• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Keberadaan Kemasan Botol Beling yang Semakin Langka, Sekarang Jadi Ini?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Keberadaan Kemasan Botol Beling yang Semakin Langka, Sekarang Jadi Ini?


Kapan terakhir kali kamu minum kemasan botol beling seperti teh atau yang bersoda, masih ingat? Kalau saya sudah cukup lama dan baru saat ini saya meminumnya kembali karena menulis thread ini. Jika kembali di era 90an kemasan botolan beling adalah masa jaya produk ini, setiap warung kelas kampung sampai kelas restauran tersedia.

Dahulu, kemasan botolan beling seingat saya didominasi oleh merk besar seperti Teh Botol S*sro, Coca C*la, Spr*te, F*nta dan 7U*. Tapi seiring berjalannya waktu dan semakin bervariatifnya jenis minuman dalam kemasan akhirnya yang kemasan botolan beling perlahan mulai meredup dari peredaran dan semakin jarang sekali ditemukan.

Dalam kesempatan, setiap kita jalan di tempat keramaian lalu melihat ada warung rokok biasanya menjual juga minuman kemasan botol beling ini, sangat mudah ditemukan tidak seperti zaman sekarang yang hanya tersedia di tempat tertentu saja dengan jumlah terbatas. Dulu (lagi) dari kejauhan saja kita sering melihat box pendingin minuman berwarna orange yang khas dan tumpukan kerat-kerat tempat menaruh botol kosong berjejer atau bertumpuk disamping warung rokok, tapi sekarang pemandangan itu sudah menghilang.



Tapi kalau saya amati, sebenarnya kemasan botol beling masih ada tapi mungkin secara produksi jumlahnya sudah sangat jauh berkurang karena minuman botol beling ini peminatnya juga semakin berkurang karena dianggap kurang praktis, berat, kurang modern dan mudah pecah.

Seperti biasa, segala sesuatu pasti ada plus dan minusnya. Nah, kalau nilai plus dari botol beling rasa dinginnya itu lebih menyegarkan, beda dengan kemasan lain, kemasan botol beling juga bisa dipakai ulang dengan cara dikembalikan ke pabrik untuk diisi kembali sehingga mengurangi limbah seperti yang terjadi pada limbah kemasan plastik dan kemasan kaleng yang setelah habis pakai biasanya sering berserakan dan menjadi sampah di lingkungan terdekat, padahal kita tahu limbah-limbah ini sangat sulit untuk didaur ulang.



Terakhir kali saya pernah mendengar (dari sebuah obrolan) kalau botol-botol beling hasil penarikan dari pedagang atau yang masih ada dipabrik biasanya langsung dilebur kembali dan diubah menjadi produk lain seperti lembaran kaca, biji kaca dan kini pabrikan mengubah kemasan beling yang sudah diproduksi berpuluh tahun menjadi botol plastik dan lainnya.



Akankah kemasan botol beling minuman kelak akan benar-benar punah, dapatkah kamu menjawab serta alasannya kenapa, gan?






Thread © 2016 - 2023 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : dok. pri 


Diubah oleh iskrim 26-10-2023 09:34
kevin12m
adolfsbasthian
sukhoipakfa
sukhoipakfa dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.