Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LordFaries4.0Avatar border
TS
LordFaries4.0
Daftar 82,9 Juta Orang Penerima Makan Siang Gratis yang Dicanangkan Prabowo


Jakarta - Bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto mengatakan akan memberikan makan siang gratis untuk anak-anak, balita dan ibu hamil Indonesia jika terpilih nanti. Pemberian makan siang gratis ini merupakan bagian dari delapan program strategis miliknya yang dinilai bisa secara langsung dirasakan oleh rakyat.
"Strategi kita adalah untuk segera memberi makan siang kepada seluruh anak Indonesia. Seluruh anak Indonesia, termasuk mereka yang masih dalam kandungan ibunya. Jadi ibu-ibu hamil kita tunjang," kata Prabowo di acara Sarasehan 100 ekonom Indonesia di Menara Bank Mega, Rabu (8/11/2023) kemarin

Dalam paparannya, Prabowo mendata jumlah masyarakat yang perlu mendapatkan makan siang dan bantuan gizi mencapai 82,9 juta orang. Anak-anak yang dimaksud itu mulai dari jenjang anak usia dini, hingga SMA/SMK. Makan siang itu akan diberikan baik di sekolah maupun di pesantren.

Menurutnya, untuk akselerasi pembangunan SDM, pemerintah 2024-2029 perlu menyediakan makan siang dan susu gratis untuk semua murid di sekolah, pesantren dan anak balita untuk bantuan gizi ibu hamil.

"Ini adalah strategi jangka panjang untuk perbaiki sumber daya manusia RI, menghilangkan stunting dan mengurangi beban rakyat miskin dan rakyat yang tidak berdaya. Dengan makan yang kita berikan, kita berharap generasi yang akan datang akan mampu menyongsong Indonesia makmur," tuturnya.

Saat ditanya terkait implementasi program makan siang gratis ini, Prabowo menjawab program ini dapat dijalankan menggunakan alokasi dana APBN untuk pendidikan dan perlindungan sosial. Ia mencontohkan untuk anggaran 2024 untuk pendidikan dan perlindungan sosial saja sangat besar dan dirasa cukup untuk memulai program ini.

"Kalau kita lihat, anggaran kita untuk 2024 alokasi untuk stunting, alokasi untuk pendidikan, alokasi untuk perlindungan sosial sangat-sangat besar," kata Prabowo.

"Coba kita lihat pendidikan Rp 660 triliun, kalau makan siang untuk anak sekolah, saya bertanya apa ini masuk pendidikan atau tidak? Jadi kalau Rp 400 triliun sebenarnya alokasinya sudah ada. Kemudian kalau kita lihat, untuk perlindungan bantuan sosial hampir Rp 500 triliun, kalau sebagian untuk makan siang anak-anak Indonesia akan meringankan orang-orang yang paling bawah itu, apalagi (alokasi dana) ketahanan pangan," jelasnya lagi.

Atas dasar itu ia merasa sangat optimis bila program makan siang ini dapat segera dilaksanakan. Menurut Prabowo pengalokasian semacam ini jauh lebih jelas dan dapat mengatasi akar permasalahan sosial di RI.

"Jadi saya sangat optimis bahwa makan siang ini mampu kita laksanakan. Kalau urusan Rp 400 triliun Rp 500 triliun sebetulnya daripada sekarang kita tidak jelas lebih baik langsung ke akar masalah," pungkas Prabowo

Lantas siapa saja yang berhak mendapat program makan gratis yang diusung Prabowo ini? Dalam paparannya, berikut daftar penerima makan siang gratis tersebut:

1. Pra SD (anak usia dini) 30 juta anak
2. SD 24,0 juta murid
3. SMP 9,8 juta murid
4. SMA & SMK 10,2 juta murid
5. Total Santri di Pesantren 4,3 juta santri
6. Total Ibu Hami 4,4 juta ibu hamil


https://finance.detik.com/berita-eko...angkan-prabowo

Mantab gan, gimana menurut ngana? @replykgpt

Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh LordFaries4.0 10-11-2023 08:13
dragunov762mm
lubizers
bukan.bomat
bukan.bomat dan 2 lainnya memberi reputasi
3
581
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.