Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

payungpromo2012Avatar border
TS
payungpromo2012
Anies Bicarakan Pemerataan: Besarkan Kue Baik Tapi Bagikan Kue Lebih Baik


Jakarta - 

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berbicara terkait pemerataan harus menjadi fokus utama bagi semua pihak. Anies menilai terkadang orang-orang lebih fokus membesarkan dari pada membagikan.

Hal itu disampaikan Anies dalam acara Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional Tahun 2023 di Majelis Az Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/11/2023). Mulanya, Anies mengatakan pembangunan bukan hanya sekedar infrastruktur, tetapi juga membangun manusia lebih baik.

"Pembangunan adalah membangun manusianya, bukan membangun sekadar barang-barang yang sekadar di foto. Pembangunan ujungnya membuat manusia yang berakhlakul karimah, membangun manusia yang bisa hidup mandiri, membangun manusia yang kompeten," ujar Anies.

"Pembangunan tentang manusia, bukan tentang infrastruktur, itulah pembangunan dan ini yang akan menjadi perhatian bagi kami," sambungnya.

Baca juga: Anies-Cak Imin Hadiri Ijtima Ulama di Sentul Bogor, Salami Para Tokoh

Anies mengatakan dirinya berkomitmen untuk mengubah ketimpangan yang ada saat ini. Dia menuturkan akan meluruskan paradigma terkait pembangunan yang mulanya berfokus pada pertumbuhan saja, berubah menjadi pertumbuhan pemerataan.

"Pembangunan ekonomi yang selama ini terjadi, ini fokusnya pada pertumbuhan, menurut hemat kami harus berubah menjadi pertumbuhan pemerataan dan keberlanjutan, pemerataan harus jadi perhatian," paparnya.

Mantan Mendikbud itu pun menuturkan jika fokus utamanya ialah bukan hanya membesarkan apa yang sudah ada. Namun, juga membagikan apa yang dicapai kepada semua pihak.

"Membesarkan kue itu baik tapi membagikan kue untuk semua itu lebih baik lagi," ungkapnya.

Baca juga: Bujukan AMIN Agar Susi Pudjiastuti Jadi Pelatih Timnas

Terkadang, kata Anies, orang-orang lebih fokus pada membesarkan apa yang sudah ada. Ketimbang, untuk membagikan ke yang lain, hingga menikmatinya sendiri.

"Kadang-kadang kita cuman berpikir bagaimana membuat kuenya lebih besar, betul kue lebih besar itu penting, tapi membaginya bila kuenya lebih besar tapi yang menikmati hanya sebagian salah besar, apalagi kuenya lebih besar tenaga kerjanya bukan lokal, lebih salah lagi," jelasnya.

"Jadi jangan kita konsentrasi membesarkan kue, lupa membagi dan ketika lupa membagi siapa yang paling tertinggal? Yang paling tertinggal adalah kelompok yang di tengah dan di bawah, mereka yang paling tertinggal paling terlupakan," lanjut dia.

https://news.detik.com/pemilu/d-7043...kue-lebih-baik

Ini ngomongin apa yah, lagi bagi-bagi kue ulang tahun? Terus kalok kue udah jadi, dibesarinnya lagi pake apa?

Ane kurang literasi apa bahasanya si abud yang njlimet?

emoticon-Bingungemoticon-Cape d...
brucebanner23
yakakas
servesiwi
servesiwi dan 4 lainnya memberi reputasi
5
491
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.