Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Opini
  • Waspada Hoax, Ini Dia Fakta-fakta tentang Nyamuk Wolbachia dan Isu Genetik LGBT

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Waspada Hoax, Ini Dia Fakta-fakta tentang Nyamuk Wolbachia dan Isu Genetik LGBT
Viral penyebaran nyamuk Wolbachia di Indonesia, benarkah untuk sebarkan gen LGBT?


Ane ada kabar menarik nih buat agan dan sista semua! Lagi rame nih berita tentang nyamuk Wolbachia atau yang lebih dikenal dengan sebutan nyamuk Bill Gates. Tapi jangan panik ya, karena kabar ini ternyata enggak bener, guys!

Beberapa waktu belakangan, media sosial lagi dihebohkan dengan klaim bahwa nyamuk Wolbachia ini adalah misi dari Bill Gates untuk membentuk genetik LGBT. Tapi tunggu dulu, itu hanya hoaks semata, guys! Jadi jangan sampai kita terpengaruh oleh informasi yang nggak jelas sumber dan asal usulnya tersebut.

Bahkan berita-berita dan isu serupa terkait bahaya Wolbachia juga cukup menghebohkan group-group WhatsApp dan Facebook GanSis. Tidak sedikit orang yang termakan dengan informasi yang salah sehingga mereka mengalami ketakutan yang tinggi akan nyamuk Wolbachia.




Sebenarnya, Wolbachia itu adalah jenis bakteri alami yang ada di tubuh nyamuk. Nah, nyamuk Aedes aegypti yang mengandung Wolbachia ini memiliki kemampuan untuk menurunkan replikasi virus dengue. Dengan begitu, nyamuk ini jadi enggak bisa lagi menjadi vektor penularan penyakit dengue.

Lalu, bagaimana caranya Wolbachia bisa melawan virus dengue ini? Nah, Wolbachia ini bakteri jagoan yang kompetitif, guys! Saat nyamuk jantan yang mengandung Wolbachia ini kimpoi dengan nyamuk betina tanpa Wolbachia, telur-telurnya enggak akan menetas. Tapi kalau nyamuk betina yang mengandung Wolbachia ini kimpoi dengan nyamuk jantan tanpa Wolbachia, semua telurnya bakal menetas.

Selain itu, jika nyamuk betina yang mengandung Wolbachia ini kimpoi dengan nyamuk jantan liar tanpa Wolbachia, semua telurnya juga bakal mengandung Wolbachia. Jadi, dalam beberapa siklus, diharapkan nggak akan ada lagi nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue, dan terkait hal ini sudah dilakukan penelitian sejak 2011 oleh World Mosquito Program (WMP) dan Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

Banyak orang yang mengkhawatirkan Wolbachia menyerang manusia atau menjadi jenis pandemi baru, tapi sebenarnya yang perlu Agan dan Sista ketahui disini bahwa Wolbachia adalah bakteri yang hanya dapat hidup di dalam tubuh serangga termasuk nyamuk, dan tidak bisa hidup di tubuh manusia sebagaimana yang dibayangkan oleh banyak orang GanSis.

Jadi, sebenernya Wolbachia ini punya potensi besar untuk membantu kita mengatasi masalah penyakit dengue GanSis, meski di beberapa tempat dan beberapa ahli menolak adanya penyebaran nyamuk Wolbachia dengan alasan dijadikan sebagai kelinci percobaan. Tetapi perlu ditegaskan bahwa hal ini enggak ada hubungannya sama sekali dengan konspirasi genetik atau misi dari Bill Gates, guys!




Tapi, ya gitu deh, seringkali ada informasi yang nggak akurat beredar di media sosial. Jadi, kita sebagai konsumen informasi harus pintar-pintar memilah dan memeriksa kebenarannya dulu sebelum kita percaya dan membagikannya ke orang lain.

Jadi, agan dan sista jangan panik dulu dengan kabar tentang nyamuk Wolbachia ini. Kita harus bijak dalam menyikapi informasi dan selalu mencari tahu kebenarannya. Yang jelas, Wolbachia ini bisa jadi harapan baru untuk mengatasi penyakit dengue atau demam berdarah, melihat memang demam berdarah menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di setiap tahunnya.

Oke, itulah tadi GanSis sekilas tentang Wolbachia yang sedang hangat dibahas di media sosial. Tetap waspada dan jangan ribut. Stay cool, guys!




Penulis:@masnukho©2023
Narasi
KGPT dan ulasan pribadi
Sumber gambar
1,2,3,4
Referensi
disinidan disini
abunabil19
syaifudinseno
annisamutiara02
annisamutiara02 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
1.6K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Opini
Opini
243Thread1.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.