Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Untuk Pertama Kali, Boramae Menari di Langit
Quote:


Sudah lama kita tidak mendengar kabar terbaru dari jet tempur KF-21 Boramae, dan menjelang akhir tahun ini, jet tempur buatan Korea Selatan itu memulai debut pertamanya untuk menari (manuver) di udara di hadapan publik Korea Selatan. Menurut laporan media lokal Yonhap News Agency, Boramae tampil dalam a acara ADEX (Aerospace and Defence Exhibition) 2023; sebuah acara pameran pertahanan yang diselenggarakan dua tahun sekali. Acara tersebut diselenggarakan 17 - 22 Oktober 2023.

Dalam acara tersebut Boramae melakukan beberapa manuver, tapi pesawat tidak dipasakan bermanuver ekstrim; karena pesawat ini masih berwujud prototype. Aksi manuver (menari) di udara tersebut merupakan prnampilan perdana Boramae di depan publik Korea, setelah sebelumnya seluruh prototype Boramae berhasilkan melakukan uji penerbangan. Di mana prototype pesawat ke 3, 4 dan 6 meramaikan acara pameran dua tahunan ini.

Meski ADEX 2023 dimulai hari Selasa (17/10/2023), tetapi sejak Senin (16/10/2023); Boramae sudah menari-nari di langit Seoul. Selain Boramae, F-22 Raptor milik USAF juga melakukan aksi menari di langit Korea. Tak ketinggalan Si Mbah B-52 juga ikut memeriahkan acara ADEX dengan melakukan penerbangan di langit Seoul. Selain itu, EA-18G Growler juga ikut hadir, tapi tidak ikut menari.

Quote:


Sebagai tambahan informasi, debut menari Boramae kali ini juga dihadiri Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo serta perwakilan dari Kementerian Pertahanan RI. Sementara itu, acara ADEX 2023 dihadiri oleh 550 perusahaan dari 35 negara. Acara ini niga dimeriahkan penampilan tim aerobatik Black Eagles dari Angkatan Udara Korea Selatan.

Pada pembaruan terakhir, Indonesia telah telat membayar cicilan program KF-21. Cicilan untuk bulan Mei 2023 lalu telat dibayarkan, dan sejauh ini tidak ada pembaruan lagi, apakah Indonesia sudah melunasi kewajibannya pada proyek jet tempur ini ? Terlepas dari keterlambatan pembayaran cicilan oleh Indonesia, Korea Aerospace Industries (KAI) telah sukses menerbangkan keenam prototype KF-21 Boramae. Rencanaya pesawat akan diproduksi pada 2024 - 2025. Sementara pengiriman pesawat ke Angkatan Udara Korea Selatan telah dijadwalkan pada paruh kedua tahun 2026.

Di sisi lain, aksi menari yang dilakukan Boramae merupakan bukti jika pesawat ini siap menuju jalur produksi massal. Dan itu artinya Indonesia mulai kehabisan waktu untuk melakukan pelunasan kewajibannya. Negara kepulauan ini baru membayar 17% kewajibannya, dan masih menyisakan 83% yang belum dibayar.



-------------





Referensi Tulisan: Yonhap News Agency
Sumber Foto: sudah tertera
screamo37
geopoliticsgeek
didimulyadi797
didimulyadi797 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.8K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.