Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

medievalistAvatar border
TS
medievalist
Soal Iklan Susu Prabowo, TKN Sebut Semuanya AI dan Tidak Melibatkan Anak-anak
Soal Iklan Susu Prabowo, TKN Sebut Semuanya AI dan Tidak Melibatkan Anak-anak

Rabu, 22 November 2023 | 18:35 WIB


Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengambil undian nomor urut pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu Tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023). (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)

JawaPos.com - Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto tengah menjadi sorotan usai wajahnya muncul di tayangan iklan susu di satu televisi nasional. Pada awal iklan tersebut, terlihat seperti iklan susu biasa, yakni menampilkan beberapa anak-anak dengan susu.

Yang jadi persoalan, iklan itu diakhiri dengan gambar Prabowo dalam bentuk Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Tak pelak, iklan ini pun menuai kontroversi. Alasannya karena Prabowo dianggap melakukan kampanye sebelum waktunya, serta melibatkan anak-anak di mana hal ini merupakan pelanggaran.

Atas dasar itu, Prabowo juga telah dilaporkan ke Bawaslu.

Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo - Gibran, Budisatrio Djiwandono membantah adanya pelibatan anak-anak dalam pembuatan iklan itu. Seluruh produksi konten menggunakan sistem AI.

“Tidak ada anak-anak yang dilibatkan dalam pembuatan video iklan tersebut. Ini murni kreasi Artificial Intelligence atau AI Dari teks menjadi gambar yang di-generate melalui AI,” ujar Budisatrio dalam keterangan tertulis, Rabu (22/11).

Dia menyebut, pihaknya sangat berpegang teguh kepada aturan perundang-undang yang berlaku. Salah satunya adalah UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

"Dalam pasal 1 poin 1 dijelaskan, anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Dalam iklan tersebut tidak ada anak-anak dalam artian fisik dan identitas. Tidak ada aktor anak-anak," jelasnya.

Politisi Partai Gerindra ini menjelaskan, pihak TKN tetap taat dalam melaksanakan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang mengatur tidak diperbolehkannya anak di bawah umur untuk mengikuti kegiatan kampanye ataupun aktivitas politik.

“Yang di-generate oleh AI adalah masa depan. Suatu masa di mana anak-anak bisa makan minum susu gratis di mana gizi tercukupi. Tidak ada anak-anak yang ikut kegiatan kampanye maupun aktivitas kampanye," imbuhnya.

Namun, Budisatrio juga memahami jika ada pihak yang belum mengerti tentang kemajuan teknologi hari ini. “Tim kreatif maupun produksi iklan kami didominasi anak muda tanah air yang sangat terkini dalam mengikuti perkembangan teknologi. teknologi yang digunakan mampu menciptakan animasi dan terlihat realistis. Sehingga ada yang salah paham, kami bisa memahami," tegasnya.

Terkait masalah hukum, TKN menyerahkan hal tersebut kepada proses sistem peradilan Pemilu yang berlaku. “Jika ada teman-teman yang berkeberatan tentunya dipersilahkan untuk melapor kepada yang berwenang, misalnya ke Bawaslu. Tapi kami berharap kampanye kita jangan diarahkan lagi ke pola pikir masa lalu. Masa depan ada di sini," pungkasnya.

https://www.jawapos.com/politik/0133...tkan-anak-anak



Coba iklan rokok atw obat kuat nampilin AI anak2, kira2 boleh ngeles gitu jg gak
Oh ya, genjer yg nongol di adzan, AI jg gak
qavir
qavir memberi reputasi
1
687
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.