Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aerolineasAvatar border
TS
aerolineas
Menakar Kekuatan Capres-Cawapres: Jateng Terbelah, Jatim-Jabar Jadi Rebutan
Menakar Kekuatan Dukungan Capres-Cawapres Jelang Pilpres: Jateng Terbelah, Jatim-Jabar Jadi Rebutan

Jakarta - Kontestasi politik di Pulau Jawa diprediksi berlangsung sengit. Sebab, mayoritas pemilih pilpres ada di Pulau Jawa. Karena itu, tiga paslon sama-sama menyusun strategi untuk memenangi pertarungan di Pulau Jawa. Meski demikian, bukan berarti pemilih di luar Jawa tidak diperhitungkan.

Berdasar data KPU, total jumlah pemilih pada Pilpres 2024 mencapai 204.807.222 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 115.384.664 pemilih ada di Pulau Jawa. Itu berarti lebih dari 55 persen dari total jumlah pemilih. Jawa Barat masih menjadi provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak.

Jubir Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Sunanto, mengklaim, pihaknya memiliki basis pemilih yang kuat di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun, dia mengakui potensi pembelahan dukungan antara pemilih Ganjar dan Gibran di Jawa Tengah. Tapi, dari sisi partai, PDI Perjuangan (PDIP) akan tetap solid mendukung Ganjar.

Untuk di Jawa Timur, pemilih tradisional mungkin akan menjadi rebutan antara Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin. Namun, dia yakin kekuatan PDIP akan menjadi modal kuat untuk meraup suara di Jawa Timur.

Keputusan Prabowo memilih Gibran banyak disebut bisa meninggalkan persoalan pada basis pemilih NU dan Jawa Timur. Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengakui pilihan pada Gibran menimbulkan celah. Khususnya dalam menggaet pemilih NU dan Jawa Timur. Namun, Dahnil optimistis lubang itu bisa ditambal dengan cara lain. Yakni, memobilisasi tokoh atau tim yang bisa menggaet pemilih NU dan Jatim. Terlebih, di sumber daya koalisi banyak representasi NU. ”Toh, di kita teman-teman NU banyak sekali,” ujarnya.

Bagaimana dengan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin)? Jubir PKB Abdul Rochim mengklaim, tiga partai pengusung Amin memiliki kekuatan basis massa yang tidak saling tumpang-tindih. PKB, misalnya, memiliki basis pemilih yang kuat di Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, dan Kalimantan. PKS memiliki basis massa yang kuat di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. ”Sedangkan kekuatan Nasdem menyebar di luar Jawa, salah satunya Sulawesi,” kata Rochim.

Dengan kekuatan tersebut, Rochim meyakini kekuatan tiga partai pengusung itu akan memaksimalkan perolehan suara Amin dalam Pilpres 2024 mendatang. ”Apalagi, tiga partai itu punya basis massa dengan loyalitas tinggi dan militan,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs Ahmad Khoirul Umam memprediksi, perebutan suara setelah Gibran menjadi cawapres Prabowo akan terjadi di sejumlah provinsi di Jawa. Jawa Tengah memang terbelah karena pertarungan Ganjar dan Gibran. ”Pertarungan ini bisa jadi memperebutkan swing voter,” terangnya.

Pertarungan akan menjadi sangat panas karena ada potensi Presiden Jokowi mengerahkan seluruh sumber dayanya untuk memenangkan Gibran di Jawa Tengah.

Berbeda lagi dengan di Jawa Timur. Ganjar-Mahfud memang sangat potensial memenangi suara di Madura dan daerah Tapal Kuda. Namun, Anies-Muhaimin juga punya potensi mendulang suara di Jatim. Walau masih ada potensi tidak tersambungnya para ulama Jatim dengan Anies yang selama ini dekat dengan Rizieq Syihab. ”Muhaimin sebagai representasi Jatim juga tidak kuat,” urainya.

https://www.jawapos.com/politik/0131...r-jadi-rebutan

Jateng: Ganjar

Jatim: ?

Jabar: Anies
muhamad.hanif.2
scorpiolama
InRealLife
InRealLife dan 3 lainnya memberi reputasi
0
652
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.