Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ucrit.ucrit....Avatar border
TS
ucrit.ucrit....
Prabowo Ulangi Teriakan 2014 & 2019: Indonesia Masih Bocor!
Jakarta, CNBC Indonesia - Prabowo Subianto untuk ketiga kalinya kembali mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia. Meskipun kali ini yang menjadi pembeda adalah pasangannya. Prabowo menggaet Gibran Rakabuming Raka, anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan lawannya di Pilpres 2014 dan 2019.

Rabu (8/11/2023) pertama kali, Prabowo tampil memaparkan visi misi serta program 2024-2029 dalam sebuah acara Sarasehan 100 Ekonom yang diselenggarakan oleh INDEF dan CNBC Indonesia. Prabowo hadir bersama dua Calon Presiden lainnya meski tampil masing-masing.

Salah satu yang menjadi perhatian, ketika Prabowo kembali menyebut kekayaan Indonesia lari ke negara lain alias bocor. Seperti yang dia sampaikan ketika kampanye di dua pemilu sebelumnya.

"Terjadi fenomena kekayaan kita tidak tinggal di Indonesia, terjadi nett outflow mengalir keluarnya kekayaan nasional," tegas Prabowo.

Masalah ini dianggapnya sistemik. Pantas diulang berkali-kali, karena belum terselesaikan penuh hingga sekarang. "Menurut saya masalah ini adalah masalah sistemik karena kita gak setia kepada UUD sendiri, kepada blueprint rancangan bangun yang dibuat pendiri bangsa," jelasnya.

Awalnya kata bocor muncul dalam Debat Capres pada Juni 2014, yang diadakan KPU di Hotel Holiday Inn Kemayoran, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dikutip dari detikcom,

Prabowo mengatakan kekayaan alam Indonesia ini harus dijaga. Kekayaan Indonesia tak boleh bocor ke luar. "Kekayaan kita ini terlalu banyak bocor. Bagaimana bocor, ya bocor. Artinya mengalir dari Indonesia ke luar negeri," ujarnya.

Dia mencontohkan soal pengelolaan bauksit di Indonesia. Bauksit dari dalam negeri diekspor dalam bentuk bahan baku, lalu diimpor lagi dalam bentuk produk. "Itu namanya bocor, itu yang saya maksud dengan kebocoran," papar eks Danjen Kopassus ini.

Masalah ini sempat membuat geger publik. Beragam perdebatan muncul di berbagai kalangan, baik pro maupun kontra.

Pada Pilpres 2019, Prabowo kembali mengulangi hal yang sama. Terutama ketika kampanye di Jawa Barat.

"Waktu dulu saya bicara dan saya mengatakan Indonesia kebocoran Rp1.000 triliun setiap tahun, saya diejek. Dibilang Prabowo ngawur, Prabowo mengada-ada, Prabowo enggak paham ekonomi, baca bukunya dimana," kata Prabowo dikutip dari CNN Indonesia.

Prabowo menegaskan pada prinsipnya ada kekayaan Indonesia yang saat ini masih berada di luar negeri. Hal itu juga yang menurutnya menandakan Indonesia belum sepenuhnya merdeka.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ri-masih-bocor

Bocor bocor bocor hidup si bocor
pilotproject715
nomorelies
shiny.tinja
shiny.tinja dan 3 lainnya memberi reputasi
4
530
60
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.