• Beranda
  • ...
  • Home Appliance
  • Wow, Ilmuwan Berhasil Menerjemahkan Obrolan Ayam Dalam Project 'Albert Eiggstein'

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Wow, Ilmuwan Berhasil Menerjemahkan Obrolan Ayam Dalam Project 'Albert Eiggstein'


Sejarah baru sepertinya akan menorehkan temuan ini dalam buku catatan penting ilmu pengetahuan manusia. Bagaimana tidak, untuk pertamakalinya ilmuwan akhirnya bisa menerjemahkan obrolan ayam-ayam yang sukanya heboh "petak petok.." di kandangnya terlebih setelah mereka bertelur dalam project Albert Eiggstein.

Bak kisah Nabi Sulaiman, yang sanggup berbicara kepada hewan yang ditemuinya, kini di zaman modern ilmuwan akhirnya berhasil menerjemahkan suara apa yang dikeluarkan dari obrolan para ayam di kandang kesayangannya itu. Ya, meski proses menerjemahkan tidak dilakukan secara langsung seperti sebuah tanya jawab tapi ilmuwan mengumpulkan data dalam kurun mingguan dan bulanan tentang intonasi dan tekanan suara para ayam lalu diterjemahkan.

Sumber suara para ayam yang berhasil direkam ini kemudian diteliti dan dipelajari polanya lalu diambil kesimpulan tentang hal apa yang mereka para ayam obrolkan seperti; merasa haus, merasa lapar, merasa terancam, merasa bahagia, ingin menyendiri atau timbul perdebatan antar ayam.



Sayangnya untuk bisa mendapatkan pengalaman ini peternak dan para hobies harus memiliki kandang pintar yang sudah dipersiapkan dan aplikasi  Coop 'Cluck talk' yang sudah diinstal di smartphonenya. Harga perkandangnya pun dijual masih cukup mahal sekitar US$1.995, fyi; berat kandang 37 kg, ini belum termasuk ayam, pakan, ongkirnya dan masih ada biaya tambahan $19 per bulannya. Keluh.

Ide membuat kandang pintar 'Albert Eiggstein' berteknologikan Artificial Intellegence ini diwujudkan oleh AJ Forsythe dan Jordan Barnes dari Austin. Mereka berdua selama melakukan penelitian itu telah menghabiskan lebih dari 10.000 jam untuk merancang kandang yang cocok, peletakan sudut kamera dan semua peralatan berteknologi pintar di dalamnya.



Tujuan AJ Forsythe dan Jordan Barnes selain memahami kebiasaan dan kebutuhan para ayam sehari-hari tapi juga memudahkan mereka para pemula yang ingin belajar atau tertarik bagaimana berternak ayam dengan benar dan cepat bertelur.



Sebuah tujuan yang mulia sih, ya. Hanya saja yang saya khawatirkan ketika kandang pintar 'Albert Eiggstein' ini jatuh ditangan yang salah bisa-bisa si ayam diperintah untuk jadi mata-mata rumah tetangga atau jadi teman curhat dibelakang rumah. Wkwkwk emoticon-Ngakak (S).






Thread © 2016 - 2023 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Ref1, Ref2 | img : coop, gugel 


CoZiA
penulis.pemula
isdiantoawak
isdiantoawak dan 5 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Home Appliance
Home ApplianceKASKUS Official
2.7KThread5.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.