Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shekelAvatar border
TS
shekel
Seruan Boikot McD Mencuat, Siapa Pengelolanya di Indonesia?
Jakarta - Seruan memboikot restoran cepat saji McDonald's atau McD mencuat di media sosial. Penyebabnya karena McDonald's memberi makanan gratis ke tentara Israel.

Jika boikot itu sampai terjadi maka akan menjadi sebuah kerugian besar untuk McDonald's. Lantas siapa sebenarnya pemegang waralaba franchise di Indonesia?

Dilansir detikFinance Senin (16/10/2023), McDonald's atau McD sendiri pertama kali masuk ke Indonesia pada 1991 dengan membuka restoran pertamanya di Sarinah, Thamrin. Kemudian pada 2009 lalu pengelolaan McD Indonesia dipegang PT. Rekso Nasional Food (RNF) yang merupakan anak usaha dari PT Anggada Putra Rekso Mulia atau Rekso Group.

Di situs resmi McDonald's Indonesia, kala itu RNF menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald's International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald's dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini di bawah bendera RNF, McD telah membuka lebih dari 200 gerai yang tersebar di berbagai kota. Dikatakan jaringan restoran ini telah mempekerjakan lebih dari 14.000 karyawan di seluruh gerai di Tanah Air.

RNF sendiri merupakan satu dari sekian banyak anak usaha Grup Rekso. Sementara itu, Grup Rekso sendiri pertama kali didirikan oleh oleh keluarga Sosrodjojo.

Namun sebelum menjadi Rekso Group, keluarga konglomerat ini pertama kali merintis usaha mereka dengan mendirikan PT Sinar Sosro. Berkat keberhasilan Sinar Sosro ini lah yang membawa keuntungan bagi keluarga pendirinya hingga dapat memiliki McD Indonesia.

Berdasarkan catatan detikcom, Soegiharto Sosrodjojo yang merupakan pewaris generasi kedua dari perusahaan tersebut sempat masuk dalam jajaran orang terkaya ke-10 di Indonesia pada tahun 2009 menurut Forbes.

Saat itu dirinya sempat tercatat memiliki kekayaan bersih US$ 1,2 miliar atau setara Rp 17,13 triliun (bila dihitung dalam kurs Rp 14.275/dolar AS). Meski sudah tidak lagi masuk dalam daftar orang terkaya RI versi Forbes, tidak dipungkiri bila pemilik Teh Botol Sosro dan McDonald's Indonesia ini merupakan salah seorang konglomerat ternama.

Aksi memberi makan gratis oleh McD ke tentara Israel ramai dibahas pengguna Twitter atau X. Mereka menuduh waralaba McD di Israel terlibat dalam konflik.

https://www.detik.com/sumut/bisnis/d...-indonesia/amp

Boikot Sari Roti aja gagal total, ini mau boikot Restoran Siap Saji dengan Gerai yg tersebar di pelosok bumi emoticon-Malu (S)

Amerika jangan dilawan, gak bakal mampu, lebih baik dijadikan teman.
ushirota
jiresh
aldonistic
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
8
815
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.