harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
PHK 14.000 Karyawan dan Terus Merugi, NOKIA Terancam BANGKRUT?

Sumber Gambar

Nokia adalah salah satu merek yang telah mencatat kejayaan di dunia telekomunikasi, terutama dalam industri ponsel. Pada tahun 1990-an dan awal 2000-an, Nokia memegang peran dominan dalam pasar ponsel dengan beberapa model yang menjadi sangat populer di seluruh dunia.

Salah satu ponsel Nokia yang ikonik adalah Nokia 3310. Ponsel ini dikenal karena daya tahan baterainya yang kuat dan keandalannya. Baterai Nokia 3310 bisa bertahan hingga beberapa hari tanpa perlu diisi ulang. Ponsel ini juga dikenal dengan game Snake yang membuat banyak orang ketagihan.

Selain Nokia 3310, Nokia juga merilis model ponsel lain yang sukses seperti Nokia 1100. Ponsel ini terkenal karena kehandalannya dan harga yang terjangkau. Nokia 1100 menjadi ponsel terlaris sepanjang masa dengan penjualan mencapai ratusan juta unit di seluruh dunia.


Sumber Gambar

Pada tahun 2014, Nokia memutuskan untuk menjual divisi ponselnya ke Microsoft dan fokus sebagai perusahaan penyedia solusi jaringan. Hal ini menandai akhir dari era kejayaan Nokia dalam industri ponsel.

Hal ini perlahan membuat Nokia mulai dilupakan dan kehilangan banyak penggemarnya yang memilih device lain yang tentunya lebih kekinian. Kehadiran smartphone seperti android jelas menyita perhatian banyak orang. Dan Nokia terus mempertahankan identitasnya alih-alih mengikuti tren ini. Hal ini yang menurut banyak orang membuat Nokia kian meredup.

Nah, kini ada kabar terbaru dari merek handphone yang sudah sangat terkenal ini. Kabarnya Nokia telah melakukan PHK terhadap 14.000 karyawannya. Dilansir dari Blooberg, penurunan penjualan menjadi faktor utama mengapa Nokia melakukan PHK dengan jumlah yang cukup besar ini. Pada kuartal ketiga tahun 2023, penurunan mencapai 40%.


Sumber Gambar

Adanya perlambatan permintaan pasar Amerika disebut menjadi salah satu penyebab menurunnya penjualan Nokia. Karena selama ini, Amerika merupakan pasar yang cukup menguntungkan bagi Nokia dan Ericsson. Dari total 86.000 karyawan, kini yang bertahan ada sekitar 72.000 orang. 16% pemutusan hubungan kerja ada di sektor kelas atas.

Demi mendukung pemulihan pasar dan tetap bertahan, Nokia harus melakukan penghemayan minimal 400 juta euro pad atahun 2024. Mereka juga perlu melakukan invenstasi dalam peralatan mid-band yang lebih canggih dalam mengatasi lalu lintas data yang terus meningkat. Nokia harus terus meningkatkan kualitas dan mengikuti apa yang diinginkan oleh pasar.

Kini, Nokia akan terus berusaha dan berdoa supaya pasar akan pulih dalam waktu dekat. Sehingga penjualan mereka bisa kembali normal seperti biasanya dan terhindar dari kebangkrutan. Tantangan yang dihadapi Nokia memang tak mudah, semoga mereka dapat melewati semuanya ya!


Sumber Gambar

Seiring berjalannya waktu, Nokia menghadapi tantangan dalam mengikuti perkembangan teknologi. Mereka mulai ketinggalan dalam tren smartphone yang semakin canggih. Nokia mencoba untuk memasuki pasar smartphone dengan meluncurkan beberapa model seperti Nokia Lumia, namun tidak mampu bersaing dengan merek lain seperti Apple dan Samsung.

Meskipun Nokia tidak lagi menjadi pemimpin pasar ponsel, namun warisan dan kontribusinya dalam industri smartphone tetap berharga. Nokia telah membawa inovasi dan perubahan penting yang telah membentuk industri seperti yang kita kenal sekarang.

Dengan banyaknya penggemar yang setia dan mengenang masa kejayaannya, kita masih menanti dengan antusias apa yang akan dibawakan oleh Nokia dalam masa depan yang terus berkembang. Mungkin kita akan melihat Nokia kembali menggebrak pasar dengan produk inovatif yang dapat membuat kita terkesima.

emoticon-2 Jempol

Kenangan apa yang kalian punya bersama Nokia? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
laeliaa
mancitybest
safitridev
safitridev dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.8K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.1KThread5.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.