amekachiAvatar border
TS
amekachi
Apocalypse World War 2: Josef Frantisek, Pilot Cekoslowakia Terhebat Sepanjang Masa!


Apocalypse World War 2: Kisah Josef Frantisek, Pilot Cekoslowakia Terhebat Sepanjang Masa!







Salah satu pertempuran paling terkenal di perang dunia kedua adalah Battle of Britain yaitu usaha yang dilakukan oleh Jerman dari blok Axis untuk mencoba menaklukkan negara tersebut setelah hampir menguasai seluruh daratan Eropa dengan sekejap, menurut saya inilah momen langkah mundur pertama nazi Jerman di perang tersebut walau banyak juga yang menganggap pertempuran Stalingrad merupakan titik balik kekalahan Jerman.

Karena kekuatan Luftwaffe sangat berkurang drastis sejak saat itu, akan sangat berguna untuk mendominasi udara kala operasi Barbarossa dilancarkan jika Jerman tak gegabah menyerang Inggris. Padahal negara itu sangat pasif dalam melakukan perlawanan di daratan eropa, artinya tanpa ada Battle of Britain tahun 1940-1941 pun sebenarnya posisi Jerman akan baik-baik saja.



Mungkin karena Jerman juga melihat kala itu kekuatan udara Inggris jauh kalah telak melawan kekuatan udara Jerman yang mengerahkan 1.200 pesawat pembom dan pemburu sedangkan hanya bisa dilayani oleh RAF dengan mengerahkan 650 pesawat tempur Splitfire, Hawker Hurricane dan Bristol Beufighter.

Mengambil dari media rafmuseum pilot-pilot yang bertempur membela Inggris kala itu pun bukan semua berkewarganegaraan negara tersebut karena ada sekitar 8.400 penerbangan Polandia yang juga mengungsi dan ikut berpartisipasi dalam pertempuran udara melawan Jerman serta beberapa ratus orang pilot dari daratan eropa lainnya seperti dari Cekoslowakia.
[/QUOTE]




Dari sini muncul seorang nama orang Cekoslovawakia yang tergabung dalam skadron udara 303 Polandia bernama Josef Frantisek, dengan menggunakan pesawat tempur hawker hurricane pilot ini terkenal bandel dan suka melanggar aturan tapi RAF memakluminya.

Ia berpatroli sendirian, selalu keluar dari barisan formasi dan kemenangan pertamanya adalah di tanggal 2 September 1940 saat dia berhasil menembak jatuh pesawat tempur Messerschmitt Bf 109 E dan pertempuran yang ia lakoni dari 2-9 September itu Josef Frantisek berhasil menembak jatuh 17 pesawat tempur Jerman.


Quote:





Josef Frantisek adalah seorang pilot tempur yang terkenal selama Perang Dunia II. Ia dinobatkan sebagai top skor ace RAF selama Battle of Britain. Meskipun demikian, dia ditolak untuk terbang dalam formasi. Meskipun demikian, Frantisek menjadi pilot yang sangat terampil dalam manuver dan tidak pernah takut untuk melawan musuh.

Frantisek terkenal karena kemampuannya dalam melakukan manuver yang sangat bermanuver. Dia bisa terbang lurus dan tinggi di daerah tempur, bahkan ketika diserang oleh musuh. Ini membuatnya menjadi target yang sulit dikejar oleh pesawat musuh. Dia terus menjaga penerbangan tingkat sedangkan pesawatnya sedang ditembak.


[QUOTE]
Selain itu, penggambaran kerusakan pada pesawatnya juga sangat menarik. Frantisek selalu melindungi pesawatnya dengan menggunakan kain untuk menutupi badan pesawat. Hal ini membuat peluru yang ditembakkan oleh musuh tidak akan memantul atau menyebabkan percikan yang berbahaya. Ini adalah taktik yang cerdas untuk melindungi diri dari serangan musuh.

Frantisek mencapai banyak kemenangan selama Perang Dunia II. Meskipun angkanya tidak sebesar beberapa pilot lainnya, tetapi kemampuannya dalam melakukan manuver yang cenderung sulit dan melindungi pesawatnya membuatnya menjadi pilot yang sangat dihormati. Dia adalah contoh seorang pahlawan yang berani dan berbakat dalam dunia penerbangan tempur.

Meskipun tidak selalu terkenal seperti pilot lainnya, Josef Frantisek adalah salah satu pilot yang sangat berprestasi dalam sejarah. Dia telah membuktikan keahliannya dalam menghadapi musuh dalam pertempuran udara. Kisah perjuangannya adalah inspirasi bagi para pilot muda di masa depan.

'Narasi dan Opini Sendiri'


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2
soepudin395180
yayangpalupi
anangherman
anangherman dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.