• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Legenda dan Wisata, Kesatuan yang Memikat Para Wisatawan Lokal hingga Mancanegara

penulis.pemulaAvatar border
TS
penulis.pemula
Legenda dan Wisata, Kesatuan yang Memikat Para Wisatawan Lokal hingga Mancanegara


Candi Prambanan (Pexels / Charl Durand)


Malem gan, jelang akhir pekan emang paling seru buat bahas rencana liburan.

Sendiri oke, bareng keluarga juga oke, sama pasangan skip dulu lah yah, belum punya.

Tapi buat yang dah punya pasangan, gas lah!

Akhir pekan dan liburan waktu yang paling tepat buat memupuk kasih sayang setelah rutinitas weekday yang melelahkan.
 
Seperti yang agan sekalian tahu, Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, sejarah, dan keindahan pariwisata yang setiap tahunnya mengalami perkembangan yang sangat pesan. 

Menariknya lagi, asal usul tempat wisata juga sering diiringi dengan legenda.

Itulah daya tarik dari tempat wisata.

Di sini, kita akan menjelajahi beberapa tempat wisata menarik di Indonesia yang memiliki kisah-kisah legendaris yang menghiasi sejarahnya.

Menarik bangetkan buat diulik?

1. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo adalah salah satu ikon alam Indonesia yang terkenal. Gunung ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, dan dikelilingi oleh gurun pasir yang luas. 

Legenda Tenggerese, suku yang mendiami daerah ini, mengisahkan bahwa Gunung Bromo adalah tempat tinggal dewa dan dewi. Mereka percaya bahwa gunung ini adalah perwujudan asmara antara Dewi Rara Anteng dan Joko Seger. 

Setiap tahun, upacara Yadnya Kasada diadakan oleh suku Tenggerese di lereng Gunung Bromo untuk menghormati para dewa.

2. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan salah satu danau alam terbesar di dunia. Legenda Batak Toba menceritakan bahwa danau ini adalah hasil dari sebuah lubang besar yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba. 

Alkisah seorang pemuda bernama Toba, menikah dengan seorang gadis cantik jelmaan ikan. Adapun syarat yang diajukan yaitu tidak boleh memberitahu asal-usul gadis cantik tersebut.

Dari hubungan tersebut, lahirlah seorang anak bernama Samosir.

Danau ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Sumatera Utara.

3. Candi Prambanan, Jawa Tengah

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu yang terletak di Yogyakarta. Candi ini memiliki kisah legendaris cinta antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. 

Menurut legenda, Roro Jonggrang adalah seorang putri yang meminta Bandung Bondowoso untuk membangun seribu candi dalam satu malam jika ingin menikahinya. 

Bandung Bondowoso menerima tugas ini dengan bantuan makhluk halus, tetapi ketika hampir selesai, Roro Jonggrang meminta penduduk desa untuk membangunkan api dan memainkan alat musik, sehingga tugas Bandung Bondowoso gagal. 

Akibatnya, Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi terakhir yang belum selesai, yang sekarang menjadi Candi Prambanan.

4. Pulau Belitung, Bangka-Belitung

Pulau Belitung dikenal dengan pantainya yang indah dan bebatuan granit yang unik. Ada legenda setempat yang menceritakan tentang Batu Garuda, sebuah formasi batu besar yang menyerupai burung Garuda. 

Konon, batu ini adalah hasil dari petir yang menghantam kapal Garuda yang membawa dewa-dewa Hindu dan Buddha. Batu Garuda dianggap sebagai peninggalan dari peradaban kuno dan menjadi daya tarik wisata alam yang menawan.

5. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo adalah rumah bagi kadal purba raksasa, komodo. Legenda lokal mengatakan bahwa komodo adalah keturunan dari naga besar yang hidup di pulau ini. 

Komodo dianggap sebagai makhluk suci dan dipuja oleh penduduk setempat. Selama beberapa generasi, kisah-kisah mitologis tentang komodo telah melekat pada budaya pulau ini dan menjadi daya tarik wisata yang unik.

Legenda emang seru banget buat diulik, next bakal bahas satu persatu legenda di berbagai tempat wisata dengan detail yang lebih menarik.

Kalau di daerah agan sekalian, ada legenda apa ditempat wisata?
fan.kay
screamo37
laeliaa
laeliaa dan 2 lainnya memberi reputasi
3
364
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.