan umum.

"Karena banyak kan, pondok pesantren didatangi, dirayu-rayu lalu deklarasi, dikasih ini dikasih itu, LSM, kampus, dikasih ini itu lalu mendukunglah," ujar Mahfud.

Mahfud menjadi cawapres Ganjar Pranowo yang menjadi calon presiden pada Pemilu 2024. Pasangan Ganjar-Mahfud didukung PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hanura, dan Perindo. 

kompas.com
diinamasaia
salvation101
brucebanner23
brucebanner23 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
638
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.