Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Prabowo Pastikan Pemerintah Tindak Lanjuti Pengadaan Air Bersih di Papua
Prabowo Pastikan Pemerintah Tindak Lanjuti Pengadaan Air Bersih di Papua
Prabowo Pastikan Pemerintah Tindak Lanjuti Pengadaan Air Bersih di Papua
Rumondang Naibaho - detikNews
Minggu, 29 Okt 2023 17:48 WIB

Foto: Prabowo Subianto. (Rumondang/detikcom)
Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memastikan pemerintah telah merencanakan realisasi pengadaan sumber air di Papua. Hal itu sebagai tindak lanjut dari musim kemarau yang menyebabkan kekeringan dan membuat warga terancam kelaparan di sana.
"(Proyeksi sumber air di Papua) ya, ada," kata Prabowo usai melakukan peresmian 16 titik sumber air bersih di Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2023).


Prabowo mengatakan selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah mengenai rencana tersebut. Prabowo menuturkan sebetulnya sumber air di Papua cukup banyak, tetapi perlu dibenahi pengelolaannya.

"Biasanya kalau ada permintaan, nanti kita kirim tim survei. Papua sebenarnya airnya banyak, tinggal pengelolaannya aja," tutur Prabowo.

Lebih lanjut, Prabowo mengatakan pengadaan sumber air ini dilakukan berkolaborasi bersama Universitas Pertahanan (Unhan). Dia juga mengklaim membentuk program studi Hidrologi di universitas tersebut.

"Jadi kita akan mendalami masalah air ini, cara mencari air, cara untuk membersihkan air, air dari sungai, air dari laut, air dari rawa bisa kita bersihkan untuk jadi air yang berguna untuk pertanian dan untuk manusia untuk minum dan makan," jelas Prabowo.

"Kebetulan saya jadi menteri, kita bikin Fakultas Teknik, kita punya beberapa pakar, ahli yang bidangnya adalah masalah air. Dan kita punya teknologi mencari air dengan akurasi yang sangat baik," lanjutnya.

Ketua Umum Partai Gerindra itu juga mengatakan program pengadaan sumber air yang telah berjalan selalu tepat. Dia mengklaim berbagai negara hendak belajar dari Indonesia mengenai hal itu.

"Alhamdulillah sampai sekarang ketepatannya hampir 100 persen. Belum ada yang kita bor nggak ketemu air. Saya sangat bangga dengan professor-profesor kita yang menemukan teknologi kita. Beberapa negara malah ingin belajar dari kita," pungkasnya.

https://news.detik.com/berita/d-7008...rsih-di-papua.

Menhan Prabowo Target Rampungkan 200 Titik Sumber Air hingga Akhir Tahun
Prabowo Pastikan Pemerintah Tindak Lanjuti Pengadaan Air Bersih di Papua
Rumondang Naibaho - detikNews
Minggu, 29 Okt 2023 18:22 WIB

Foto: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meresmikan sumber air bersih di Banyumas, Jawa Tengah. (Rumondang/detikcom)
Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto terus menggencarkan upaya penyelesaian krisis air di Indonesia. Prabowo menargetkan akan mengupayakan pengadaan 200 titik sumber air bersih hingga akhir tahun.
Sebagaimana diketahui, program pengadaan sumber air bersih merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengatasi kekeringan. Kementerian Pertahanan bekerjasama dengan Universitas Pertahanan dalam merealisasikan program itu.

"Mungkin sampai akhir Desember ya, mudah-mudahan bisa sampai target kita 200 dan kalau bisa lebih, rakyat yang membutuhkan, kita coba," kata Prabowo usai meresmikan 16 titik sumber air bersih di Desa Suro, Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2023).

Prabowo mengatakan, Indonesia memiliki teknologi yang mumpuni untuk mencari sumber air. Dia mengklaim, seluruh upaya pengadaan sumber yang telah dilakukan selalu tepat sasaran.

"Saya bangga, kita punya teknologi yang bisa mencari air dengan akurasi yang sangat baik. Dari sekian ratus titik yang kita hasilkan bisa dikatakan keberhasilannya 100 persen, belum ada yang gagal. Belum ada titik yang kita bor kosong, ini suatu prestasi," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum Partai Gerindra juga mengungkit soal berbagai kemungkinan krisis yang terjadi di dunia. Dia menyebut salah satunya yakni krisis air.

"PBB sudah mengatakan di tahun-tahun mendatang krisisnya adalah krisis pangan, krisis air, dan krisis energi. Alhamdulillah kita bis atasi tiga-tiganya," ucap Prabowo.

Di sisi lain, Rektor Universitas Pertahanan Letjen Jonni Mahroza mengatakan pihaknya diperintahkan Prabowo selaku Menhan untuk memfokuskan kegiatan pengabdian masyarakat dalam eksplorasi air bersih. Dalam waktu dekat, kata dia, pihaknya juga akan meresmikan 35 titik sumber air.

"Ada 12 di Jawa Timur, di Jawa Barat dan Banten 15 titik. Kemudian ada tambahan di Jawa Tengah gelombang ke dua di Gunungkidul 4 titik, kemudian di Magelang 2 titik, di Sukabumi 4 titik, dan di Kuningan 4 titik," rinci Jonni.

"Insyaallah sampai dengan bulan Desember kita akan melengkapi untuk eksplorasi sampai 200 titik. Mudah-mudahan ini bisa membantu kesulitan masyarakat di dalam melewati masa-masa sulit di musim kemarau ini," lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Prabowo juga telah melakukan peresmian titik air bersih di beberapa daerah diantaranya di Sumbawa, Gunungkidul dan Maluku Barat. Tercatat, Kemhan bersama Unhan telah meresmikan sebanyak 73 titik air bersih yang telah dinikmati oleh 12 ribu kepala keluarga.
https://news.detik.com/berita/d-7008...a-akhir-tahun.

Melek masalah urgensi air...
terlebih daerah-daerah minim air bersih..


Diubah oleh mabdulkarim 29-10-2023 14:44
scorpiolama
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan scorpiolama memberi reputasi
2
165
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.