Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ganjar2029Avatar border
TS
ganjar2029
Di Balik Salam 3 Jari Ganjar ala Hunger Games
Konten Sensitif

Jakarta - Tiga janji diunggah capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo seraya menunjukkan salam tiga jari bersama para pendukungnya. Ada makna di balik salam tiga jari Ganjar dan pendukungnya ala film The Hunger Games.
Ganjar mengunggah video berdurasi 23 detik di akun media sosial X, Senin (20/11/2023). Video tersebut menampilkan momen Ganjar Pranowo yang berpakaian serba hitam, berdiri di tengah-tengah pendukungnya yang juga memakai setelan hitam-hitam.
Sembari memegang mikrofon, Ganjar lantas mengangkat tangan kanannya ke atas dan membentuk pose tiga jari. Gerakan Ganjar diikuti para pendukungnya.

Rekaman video Ganjar dan pendukungnya ini disertai musik dramatis. Terdengar juga suara siulan seperti di film The Hunger Games.

Adapun susunan salam tiga jari di video Ganjar yakni jari telunjuk, jari tengah dan jari manis menunjuk ke atas. Sementara itu, jari jempol dan kelingking berada di bawah dengan posisi saling bersentuhan.
"Ini bukan tentang Ganjar. Ini bukan tentang kekuasaan. Ini tentang Indonesia," demikian tulisan di dalam video tersebut.
Ganjar kemudian menuliskan keterangan 'tiga jari tiga janji' pada unggahannya. Salah satu janji Ganjar yakni setia kepada rakyat.
"Tiga jari tiga janji: Taat pada Tuhan, patuh pada hukum, dan setia pada rakyat," ujar Ganjar Pranowo.
[table][tr][td]
Konten Sensitif
Ganjar Pranowo salam 3 jari bersama para pendukung. (Screenshot video Ganjar Pranowo)
[/td]
[/tr]
[/table]
TPN Ganjar-Mahfud Ungkap Maknanya
Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Md menjelaskan makna di balik pose TIGA jari yang terlihat seperti dalam film The Hunger Games tersebut.
"Memang kami diberitahu bahwa salam 3 jari tersebut juga ada di film Hunger Games. Kami pikir cocok juga, apalagi di film tersebut salam 3 jari juga adalah simbol perjuangan rakyat," kata jubir TPN Ganjar-Mahfud, Pangeran Siahaan, kepada wartawan, Senin (20/11).
Namun, Pangeran menyebut pose itu terinspirasi dari sebuah gerakan demokrasi di dunia. Dia menyinggung gerakan aktivisme demokrasi di Thailand dan Myanmar.
"Tapi sesungguhnya salam 3 jari yang digunakan Mas Ganjar itu terinspirasi gerakan demokrasi di seluruh dunia," ujar Pangeran.


"Salam 3 jari yang diunggah Mas Ganjar itu sesungguhnya adalah simbol demokrasi yang kerap digunakan di berbagai negara. Aktivis demokrasi di negara-negara seperti Thailand atau Myanmar juga menggunakan salam 3 jari ini ketika memperjuangkan demokrasi," kata dia.
Pangeran menyebut pihaknya memiliki perhatian khusus pada situasi demokrasi pemerintahan saat ini. Menurutnya, cocok apabila Ganjar dan Mahfud menjadikan simbol jari tersebut sebagai bentuk komitmennya.

"Kebetulan paslon Ganjar-Mahfud mendapatkan nomor urut 3 dalam pemilu dan kebetulan pula banyak keprihatinan akan perjalanan demokrasi kita sekarang, maka cocok lah kalau Mas Ganjar mengangkat salam 3 jari. Kami juga menyebutnya sebagai salam demokrasi. Selain simbol demokrasi, salam 3 jari juga sebagai simbol komitmen dan janji Ganjar-Mahfud untuk taat pada Tuhan, patuh pada hukum dan setia kepada rakyat," kata Pangeran.

Senada, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek menjelaskan simbol 3 jari yang ditunjukkan Ganjar itu bukan bentuk mengkudeta presiden. Awiek mengatakan simbol itu dimaknai sebagai bentuk perlawanan terhadap hal-hal yang berseberangan dengan prinsip demokrasi.
"Itu menunjukkan bahwa itu kekuatan rakyat, tidak ada maksud untuk mengkudeta presidennya ya, bukan pemberontakan, tapi perlawanan terhadap yang berlawanan dalam demokrasi, terhadap unsur-unsur penting dalam kekuasaan," kata Awiek.
Awiek kemudian menyinggung putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming, yang merupakan cawapres rivalnya. Dia mengatakan Ganjar akan melawan anak presiden di kontestasi pemilu 2024 nanti.
"Kan kita tahu di sana anak presiden, maka kemudian Ganjar bersama rakyat melawan anak presiden, dan itu dilakukan dalam pemilu yang konstitusional, pemilu tanggal 14 Februari mendatang. Bukan pemberontakan harus menjatuhkan presiden, tidak," kata dia.

Di Balik Salam 3 Jari Ganjar ala Hunger Games (detik.com)




#ganjarpresiden

@replykgpt
Diubah oleh ganjar2029 21-11-2023 01:45
orohondo
dragunov762mm
Liatuly860246
Liatuly860246 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
544
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.