Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Sempat Bikin Megawati Ngamuk, Prabowo Akan Lanjutkan Proyek Bandara Bali Utara
Sempat Bikin Megawati Ngamuk, Prabowo Akan Lanjutkan Proyek Bandara Bali Utara

Minggu, 03 Des 2023 08:18 WIB

Sempat Bikin Megawati Ngamuk, Prabowo Akan Lanjutkan Proyek Bandara Bali Utara
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ahmad Muzani. (Rizki Setyo Samudero/detikBali)
Denpasar -

Prabowo Subianto akan melanjutkan proyek pembangunan Bandara Bali Utara di Kabupaten Buleleng, Bali, jika menang pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ahmad Muzani.

Muzani menyebut Bandara I Gusti Ngurah Rai sebagai satu-satunya bandara di Bali sudah kewalahan melayani penerbangan internasional. Menurutnya, Bandara Bali Utara adalah solusinya.

"Bandara Ngurah Rai saat ini sudah padat, antrenya panjang, dikeluhkan maskapai-maskapai internasional. Banyak sekali maskapai internasional yang ingin masuk ke Ngurah Rai, dapat slot cuma satu," kata Muzani seusai Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Partai Gerindra Bali, Denpasar, Sabtu malam (2/12/2023).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra itu mengatakan Prabowo berkeinginan menjadikan Bali sebagai pusat pariwisata dunia dengan fasilitas yang memadai. Menurutnya, jika Bandara Bali Utara di Buleleng direalisasikan, wisatawan yang datang ke Pulau Dewata akan semakin banyak.

"Semakin banyak penerbangan itu masuk ke Bali, akan semakin ngangkut orang banyak, entah dari mancanegara entah dari Jakarta atau kota lain," pungkasnya.

Seperti diketahui, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri sempat menyinggung rencana pembangunan Bandara Bali Utara. Megawati bahkan sempat mengamuk kepada Wayan Koster ketika masih menjabat sebagai Gubernur Bali.

Menurut Megawati, keberadaan bandara baru di Bali hanya akan membuat sumpek. Ia khawatir proyek tersebut justru merusak Bali dan tatanan masyarakatnya. Megawati pun sempat mengungkapkan ketidaksetujuannya terkait pembangunan Bandara Bali Utara kepada Pramono Anung.

"Saya bilang sama Pram, tolong banget ini atas nama warga Bali aku bilang jangan mikirin diri sendiri. Pulau Bali ini seuprit, tahu nggak? Penduduknya hanya berapa, terus yang mau didatangkan ke sini hanya investor doang. Saya mau rakyat Bali saya juga ada yang bisa menjadi pengusaha dan lain sebagainya dong," kata Megawati saat kunjungan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur, 16 Januari 2023).

Belakangan, pembangunan Bandara Bali Utara di Buleleng resmi ditunda. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah mencoret Bandara Bali Utara dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Wayan Koster saat masih menjabat sebagai Gubernur Bali mengatakan pembangunan proyek Bandara Bali Utara ditunda karena memerlukan infrastruktur pendukung yang memadai. Ia tidak mau Bandara Bali Utara akhirnya bernasib sama dengan sejumlah bandara di Indonesia yang mangkrak setelah diresmikan, karena infrastruktur dan perencanaan kurang.

"Beberapa bandara di daerah lain juga. Infrastruktur yang tidak mendukung membuat investasi triliunan itu tidak bisa beroperasi secara maksimal," kata Koster di Denpasar pada 1 Februari 2023.

https://www.detik.com/bali/berita/d-...ara-bali-utara
peluk.aku.say
nomorelies
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
470
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.