Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Niatnya sih Mau Goreng Ayam, Malah Dapur yang Kegoreng
Katanya pengalaman adalah guru yang terbaik. Saya berani jamin ini adalah pepatah yang seratus persen akurat. Contohnya, api.

Kita pasti sudah sering mendengar peringatan tentang api di mana-mana. Api itu berbahaya, api itu bisa membakar rumah, api itu bisa membunuh, dan lain-lain. Namun kenyataannya, orang-orang tetap saja bermain dengan api.

Namun orang-orang yang sudah berpengalaman terbakar api pasti tak akan lagi bermain-main dengan api. Pengalaman sudah mengajarkan bahwa kesenangan bermain api sama sekali tak sebanding dengan resikonya.

Niatnya sih Mau Goreng Ayam, Malah Dapur yang Kegoreng

Pengalaman juga sudah mengajarkan saya untuk tidak main-main dengan api. Kebetulan pengalaman itu terjadi di dapur, tempat yang tak mungkin tak ada apinya. Sejak kecil saya sering melihat ibu saya memasak. Mungkin karena ibu saya memasak dengan begitu mudah saya jadi menganggap memasak itu mudah. Kenyataannya, mudah-mudahan selamat.

Saat itu ibu saya sedang acara di luar rumah dan tak sempat memasak, tetapi beliau sudah menyiapkan ayam ungkep yang siap untuk digoreng. Katanya sih kami tinggal panaskan minyak di panci lalu masukkan ayam ungkep dan tunggu beberapa menit sampai gelembung percikan di minyak berkurang.

Saya pikir memasak itu gampang jadi dengan percaya diri saya mulai memasak. Saya siapkan panci, taruh di atas kompor, nyalakan api, tuang minyak dan tunggu hingga minyaknya panas.

Masalahnya, saya tak tahu seberapa panas seharusnya minyak sampai bisa dimasuki ayam. Saya menunggu, menunggu, menungguuuuuuuuuuuu sampai akhirnya saya berpikir bodo amat dan memasukkan satu ayam sebagai percobaan.

Dan kemudian, DUARRRRRRR!!!!

Layaknya adegan azab neraka, api menyembur dari permukaan minyak begitu tinggi sampai menyentuh langit dapur. Dengan panik saya langsung mematikan kompor, tetapi api sudah merambat ke dinding hingga atap seolah hendak melahap semuanya.

Niatnya sih Mau Goreng Ayam, Malah Dapur yang Kegoreng

Untungnya dinding dan atap dapur bukanlah triplek yang mudah terbakar sehingga api menghilang dengan cepat. Minyak di kompor perlahan-lahan menjadi dingin dan semua kembali tenang. Peristiwa serangan api itu memang singkat, mungkin cuma beberapa detik, tetapi pelajaran yang diberikan membekas selamanya.

Ternyata itu adalah fenomena yang disebut ‘kebakaran minyak.’ Itu bisa terjadi saat minyak terlalu panas dan berakhir membakar apa pun yang masuk ke dalamnya. Jadi, untuk kalian yang suka menggoreng-goreng, selalu perhatikan minyak yang kalian panaskan. Jangan sampai proses memasak ayam goreng malah berakhir menciptakan manusia goreng.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

Niatnya sih Mau Goreng Ayam, Malah Dapur yang Kegoreng
Diubah oleh ih.sul 16-10-2023 03:49
eroshounin
indrastrid
lgeindonesia
lgeindonesia dan 9 lainnya memberi reputasi
8
1.3K
33
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
LG ThinQ Community
LG ThinQ CommunityKASKUS Official
587Thread5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.