Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
10 Negara yang Pernah Menjadi Korban Kebijakan Berlumuran Darah Henry Kissinger
10 Negara yang Pernah Menjadi Korban Kebijakan Berlumuran Darah Henry Kissinger

10 Negara yang Pernah Menjadi Korban Kebijakan Berlumuran Darah Henry Kissinger, Adakah Indonesia?


WASHINGTON -
Bagi sebagian orang, ia adalah tokoh penting dalam kebijakan luar negeri, penyintas Holocaust yang membangun karier gemilang sebagai diplomat tertinggi Amerika Serikat dan penasihat keamanan nasional pada masa pemerintahan Presiden Richard Nixon dan Gerald Ford, serta meninggalkan jejak abadi dalam sejarah. Namun bagi orang lain, Henry Kissinger adalah seorang penjahat perang, yang tindakan brutalnya dalam realpolitik meninggalkan jejak darah di seluruh dunia – diperkirakan 3 juta mayat tersebar di berbagai tempat mulai dari Argentina hingga Timor Timur saat masih menjadi bagian Indonesia. Seperti yang pernah ditulis oleh mendiang penulis dan jurnalis Inggris Christopher Hitchens: “Henry Kissinger harus ditutup rapat oleh setiap orang baik dan harus dipermalukan, dikucilkan, dan dikucilkan.” Berikut adalah 10 negara, wilayah, dan konflik yang diintervensi oleh Kissinger, meninggalkan warisan yang seringkali berlumuran darah dan dalam banyak kasus masih tetap hidup. 

1. Vietnam


Melansir Al Jazeera, Kissinger memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian karena merundingkan gencatan senjata di Vietnam pada tahun 1973. Namun perang itu mungkin benar-benar berakhir empat tahun sebelumnya jika dia tidak membiarkan rencana Nixon “menghancurkan” negosiasi perdamaian Presiden Lyndon B Johnson. Pada tahun 1969, Nixon terpilih sebagai presiden, dan Kissinger dipromosikan menjadi penasihat keamanan nasional. Perang berkepanjangan ini memakan korban jiwa jutaan warga Vietnam, Kamboja, dan Laos.


2. Kamboja

Ekspansi perang yang dilakukan Kissinger memicu terjadinya genosida pemerintahan Khmer Merah di Kamboja, yang merebut kekuasaan dari rezim militer yang didukung AS dan kemudian membunuh seperlima populasi – dua juta orang. Rakyat Kamboja telah jatuh ke tangan gerakan komunis akibat kampanye pengeboman karpet oleh Kissinger dan Nixon, yang menewaskan ratusan ribu orang. Hingga saat ini, masih banyak orang yang meninggal karena peraturan AS yang tidak diledakkan.

3. Bangladesh

Pada tahun 1970, kaum nasionalis Bengali di wilayah yang saat itu dikenal sebagai Pakistan Timur memenangkan pemilu. Khawatir kehilangan kendali, pemerintah militer di Pakistan Barat melancarkan tindakan keras yang mematikan. Kissinger dan Nixon berdiri teguh di belakang pembantaian tersebut, memilih untuk tidak memperingatkan para jenderal untuk menahan diri. Termotivasi oleh kegunaan Pakistan sebagai penyeimbang terhadap China dan India yang condong ke Soviet, Kissinger tidak terpengaruh oleh pembunuhan 300.000 hingga tiga juta orang. Terekam dalam rekaman rahasia, dia menyuarakan penghinaan terhadap orang-orang yang “berdarah” demi “orang Bengali yang sekarat”. 


4. Chili


Nixon dan Kissinger tidak menyetujui Salvador Allende, seorang yang memproklamirkan diri sebagai Marxis, yang terpilih secara demokratis sebagai presiden Chile pada tahun 1970. Selama tiga tahun berikutnya, mereka menginvestasikan jutaan dolar untuk mengobarkan kudeta. Kepala CIA saat itu, William Colby, mengatakan pada sidang rahasia Subkomite Khusus Angkatan Bersenjata untuk Intelijen di Dewan Perwakilan Rakyat pada tahun 1974 bahwa pemerintah AS telah menghabiskan $11 juta untuk “menggoyahkan” pemerintahan Allende. Itu termasuk USD1,5 juta yang disalurkan CIA ke surat kabar Santiago El Mercurio, yang menentang Allende. Agen CIA juga menjalin hubungan dengan militer Chili. Pada tahun 1973, Jenderal Augusto Pinochet berkuasa melalui kudeta militer. Selama 17 tahun pemerintahannya, lebih dari 3.000 orang dihilangkan atau dibunuh, dan puluhan ribu lawannya dipenjarakan. Seperti yang dikatakan Kissinger kepada Nixon: “Kami tidak melakukannya. Maksudku, kita membantu mereka.” Lebih dari tiga dekade setelah Pinochet akhirnya dipaksa keluar dari jabatannya, Chile masih bergulat dengan warisan mantan diktator yang didukung oleh AS. 


5. Siprus


Sebagai rumah bagi penduduk Yunani dan Turki, Siprus telah mengalami kekerasan etnis sepanjang tahun 1960an. Pada tahun 1974, setelah kudeta oleh pemerintahan militer yang berkuasa di Yunani, pasukan Turki masuk. Kissinger secara efektif mendorong krisis antara dua sekutu NATO tersebut, dan menasihati Presiden Ford yang baru dilantik untuk menenangkan Turki. “Taktik Turki benar – ambil apa yang mereka inginkan dan kemudian bernegosiasi berdasarkan penguasaan bola,” katanya. Bersama-sama, kudeta Yunani dan invasi Turki mengakibatkan ribuan korban jiwa. 

6. Indonesia 


Melansir Al Jazeera, pada tahun 1975, Kissinger memberi lampu hijau kepada Presiden Suharto atas invasi Indonesia ke Timor Timur, sebuah negara bekas jajahan Portugis menuju kemerdekaan. Saat berkunjung ke Jakarta, Kissinger dan Ford mengatakan kepada Suharto dan sekutu dekat dalam perang melawan komunisme, bahwa mereka memahami alasannya, dan menasihatinya untuk segera menyelesaikan masalah ini. Keesokan harinya, Soeharto bergerak dengan pasukannya yang dipersenjatai AS menuju Timor Timur. 


7. Israel 

Ketika Perang Oktober tahun 1973 pecah ketika koalisi negara-negara Arab yang dipimpin oleh Mesir dan Suriah menyerang Israel, Kissinger memimpin tanggapan pemerintahan Nixon. Dia menentang upaya Pentagon untuk menunda pengiriman senjata ke Israel, dengan terburu-buru menjual senjata yang membantu tentara Israel membalikkan kerugian awal dan mencapai jarak 100 km (62 mil) dari Kairo. Gencatan senjata pun menyusul. Diplomasi ulang-aliknya antara Mesir, negara-negara Arab lainnya, dan Israel sering dianggap membuka jalan bagi penandatanganan Perjanjian Camp David pada tahun 1978. Saat itu, Kissinger sudah tidak lagi menjabat, namun pada tahun 1981, ia menjelaskan bahwa inti permasalahannya adalah diplomasinya di Timur Tengah adalah tujuan kebijakan yang sederhana – untuk “mengisolasi orang-orang Palestina” dari tetangga dan teman-teman Arab mereka. 


8. Argentina 


Tidak lagi menjabat setelah Jimmy Carter menggantikan Ford sebagai presiden pada tahun 1976, Kissinger terus mendukung pembunuhan, memberikan persetujuannya kepada militer neo-fasis Argentina, yang telah menggulingkan pemerintahan Presiden Isabel Peron pada tahun yang sama. Pemerintah militer mengobarkan perang kotor melawan kelompok sayap kiri, mencap para pembangkang sebagai “teroris”. Saat berkunjung ke Argentina pada tahun 1978, Kissinger menyanjung diktator Jorge Rafael Videla, memuji upayanya dalam memerangi “terorisme”. Videla akan mengawasi hilangnya hingga 30.000 lawan. Sekitar 10.000 orang tewas selama pemerintahan militer, yang berlangsung hingga tahun 1983. 


9. Afrika Selatan 


Selama sebagian besar masa jabatannya di pemerintahan Nixon dan Ford, Kissinger tampaknya tidak terlalu memikirkan Afrika. Namun pada tahun 1976, ketika masa jabatannya hampir berakhir, ia mengunjungi Afrika Selatan, memberikan legitimasi politik kepada pemerintahan apartheid tak lama setelah pemberontakan Soweto, yang menyebabkan anak-anak sekolah kulit hitam dan warga lainnya ditembak mati oleh polisi. Meskipun ia memaksa Perdana Menteri Rhodesia Ian Smith untuk menerima pemerintahan mayoritas orang kulit hitam, ia tetap dekat dengan pemerintah apartheid Afrika Selatan dalam mendukung pemberontak Unita yang memerangi Gerakan Rakyat Marxis-Leninis untuk Pembebasan Angola. Perang tersebut berlangsung selama 27 tahun, salah satu perang terpanjang dan paling brutal dalam satu abad terakhir. 


10. China 


Kissinger sering dipuji karena menjadi perantara ketegangan AS-China. Setelah kunjungan pertamanya ke Beijing pada tahun 1972, ia membantu membangun kembali hubungan diplomatik pada tahun 1979. Presiden Tiongkok Xi Jinping menggambarkannya sebagai “teman lama”. Namun, para pengunjuk rasa yang berkemah di Lapangan Tiananmen pada tahun 1989 kurang mengingatnya. Segera setelah pembantaian tersebut – yang menewaskan antara beberapa ratus hingga beberapa ribu orang – ia memberikan gambaran sekilas tentang realpolitik yang dingin dan keras yang menjadi ciri pendekatannya terhadap diplomasi.



Tindakan keras tersebut, katanya, “tidak bisa dihindari”. “Tidak ada pemerintahan di dunia yang akan menoleransi alun-alun utama ibu kotanya diduduki selama delapan minggu oleh puluhan ribu demonstran,” katanya. Tiongkok, katanya, membutuhkan AS, dan AS membutuhkan China.



sumber
Diubah oleh 4574587568 01-12-2023 04:15
0
410
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.