taatpajakhebatAvatar border
TS
taatpajakhebat
Sah! Kereta Cepat Jakarta Surabaya Digarap China


Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengungkapkan, perpanjangan proyek Kereta Cepat Jakarta ke Surabaya akan digarap bersama China. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, perpanjangan kontrak tersebut telah disepakati dalam penandatanganan antara China dan Indonesia.

"Ini baru mulai membuat studinya. Kemarin kita dari China menandatangani kesepakatan untuk melakukan joint study dengan China Railway," ujarnya dalam acara Aquabike di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta pada Selasa (31/10).

PILIHAN REDAKSI
Kedudukan Penjaminan Pemerintah Dalam Proyek Infrastruktur
Luhut Sebut China Lanjut KA Cepat ke Surabaya, Bunga Rendah
Ternyata Kereta Cepat Whoosh Laku lho, Ini Bukti-Buktinya
Namun, Tiko belum dapat menyebutkan nilai investasi dan besaran bunga untuk perpanjangan proyek kereta cepat tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menegaskan kelanjutkan proyek Kereta Cepat bakal diteruskan hingga Surabaya. Meski saat ini masih dalam tahapan studi awal untuk dibuat.

"Kereta cepat dari Bandung ke Surabaya mungkin dalam 2 minggu ini studinya dari pemrakarsa akan selesai," kata Jokowi di Stasiun KCJB, Padalarang, Jawa Barat, Senin (2/10/2023).

Jokowi menjelaskan proses proyek ini bakal dibangun dilakukan studi dari pihak pemrakarsa, selanjutkan dari pihak pemerintah juga melakukan studi. Hingga ditemukan angka kalkulasi yang sesuai.

Setelah hitungan kalkulasi selesai baru diputuskan. tahapannya dari dulu seperti itu," imbuhnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan studi yang dilakukan pemerintah untuk perpanjangan jalur kereta cepat Jakarta - Bandung sampai Surabaya tengah dilakukan. Nantinya untuk keputusan dibuat atau tidak tergantung dari pemerintahan setelah ini.

Jadi itu suatu obsesi kita melakukan kesempatan pada pemrakarsa melakukan proposal lalu kami, kita melakukan proposal juga, nanti diajukanlah itu. Bahwa nanti diputuskan pemerintahan yang akan datang ya monggo, tapi kita sudah meletakan dasar-dasar dan rencana ke depan," timpal Budi Karya.

Saat ini perjalanan kereta cepat dari Jakarta menuju ke Bandung kurang lebih memakan waktu 45 menit. Dimana naik kereta cepat dari Jakarta - Padalarang memakan waktu hingga 29 menit.

Budi Karya menjelaskan jika nanti dilanjutkan ke Surabaya, maka jarak antara Jakarta - Surabaya bisa ditempuh dengan emoticon-Ngakak (S)waktu 3,5 jam. Selain itu ia juga tidak menampik bahwa jalur efisien kereta cepat itu seharusnya lebih dari 500 kilometer.

"Saya cuma memberi ilustrasi saja bahwa kereta cepat itu lebih bagus jika jaraknya 500 km, sehingga menjadi common menjadi bisa lebih efisien," ujar Mantan Dirut AP II ini.

https://www.cnbcindonesia.com/market...-digarap-china

China memang hebat

Salut dengan China

Be like China

Kadrun sinophobia pemuja barat terguncyang hebat

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
pesulap.merah
muhamad.hanif.2
viniest
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
5
988
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.