Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anidyaputrid734Avatar border
TS
anidyaputrid734
Biaya kereta kecepatan tinggi
Kereta api berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara mulai beroperasi pada bulan Oktober, empat tahun terlambat dari jadwal dan jauh melebihi anggaran. Kereta api "Whoosh" dapat mencapai kecepatan hingga 350 kilometer per jam dan menghubungkan dua kota terbesar di Indonesia, Jakarta dan Bandung. Bagi banyak orang, kereta api berkecepatan tinggi ini menandakan modernisasi sektor transportasi di Indonesia. Bagi sebagian orang, keraguan masih tetap ada bahkan ketika kereta api tersebut memasuki tahap operasional.
Biaya kereta kecepatan tinggi

Perjalanan antara Jakarta dan Bandung memakan waktu tiga jam dengan kereta api konvensional atau dua jam dengan mobil. Kereta api berkecepatan tinggi mempersingkat perjalanan menjadi hanya 40 menit – namun harga yang harus dibayar oleh Indonesia mungkin melebihi keuntungan yang diperoleh.

Dorongan politik Presiden Joko Widodo untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia telah membuahkan hasil yang luar biasa. Dalam kurun waktu sembilan tahun, pemerintah telah membangun sekitar 2.000 kilometer jalan tol. Dan pembangunan kereta api berkecepatan tinggi yang baru menambah warisan tersebut. Namun hal ini juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. .

Para pengambil kebijakan mengakui bahwa proyek transportasi umum memerlukan waktu bertahun-tahun untuk bisa menghasilkan keuntungan, namun hal ini tidak boleh menjadi payung untuk menyembunyikan pertanyaan mengenai keberlanjutan, risiko atau efektivitas.
Biaya kereta kecepatan tinggi

Kereta api baru ini dibiayai oleh pinjaman dari China Development Bank dan dana dari Konsorsium Badan Usaha Milik Negara Indonesia-Tiongkok (KCIC). Harga akhir jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata global untuk pembangunan kereta api berkecepatan tinggi. biaya kereta api adalah $52 juta per kilometer, lebih tinggi dibandingkan kereta api berkecepatan tinggi di Tiongkok (berkisar antara $17–30 juta per kilometer), Perancis (sekitar $24 juta per kilometer), atau Spanyol ($27 juta per kilometer). mencatat bahwa variabel-variabel seperti kompleksitas medan dan kepadatan penduduk di wilayah proyek juga mendorong harga ini.

Dalam jarak yang memadai, kereta api berkecepatan tinggi dapat bersaing dengan penerbangan yang lebih intensif karbon di sepanjang koridor yang sesuai. Namun, dalam kasus kereta api berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung, proyek senilai $7,3 miliar ini menghubungkan dua kota yang telah menikmati 38 jalur kereta api. Ada sedikit alasan ekonomi untuk menciptakan alternatif yang lebih cepat – kecuali jalur ini diperluas ke kota-kota yang lebih jauh seperti Surabaya.

Perkembangan lebih lanjut akan bergantung pada kelayakan finansial proyek, kemampuan menghasilkan uang untuk menutupi biaya operasional dan utang. Indonesia menanggung kelebihan biaya sebesar $1,2 miliar sebagai pemegang saham mayoritas. Meskipun narasi “perangkap utang Tiongkok” yang melingkupi negara-negara miskin membebani proyek tersebut. oleh pinjaman Beijing yang tidak berkelanjutan mungkin merupakan kritik yang menggiurkan terhadap proyek ini bagi masyarakat Indonesia, risikonya lebih besar pada sisi operasional. Badan usaha milik negara Indonesia mencari bagian yang lebih besar di Konsorsium KCIC, mengambil 60 persen, meninggalkan China Railway Engineering Corporation Hal ini menandakan kepemilikan Indonesia, namun hal ini juga berarti menanggung besarnya biaya di muka yang terkait dengan proyek tersebut, terutama terkait pembebasan lahan, serta biaya tak terduga yang terkait dengan penundaan.

Pemerintah kini akan menggunakan anggaran negara untuk menutupi pembengkakan biaya, yang berisiko meningkatkan defisit nasional. https://www.tigertrader.app/activity...b&invite=SMSZC


Bandittk
Bandittk memberi reputasi
-1
200
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.