Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ganjar2029Avatar border
TS
ganjar2029
TPN Ganjar Bilang Perubahan Format Debat Capres-Cawapres Rendahkan Kemampuan Gibran
TPN Ganjar Bilang Perubahan Format Debat Capres-Cawapres Rendahkan Kemampuan Gibran


TEMPO.COJakarta - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud Md atau TPN Ganjar-Mahfud, Deddy Yevri Hanteru Sitorus, angkat bicara soal perubahan format debat calon presiden dan calon wakil presiden. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan seluruh gelaran debat akan dihadiri oleh calon presiden dan calon wakil presiden secara berpasangan.
Deddy mengatakan, tak adanya debat yang dihadiri cawapres seorang diri menghina dan merendahkan kemampuan para cawapres.

"Terutama Gibran (Rakabuming Raka)," ucapnya saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Jumat, 1 Desember 2023.
Jika perubahan format itu dimaksudkan untuk melindungi Gibran Rakabuming Raka, Deddy mengatakan hal itu akan kontraproduktif.
"Sebab Gibran akan kehilangan kesempatan untuk membuktikan betapa mampu dan layaknya dia (jika menang)," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Sebelumnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka disebut sebagai pasangan yang paling sering absen dalam berbagai debat publik yang diselenggarakan menjelang Pilpres 2024.  
Singgung peran cawapres
Padahal, menurut Deddy, ada saat-saat cawapres harus menggantikan Presiden ketika berhalangan tetap.
"Hal itu justru akan menimbulkan keraguan publik dan berpotensi menurunkan elektabilitasnya," ucapnya.
Deddy mengimbau KPU kembali menggunakan format debat pada Pilpres 2019.
"Tidak usah aneh-aneh sehingga bisa menimbulkan kecurigaan publik terhadap kredibilitas KPU dan ujungnya kredibilitas hasil pemilu," ujarnya.
Selanjutnya, penjelasan KPU

KPU menegaskan debat Pilpres 2024 akan melibatkan calon presiden dan calon wakil presiden. Komisioner KPU Idham Holik, menjelaskan debat capres-cawapres dilakukan lima kali, seperti diatur Pasal 50 ayat 1 Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023.
"Ada (debat cawapres). Itu jadwal saya kirim, saya kemarin ikut rapat," kata Idham, melalui aplikasi perpesanan, Jumat malam, 1 Desember 2023. Ia membantah pemberitaan soal tidak adanya debat cawapres.
Pada Pilpres 2024, menurut Idham, cawapres akan turut mendampingi pasangannya saat debat capres, demikian sebaliknya. Proporsi bicara masing-masing capres dan cawapres, menurut dia, tergantung agenda debat hari itu, apakah debat capres atau debat cawapres.
Format tersebut berbeda dengan debat pada Pilpres 2019. Lima tahun lalu, KPU menggelar lima kali debat capres-cawapres dengan komposisi satu kali debat khusus cawapres, dua kali khusus capres, dan dua kali dihadiri capres-cawapres.
Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan calon presiden dan calon wakil presiden harus bersama-sama hadir dalam debat untuk menunjukkan kesatuan dan kekompakan di antara mereka kepada publik.
"Sehingga publik makin yakin dengan penampilan mereka pada saat debat," kata Hasyim usai Rapat Koordinasi Persiapan Debat Pasangan Capres-Cawapres Tahun 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Kamis. 30 November 2023.
Debat capres-cawapres Pilpres 2024 akan diikuti oleh tiga pasangan calon. Mereka adalah Ganjar-Mahfud,  Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar. Debat pertama akan digelar pada 12 Desember 2023 dengan mengangkat tema hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

TPN Ganjar-Mahfud Bilang Perubahan Format Debat Capres-Cawapres Rendahkan Kemampuan Gibran - Pemilu Tempo.co



hmmmm pasti jiper plonga plongo si bocil berkebutuhan khusus emoticon-Wkwkwk
 lawan nya profesor mahfud yg pernah jadi petinggi berprestasi di yudikatif, legislatif, dan eksekutif, satu lagi si imin walau gitu juga di dpr, menteri dan orang kaya pengalaman di NU dan politik indonesia.emoticon-Embarrassment
sementara si anak berkebutuhan khusus ini bisa apa selain bisnis bangrut, di titik ini modal dianter buapak dan paman emoticon-Wakaka


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh ganjar2029 02-12-2023 06:33
xneakerz
bestieku
flybywireless
flybywireless dan 4 lainnya memberi reputasi
5
553
37
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.