• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Ajak Anak Main Dengan Anjing, Irish Bella Dihujat Netizen! Apa Salahnya?

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Ajak Anak Main Dengan Anjing, Irish Bella Dihujat Netizen! Apa Salahnya?

Sumber Gambar

Dalam pandangan Islam, terdapat larangan memelihara anjing kecuali ada alasan yang syar'i dan kebutuhan yang mendasar. Hal ini sesuai dengan kesepakatan para fuqaha yang mengizinkan memelihara anjing untuk tiga keperluan, yaitu menggembala ternak, berburu, dan menjaga kebun atau tanaman yang dapat dipercaya.

Larangan memelihara anjing di luar ketiga kategori tersebut berbeda pendapat di kalangan ulama. Menurut ulama Syafi'iyah, memelihara anjing untuk tujuan lain, seperti hiasan rumah, sebagai hobi, atau untuk diperdagangkan, haram dilakukan. Alasannya adalah karena memelihara anjing di luar ketiga keperluan tersebut dapat mengurangi pahala yang diperoleh. Oleh karena itu, ulama Syafi'iyah mengharamkannya.

Namun, Syaikh Yusuf Qardhawi memiliki pandangan berbeda. Menurutnya, memelihara anjing untuk keperluan lain tidak secara tegas diharamkan. Ia berpendapat bahwa ada beberapa orang yang memiliki alasan syar'i untuk memeliharanya dalam konteks lain. Namun, tidak ada rincian lebih lanjut mengenai apa saja alasan tersebut.


Sumber Gambar

Di Indonesia sendiri, anjing menjadi salah satu hewan yang cukup dihindari untuk dipelihara atau didekati. Hal ini terjadi antara lain karena alasan keagamaan itu sendiri. Bahkan bagi orang-orang tertentu, mereka bisa saja sinis kepada sesama orang Islam yang memelihara anjing saking dibencinya hewan yang satu ini.

Salah satunya seperti yang terjadi pada artis Irish Bella. Di sosial media, beredar video yang diduga adalah video lawas Irish Bella yang memperlihatkan dirinya bersama sang anak bermain dengan anjing peliharaan. Kabarnya video itu sendiri merupakan video dari tahun 2019 yang entah bagaimana bisa naik lagi belakangan ini. Total ada tiga anjing dalam video tersebut.

Putra Irish Bella, Air Rumi tampak asik bermain dan berlarian mengejar anjing peliharaan itu. Siapa sangka, usai video ini dibagikan kembali muncul berbagai komentar dan gunjingan karena aktivitas Irish Bella dan anak bersama anjing serta dikaitkan dengan agama Irish. Banyak yang menyayangkan karena Irish Bella adalah muslimah yang berhijab tapi bermain dengan anjing yang jelas haram.


Sumber Gambar

Banyak yang meminta Pak Ustad untuk menjelaskan ini. Beberapa netizen mengingatkan bahwa malaikat tidak mau masuk ke rumah orang yang memeluhara anjing. Yang paling keras adalah salah satu komentar netizen yang menyebut bahwa Irish Bella membuat malu umat Islam. Ada juga yang menyebut kalau muslim yang memelihara anjing maka amalnya akan hilang setiap harinya.

Ngomong-ngomong soal anjing. Dalam masyarakat Indonesia, terdapat pemahaman yang keliru mengenai keharaman anjing dalam agama Islam. Banyak orang menganggap bahwa keharaman tersebut harus diartikan sebagai kebencian terhadap anjing. Akibatnya, seringkali kita melihat perlakuan kasar terhadap anjing di sekitar kita, seperti melempar batu atau mengusirnya dengan kasar.


Sumber Gambar

Hal ini sebenarnya merupakan perbuatan yang keji dan tidak beradab. Meskipun anjing dianggap sebagai hewan najis dalam agama Islam, hal tersebut seharusnya tidak menjadi alasan untuk membenci dan memperlakukan mereka dengan kekerasan. Hewan-hewan ini juga memiliki hak-haknya sebagai makhluk hidup yang perlu dihormati.

Sebagai masyarakat yang beradab, seharusnya kita menjaga keseimbangan antara kepercayaan agama dan perlakuan terhadap hewan. Saling pengertian dan menghormati keberagaman adalah kunci untuk menjaga harmoni di masyarakat. Mari kita jauhi kebencian terhadap anjing dan hewan lainnya, serta memperlakukan mereka dengan penuh kasih sayang dan kepedulian. Hewan-hewan ini juga adalah ciptaan Tuhan yang patut kita hargai.

emoticon-2 Jempol

Jadi apakah kalian salah satu yang membenci hewan yang satu ini? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
indrastrid
screamo37
chrysalis99
chrysalis99 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2K
179
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34.1KThread24.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.