Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Aplikasi Offline Ini Bisa Bedakan Obat Asli Ataukah Palsu, Wajib Install Gan!


Ketika pasien berlomba ingin segera sembuh dengan minum obat sesuai resep dokter atau ingin mendapatkan khasiat dari sebuah suplemen yqng dilihat dari sebuah iklan di sosial media sayangnya diluar sana masih saja ada kabar beredar obat palsu bebas dijual ikut dalam bisnis ini.

Saya sangat mengutuk perbuatan dan pembuat obat palsu ini karena dampak yang diakibatkan kemungkinan besar membuat pasien tidak kunjung sembuh, keracunan bahkan bisa mendatangkan cacat atau kematian. Hanya demi mementingkan keuntungan pribadi pemalsu obat ini sungguh tega, tidak berperikemanusiaan, semoga saja para pelaku pemalsu obat yang masih aktif lalu sadar dan yang ngeyel segera tertangkap. Aamiin.

Kembali ke inti bahasan thread kali ini, membahas temuan obat palsu (terutama jika dibeli secara online, tanpa resep dokter) dengan cara modern kini akhirnya bisa dilakukan mandiri secara Offline. Sebenarnya sudah ada aplikasi yang bisa mendeteksi obat palsu juga tapi sayangnya hanya bisa digunakan secara Online, kini hadirlah aplikasi sejenis yang bekerja secara Offline yang hasilnya sama baik.

Aplikasi yang bernama SmartID dibuat oleh lembaga peneliti dari Fraunhofer, Jerman (Akan di perkenalkan versi demonya di Düsseldorf, 13 - 16 November 2023 mendatang), dikatakan bisa bekerja maksimal mendeteksi obat palsu secara Offline karena aplikasi ini didukung oleh database yang lengkap dan akan terus di updated berdasarkan jenis dan kategori terkini.



Cara kerja SmartID amat mudah, dimulai dari menskrining kemasan obat bagian luar dimana biasanya pabrikan obat resmi memiliki ciri khas tertentu disetiap kemasan obatnya seperti kode QR, hologram, tanda air, dan lainnya tapi kali ini ditingkatkan lagi yaitu melibatkan tekstur permukaan kemasan yang di digitalkan bersama QR jadi semacam data sidik jari kemasan yang tidak akan pernah sama.

Orang apoteker nantinya dengan mudah melakukan pendeteksian kemasan obat asli ataukah palsu, cukup dari smartphone lewat fitur kameranya. Smartphone yang sudah diinstal SmartID ini akan melakukan pembacaan 'sidik jari' pada kode QR dan ciri khas lainnya pada kemasan obat tersebut. Hasilnya akan langsung didapatkan apakah obat yang dihadapannya itu asli ataukah palsu saat itu juga, tanpa butuh koneksi internet lagi.

Buat kita yang mungkin berkesempatan memiliki aplikasi ini mungkin bisa mendeteksi obat-obatan seperti produk untuk pelangsing, penumbuh rambut, obat pemutih kulit, pemutih gigi, obat penghilang rasa sakit, sampai obat tekanan darah tinggi yang obat palsunya beredar kian marak di internet.



Menurut pengembangnya meski tetap ada celah bagi pemalsu yang berusaha membuat kemasan semirip mungkin dengan obat yang asli tapi dipastikan akan sangat kecil peluangnya karena QR dan ciri khas lainnya dibuat dengan teknologi tinggi terbarukan dengan biaya pembuatan perangkat keras yang sangat mahal dan peraturan yang sangat ketat.

Kabar baiknya lagi menurut pihak developer aplikasi SmartID ternyata aplikasi ini bisa juga digunakan untuk mendeteksi produk lain dimasyarakat seperti membedakan produk palsu dari beragam jenis makanan, minuman, barang elektronik, pakaian, alkohol dan barang lain yang rentan dipalsukan. Menarik, bukan?






Thread © 2016 - 2023 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp | img : fraunhofer, gugel 


iwena
CoZiA
ufo60
ufo60 dan 8 lainnya memberi reputasi
7
1K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Home Appliance
Home ApplianceKASKUS Official
2.7KThread6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.