kushkoosAvatar border
TS
kushkoos
Megawati Soekarnoputri Sebut Pemerintah Seperti Orde Baru


TEMPO.COJakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyindir pemerintah dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakornas) organ relawan pendukung Ganjar-Mahfud di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Senin, 27 November 2023. Dia menyebut pemerintahan saat ini mirip rezim Orde Baru.  

Megawati awalnya menyinggung pengorbanan para pendiri bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan. Dia menyebut seluruh lapisan masyarakat bersatu dan bergotong royong merebut kemerdekaan itu. 

"Benar tidak? Merdeka, merdeka, merdeka. Menang kita. Ganjar-Mahfud satu putaran," kata Megawati dalam pidato pengarahannya. 

Megawati pun lantas menyatakan dirinya mendapatkan ketidakadilan saat ini.  Dia pun menyebut dirinya seperti tidak dihormati. Meskipun demikian, Megawati tak menjelaskan ketidakadilan seperti apa yang dia sampaikan.

"Ndak, kadang-kadang ya, kadang-kadang apa ya, saya manusia juga dong. Tetapi ya bayangkan, kok saya tidak seperti dihormati ya. Lho, kenapa? Lho saya jelek-jelek pernah presiden lho, dan masih diakui dengan nama Presiden ke-5 Republik Indonesia," kata Megawati.

Ketidakadilan itu, menurut Megawati kemudian membuat nuraninya terbuka. Dia pun menyatakan siap bertarung.  

"Saya tentu tidak, apa, nurani saya ya terbuka dong, lho ini gimana sih? Maunya apa sih? Mari kalau mau bersaing, kita, biar ibu ini perempuan, tapi ibu petarung," kata dia. 

Sebut pemerintah bertindak seperti Orde Baru

Megawati pun menyatakan tidak boleh ada pihak yang berusaha menekan rakyat di tengah situasi politik jelang Pemilu 2024. Apalagi, kata Megawati, pihak tersebut mencoba seolah-olah memberikan sesuatu kepada rakyat, tetapi tanpa melalui perundang-undangan yang ada di Indonesia.

“Bolehkah kamu menekan rakyatmu. Bolehkah kamu memberikan apapun kepada rakyatmu tanpa melalui perundangan yang ada di Republik ini," kata Megawati dalam Rapat Kerja Nasional

Selain itu, Megawati mengatakan dirinya sudah merasa jengkel. Dia menyebut pemerintahan yang berkuasa saat ini bertindak seperti rezim otoriter Orde Baru. Megawati menyatakan sebenarnya dirinya tak ingin mengatakan hal tersebut. 

"Kenapa? Republik penuh dengan pengorbanan tahu tidak? Kenapa sekarang kalian yang baru berkuasa itu mau bertindak seperti zaman Orde Baru?" kata Megawati dengan suara lantang.

Sebelumnya, hubungan PDIP dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam beberapa bulan belakangan ini dikabarkan memanas. Hal itu tak lepas dari pencalonan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres 2024). 

Padahal, Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP telah menunjuk Ganjar Pranowo dan Mahfud Md sebagai pasangan yang akan mereka usung pada Pilpres 2024. 

sumber


bu Mega tentunya yang paling tahu gan rasanya tekanan rezim di masa orde baru 
semoga tidak harus digulingkan seperti waktu 98 ya gan, jangan terprovokasi emoticon-thumbsup
Diubah oleh kushkoos 28-11-2023 08:18
pilotproject715
jiresh
jiresh dan pilotproject715 memberi reputasi
2
866
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.