Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rinne.shiraAvatar border
TS
rinne.shira
Anies-Cak Imin Tak Singgung IKN Dalam Visi Misinya
Anies-Cak Imin Tak Singgung IKN Dalam Visi Misinya

Anies-Cak Imin Tak Singgung IKN Dalam Visi Misinya

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) tidak menyinggung soal fokus besar pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni soal Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam visi dan misinya yang ia serahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal ini menjadi sorotan, lantaran dalam visi bertajuk 'Indonesia Adil Makmur untuk Semua' serta misi '8 Jalan Perubahan' yang diusung, pasangan AMIN tidak membahas ihwal IKN

AMIN hanya menulis perihal target ekonomi khusus di daerah Kalimantan. Namun, tidak spesifik menyebut IKN.

Pasangan AMIN, dalam visinya bakal menjadikan sebagai tonggak ekonomi hijau, beranda Indonesia yang maju dan asri. AMIN berjanji bakal menjadikan Kalimantan contoh dunia dalam penerapan ekonomi hijau termasuk melalui insentif bagi yang jaga hutan, hingga reforestasi.

"Menjadikan Kalimantan lumbung energi terbarukan melalui pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, pemanfaatan sawit untuk PLTBm (biomassa), pengembangan PLTS, dan program," demikian bunyi program AMIN soal Kalimantan, dikutip Kamis (26/10/2023).

AMIN juga berjanji bakal mewujudkan pembangunan infrastruktur kereta di Kalimantan dengan tahapan yang optimal.


Sementara pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dalam misinya menyatakan bakal melanjutkan proyek IKN.

Pernyataan ini ada pada poin ketiga misi Ganjar-Mahfud soal 'mempercepat pembangunan ekonomi berdikari berbasis pengetahuan dan nilai tambah'. Tercantum, Ganjar-Mahfud akan melakukan percepatan penyelesaian IKN.

"Komitmen melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara secara bertahap hingga IKN menjadi titik keseimbangan baru keadilan pembangunan sekaligus simbol Indonesia yang futuristik," bunyi keterangan misi Ganjar-Mahfud tersebut.

Serupa, pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga menyebut IKN dalam misinya. Prabowo-Gibran mengusung visi 'Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045'.

Prabowo-Gibran menawarkan 8 misi Asta Cita dengan 17 program prioritas dan 8 program hasil terbaik cepat. IKN, termaktub dalam program ke-14 Prabowo-Gibran, yakni 'Melanjutkan pemerataan ekonomi, penguatan UMKM dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Pembangunan Indonesia harus lebihmerata melalui penciptaan pusatpertumbuhan baru di luar Pulau Jawa.Salah satunya adalah pembangunanIbu Kota Nusantara (IKN)," demikian bunyi program terkait IKN dalam misi Prabowo-Gibran tersebut.

https://www.liputan6.com/amp/5433605...m-visi-misinya
Diubah oleh rinne.shira 26-10-2023 10:14
muhamad.hanif.2
tritomchan
tritomchan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
821
40
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.