Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

syrupmapleAvatar border
TS
syrupmaple
[COC Regional: Kebudayaan] Masyarakat di Daerah Ini Memakai Pakaian Adat Saat Bekerja
Pakaian Adat Kabupaten Pati





Setiap daerah sudah pasti memiliki pakaian adatnya sendiri. Pakaian adat inilah yang menunjukkan identitas suatu daerah. Seperti salah satu daerah yang terletak di provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Pati.

Kabupaten Pati memiliki pakaian adat seperti pakaian adat Jawa Tengah pada umumnya. Laki-laki menggunakan blangkon sebagai penutup kepala, beskap berwarna hitam polos (dengan atau tanpa bros) sebagai atasan, sinjang atau dodot (kain batik untuk menutupi badan bagian bawah), dan celana panjang hitam. Sedangkan wanita mengenakan kebaya berwarna hitam polos (dengan atau tanpa bros) sebagai atasan, kain jarik sebagai bawahan, dan selendang batik yang disampirkan di pundak. Yang membuat pakaian adat Pati ini berbeda dengan pakaian adat Jawa Tengah lainnya adalah kain batiknya.

Pakaian adat kabupaten Pati menggunakan kain batik bakaran. Batik bakaran adalah batik tulis khas Pati yang dibuat secara tradisional dan memiliki motif tersendiri. Corak batik bakaran inilah yang membedakannya dengan batik-batik lain.




Sesuai Peraturan Bupati No 54 tahun 2019 tentang penggunaan pakaian adat Pati, seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan pemerintah kabupaten Pati diwajibkan mengenakan pakaian adat Pati setiap hari Jum'at minggu pertama disetiap bulannya dan saat hari jadi Pati. Dimulai pada bulan November 2019, seluruh ASN kabupaten Pati di hari Jum'at minggu pertama sudah mulai mengenakan pakaian adat pati. Hari Jum'at dipilih karena Jum'at adalah hari pendek yang biasanya tidak banyak aktifitas. Wah, para ibu dan bapak ini menjadi terlihat lebih berwibawa ya!

Begitulah cara pak bupati untuk melestarikan budaya daerahnya. Dengan begini anak-anak mudanya pun pasti akan tahu seperti apa pakaian adat daerahnya. Selain itu, peraturan ini akan kembali menghidupkan usaha batik dan asesoris pakaian adat di Pati sendiri. Luar biasa!

Sekian ulasan tentang pakaian adat Kabupaten Pati, semoga dapat memberikan inspirasi.


Bonus foto:





Sumber: opini pribadi & patikab.go.id
Sumber foto: dokumentasi pribadi & patikab.go.id
ellectrofuxx
indra.blora
mbahgatel
mbahgatel dan 6 lainnya memberi reputasi
7
5.7K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Karesidenan Pati
Karesidenan PatiKASKUS Official
326Thread358Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.