saokudaAvatar border
TS
saokuda
Mahasiswa Indonesia Syok Mendapati Suasana Hari Libur Nasional di Jerman
Mahasiswa Indonesia Syok Mendapati Suasana Hari Libur Nasional di Jerman Tak Seperti di Indonesia

Konten Sensitif


Selalu saja ada hal menarik saat mendengar cerita dari orang Indonesia yang menetap di luar negeri, baik sebagai mahasiswa yang sedang kuliah maupun bekerja. Tak jarang ada begitu banyak hal berbeda ditemui, bukan hanya dari segi bahasa tapi juga budaya.

Pengalaman tersebut diungkap oleh Matthew, seorang mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Jerman. Ia mengalami culture shock aliasgegar budaya saat menghabiskan hari libur nasional di negeri orang.

Dalam konten berseri bagian ke-5 itu, Matthew mengungkap bahwa di Indonesia saat Hari Libur Nasional, semua mal dan kebanyakan toko-toko masih beroperasi secara normal. Menurutnya, tak jarang ada diskon maupun promo khusus.

"Jadi enak tuh, bisa jalan-jalan sambil shopping," ungkapnya di awal video yang diunggah di TikTok pribadinya @alexandrmatthew, pada 2 November 2023.

Sedangkan di Jerman, kalau Hari Libur Nasional, semua orang berhenti bekerja. Ia mencontohkan pada 1 November 2023, semua toko seperti supermarket, mal, toko-toko tutup. "Bener-bener nggak ada yang buka sama sekali, paling yang buka itu cuma beberapa restoran. Jadi nggak bisa tuh jalan-jalan atau shopping," ungkapnya lagi.

Menurutnya, orang Jerman menghabiskan waktu liburnya di rumah, sehingga membuat pusat kota jadi sangat sepi. Matthew pun memperlihatkan kondisi kota yang hampir kosong.

"Makanya kalau di Jerman, kalian nggak boleh lupa tuh. Maksimal sehari sebelum libur, kalian belanja apapun yang kalian butuhin. Karena kalau udah libur, wah nyari apapun susah banget," tuturnya.


Warga Jerman Tetap di Rumah Saat Hari Libur Nasional

Seperti disinggung di atas, hari libur nasional menjadi momen penting bagi banyak pemilik usaha di Indonesia untuk meraup pendapatan lebih banyak, termasuk pusat perbelanjaan. Momen ini tak jarang dimanfaatkan untuk menggelar program diskon besar-besaran, terutama di akhir tahun. Orang Indonesia juga biasa memanfaatkan Hari Libur Nasional untuk pergi bersama keluarga.

"Beda banget ya libur di Indonesia dengan di Jerman, di sini tuh bener-bener istirahat," sambung Matthew. Di akhir video perantau itu pun bertanya ke warganet dan para pengikutnya yang berjumlah 98,9 ribu di TikTok bagaimana pendapatnya.

"Asli kemarin sepi banget di Leipzig wkwkwk," komentar warganet.

"Mana bisa di Indonesia hari libur tutup, untuk pengusaha yang jualan hari libur adalah cuan paling gede," pendapat warganet.

"Ikut komen ah siapa tahu bisa ke sana," timpal warganet lainnya.

Sebelumnya, Matthew sempat berbagi pengalaman tentang membeli makanan "sisa" melalui sebuah aplikasi. "Beli makanan sisa di Jerman? Di Jerman ada aplikasi namanya TooGoodToGo, di mana kalian bisa beli makanan "sisaan"," ungkap Matthew di awal video yang ia unggah di akun TikTok @alexandrmatthew_ pada Senin, 20 November 2023.

https://www.liputan6.com/amp/5462243...i-di-indonesia

Santuy juga jam kerjanya, orang dimari lebih rajin kayanya
pilotproject715
bukan.bomat
bukan.bomat dan pilotproject715 memberi reputasi
2
955
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.