CrouchingTigerAvatar border
TS
CrouchingTiger
Gini Lho Cara Bedain Akun Centang Biru yang Asli Dan yang Palsu!


Halo, GanSis! Ane balik lagi nih ke forum kita tercinta ini, forum Hansip Hoax! Seperti biasa, yes. Kita bakalan bahas semua hal yang berkaitan dengan hoax dan penipuan, dan kali ini, ane bakal bahas soal gimana sih caranya buat bedain mana akun yang beneran akun resmi, dan mana akun yang palsu.

Seperti yang Agan dan Sista tahu, sebelumnya di Instagram dan Facebook, kita bisa membedakan akun yang beneran resmi dan akun yang palsu itu dengan tanda verified atau centang biru. Karena, buat mendapatkan tanda tersebut, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sama mereka yang mengajukan permintaan. 

Tapi, aturan soal centang biru atau tanda verified ini berubah, nih. Sejak awal tahun ini, Meta udah bikin ketentuan kalo siapapun bisa dapet tanda verified ini, dengan cara berlangganan centang biru, dan paket-paketnya pun sudah disediakan sama pihak Meta.

Nah, karena perubahan aturan ini, sekarang siapapun bisa memiliki tanda verified ini, dan bisa dimanfaatkan sama oknum-oknum tidak bertanggung jawab buat melancarkan penipuan!

Hari ini, ane punya beberapa tips yang bisa dilakukan sama Agan dan Sista, supaya bisa membedakan mana akun yang beneran official, dan mana akun yang bodong. Gimana caranya? Langsung kita bahas!

1. Tips yang Paling Penting: Teliti Nama Username Akun



Yang pertama, udah pasti kita harus teliti pas lihat username atau nama akun centang biru. Memang, udah ada aturan bahwa kita gak akan bisa bikin akun dengan username yang sama dengan orang lain. 

Tapi, oknum-oknum ini gak kehilangan cara, GanSis! Mereka bakal bikin nama plesetan yang jelas, serupa tapi tak sama dengan akun resmi yang asli. Sehingga, kalau kita tidak jeli, maka kita akan melihat bahwa namanya sama. Duh, bahaya banget gak sih?

Nah, untuk GanSis yang merupakan nasabah dari bank BCA, GanSis hanya perlu menghafal semua akun-akun resmi BCA yang ada di Meta, ya. Di Instagram, bank BCA punya dua akun resmi yaitu @goodlifebcadan @lifeatbca. Sementara di Facebook, bank BCA punya empat fan page yaitu GoodLife BCA, Xpresi BCA, Bank BCA, dan Kartu Kredit BCA. 

2. Tips Umum untuk Membedakan Akun Resmi:

Coba Cek Jumlah Followers dan Following. 

Berikutnya, kita wajib cek followers dan following dari akun tersebut, yes. Kenapa? Karena, kita bisa mendeteksi apakah akun itu asli atau tidak dari siapa yang mereka follow dan siapa yang follow mereka. Biasanya, akun yang asli tidak banyak mengikuti akun Instagram lain, dan kalaupun ada akun lain yang diikuti atau di-follow, biasanya sudah ada seleksi ketat dari pihak admin!

Cek Tampilan Post-nya

Akun centang biru yang asli udah pasti punya unggahan yang teratur. Soalnya, sudah pasti ada keseragaman dari konten yang mereka unggah, seperti warna brand, logo, dan isi pesan yang ingin disampaikan ke audiens. Kalau kita tidak melihat keseragaman itu, wajib curiga ya, GanSis!

Harus Cek Jumlah Likes dan Comments. 

Hal lain yang bisa dipastikan dari akun asli dan akun palsu adalah, jumlah likes dan comment. Kenapa? Karena, biasanya akun asli itu punya engagement yang cukup tinggi. Ini bisa dilihat dari interaksi yang terjadi dari setiap postingannya, karena antara jumlah likes dan comments biasanya akan seimbang. Kalau ini sudah tidak ada keseimbangan, gausah interaksi sama akun itu ya, GanSis!

Abaikan Pesan Apapun yang Mereka Kirim

Kalo udah jelas poin-poin di atas gak ada semua, jangan pernah respon pesan apapun yang kalian terima dari akun-akun tersebut, yes! Soalnya, biasanya mereka akan berusaha untuk mencari korban dengan meminta data-data pribadi lewat DM. Lebih baik, langsung blokir dan laporkan akun palsu itu, ya!

Itulah beberapa tips yang bisa Agan dan Sista lakukan untuk membedakan, mana akun yang asli dan mana akun yang palsu ya, GanSis! Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan cara membedakan akun yang asli dan palsu, GanSis bisa langsung klik di sini, ya!


aldo12
rudianm
ayosholat
ayosholat dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hansip Hoax
Hansip Hoax
503Thread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.