Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indrag057Avatar border
TS
indrag057
Tersesat Di Kampung Lelembut Bukit Larangan [Based On Thrue Story]
Spoiler for :


Spoiler for :
cover by : @sart86


Hai agan dan sista penghuni jagad kaskus dimanapun berada, ijinkan aku untuk sedikit berbagi kisah disini. Kisah yang pernah kualami saat aku masih menjadi mahasiswi di sebuah kampus yang cukup ternama di kotaku. Kisah yang sudah cukup lama terjadinya, mengingat aku sekarang sudah menjadi seorang ibu dari tiga orang anak anakku. Tapi meski sudah cukup lama, mudah mudahan aku masih bisa mengingat semua kejadiannya untuk kuceritakan kembali disini.

Ini kisah pengalaman pribadiku. Sebuah kisah yang akhirnya membuka mata dan hatiku, bahwa apa yang kita yakini benar itu belum tentu sepenuhnya benar, dan apa yang kita yakini salah itu juga belum tentu sepenuhnya salah. Sebuah pengalaman yang membawaku berkelana ke alam 'mereka', dan membuatku sadar bahwa 'mereka' yang tak kasat mata itu memang benar benar ada. Dan sebuah petualangan yang tanpa kusadari akan menguak kisah lama. Kisah tentang leluhurku dengan segala janji, sumpah, dan kewajiban yang sampai saat aku mengalami kejadian itu belum sempat untuk dituntaskan, dan menjadi kewajibanku untuk menyelesaikannya. Sebuah rencana terselubung, yang sudah dipersiapkan dan direncanakan semenjak puluhan atau bahkan mungkin ratusan tahun yang lalu untuk diriku.

Tapi seperti biasa, sebelum aku memulai cerita ini, ijinkan aku untuk sedikit memperkenalkan siapa diriku. Kalian boleh memanggilku Lupi. Retno Palupi. Itu nama panjangku. Jelas itu bukan nama asliku, meski sedikit mirip. Karena semua nama tokoh, karakter, dan tempat kejadian dalam cerita ini akan aku samarkan demi menjaga privasi semua pihak yang terkait dengan cerita ini.

Aku seorang perempuan berdarah jawa, lahir, besar, dan sampai saat ini masih tinggal di sebuah kota di pulau Jawa yang terkenal dengan budayanya yang adi luhung. Tak ada yang istimewa dari diriku, karena aku hanyalah perempuan biasa yang tak memiliki kelebihan apa apa. Kalaupun ada yang spesial pada diriku, (itu juga menurut teman temanku, karena aku sama sekali tak menganggapnya sebagai sebuah kelebihan,) adalah kedua orang tuaku yang konon katanya masih memiliki darah keturunan dari para raja di sebuah keraton yang sampai saat ini masih ada di pulau Jawa.

Ya. Kata orang aku masih keturunan darah biru. Bukan sesuatu yang pantas untuk aku banggakan sebenarnya, tapi aku terpaksa harus menceritakannya disini, karena silsilah keluarga ini masih ada hubungannya dengan kisah yang akan aku ceritakan ini. Dan, meski aku memiliki darah keturunan bangsawan, namun jangan dibayangkan kalau aku adalah seorang perempuan yang lemah lembut dan anggun berwibawa. Justru sebaliknya gansist, aku cenderung tomboy dan sedikit keras kepala. Aku juga seorang gadis yang supel, hingga tak heran kalau aku memiliki sangat banyak teman, baik teman di lingkungan kampus ataupun teman di sekitar tempat tinggalku.

Namun dari sekian banyak teman yang kumiliki itu, ada satu teman spesial yang sudah kuanggap seperti saudaraku sendiri. Larasati namanya. Biasa dipanggil Laras. Seorang mahasiswi yang masih satu kampus dan satu angkatan denganku, berasal dari kota sebelah yang sering dijuluki sebagai 'kota gaplek.' Di kotaku ini, Laras tinggal di tempat Budhenya, yang letak rumahnya tak begitu jauh dari rumahku.

Bukan tanpa alasan kalau aku menjadikan Laras sebagai sahabat terbaikku. Selain pintar, Laras juga gadis yang baik. Sifatnyapun cukup dewasa untuk remaja seusia kami, hingga setiap aku ada masalah, kepada Laras inilah aku sering curhat dan meminta nasehat. Hingga teman teman di kampus sering meledekku sebagai adiknya Laras.

Satu lagi yang menjadi keunikan dari sahabatku ini adalah, penyakit latahnya yang cukup akut. Dan karena latahnya itulah ia sering dijadikan obyek kejahilan oleh teman teman yang lain. Bersama Laras inilah aku mengalami kejadian ganjil yang akan kuceritakan didalam thread ini.

Oh ya, satu lagi gansist, selain silsilah keluargaku, namaku sendiri juga dianggap unik oleh orang orang yang kenal dekat denganku. Karena namaku sama persis dengan nama ibuku, nenekku, dan juga nenek buyutku. Cuma nama panggilan kami yang berbeda. Kalau aku biasa dipanggil Lupi, maka orang orang biasa memanggil ibuku dengan panggilan Bu Retno atau Mbak Retno.

Ada kisah tersendiri soal kesamaan nama itu. Konon katanya, setiap anak pertama yang lahir perempuan dalam keluargaku, harus diberi nama Retno Palupi. Entah apa maksudnya, tapi kata nenekku itu sudah menjadi wasiat dari leluhur keluargaku, yang jika dilanggar maka akan menimbulkan hal hal yang kurang baik terhadap si anak.

Aku sendiri pernah mengalami hal buruk itu, meski sebenarnya aku sama sekali tak percaya dengan 'mitos' wasiat nama itu. Aku pernah mengalami penyakit panas atau demam tinggi sampai berhari hari. Sudah dibawa berobat kesana kemari namun tak kunjung sembuh juga. Sampai akhirnya nenekku tau kalau ayahku mengganti namaku tanpa sepengetahuanya.

Nenekku memarahi ayahku habis habisan waktu itu, dan meminta ayahku untuk mengembalikan namaku menjadi Retno Palupi seperti sebelumnya. Dan ajaibnya gansist, tak lama setelah namaku diganti kembali menjadi Retno Palupi, aku langsung sembuh.

Entah kebetulan atau memang nama itu mengandung sesuatu yang sakral, aku tak begitu paham. Ayahku sendiri waktu itu terpaksa mengganti namaku karena aku ngambek nggak mau masuk sekolah. Dan aku ngambek karena disekolah aku sering jadi bahan olok olokan teman temanku sehubungan dengan namaku yang sama dengan nama ibuku itu. Sebuah kejadian yang konyol, namun kuanggap wajar, karena saat itu aku baru kelas tiga SD. Dan sampai sekarang aku tak pernah berani lagi untuk mengotak atik namaku.

Oh ya gansist, tak ada maksud lain dariku sampai aku berniat untuk membagikan kisah ini, selain untuk berbagi pengalaman semata. Kalaupun nanti ada sedikit hikmah yang bisa dipetik dari cerita ini, mudah mudahan itu bisa bermanfaat untuk agan dan sista semuanya. Dan kalaupun tidak, ya anggap saja ini hanyalah sebuah cerita sekedar untuk hiburan belaka.

Akhir kata, kurasa cukup sekian perkenalan dariku. Dan selanjutnya kisah tentang pengalamanku ini akan kuceritakan secara bersambung di kolom komentar dibawah. Seperti apa kisahnya? Mari kita simak bersama sama.

bersambung
Diubah oleh indrag057 29-03-2022 08:07
prabulayang
khairimufid8811
bebyzha
bebyzha dan 218 lainnya memberi reputasi
215
246.3K
6K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.8KThread43.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.