• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hal-Hal Yang Harus Dibawa dan Diperhatikan Ketika Pergi Ke Kantor

jeff123556Avatar border
TS
jeff123556
Hal-Hal Yang Harus Dibawa dan Diperhatikan Ketika Pergi Ke Kantor

Hai !!

Udah lama banget ane gak nulis di kaskus. Mungkin terakhir di tahun 2021 kali ane nulis. Kemarin iseng-iseng coba buka kaskus lagi, ternyata masih banyak juga kreator kaskus yang masih berkarya.

Dari sana saya tergerak nih untuk berkarya nulis lagi. Kebetulan bulan lalu ane baru aja diangkat, dari yang tadinya cuma anak magang, ehh bersyukur banget diangkat menjadi karyawan.

Status sekarang masih masa probation selama 3 bulan. Sekarang jalan di bulan kedua. Saya bekerja di salah satu bank swasta yang berlokasi di jakarta pusat. Total berarti saya sudah jalan 5 bulan bekerja di suatu perusahaan swasta, apalagi ini kali pertama saya bekerja di bidang perbankan.

Ini kali pertama saya juga bekerja sebagai karyawan full time, bukan anak magang lagi. Oke mungkin dari judul diatas, saya akan merangkum Hal-Hal apa saja yang harus dibawa dan diperhatikan ketika pergi ke kantor.


1. Jangan datang terlambat/telat

Salah satu penilaian atasan apalagi kalau agan karyawan baru di suatu perusahaan, pasti yang dilihat adalah ketepatan waktu ketika datang ke kantor. Usahakan datang 15 menit sebelum masuk kerja. Ini akan membuat first impression yang positif, baik kepada sesama rekan kerja, maupun kepada atasan.



2. Memperhatikan Penampilan

Yang dilihat orang ketika bertemu adalah penampilan. Usahakan memakai penampilan yang nyaman, dan sesuai kultur perusahaan tersebut. Jangan lupa juga untuk memakai parfum, deodoran dan juga pomade untuk menunjang penampilan dan membuat kita merasa lebih percaya diri ketika bekerja.

Spoiler for spoiler:





3. Menjaga Attitude Kepada Semua Orang

Attitude/sopan santuan adalah hal yang wajib saya jaga dimanapun saya berada. Harus menjaga sikap dan sopan santun baik itu ke rekan kerja, atasan, maupun office boy sekalipun. Harus tetap tanamkan dalam diri bahwa attitude adalah nomer satu, mau sepintar dan sejago apapun kalian, kalo attitude nya 0 ya sama saja.



4. Small Talk itu penting

Saya menghabiskan waktu lebih dari 8 jam dikantor, yang dimana itu sudah seperti rumah kedua. Saya memang orang yang introvert dan jarang ngomong, tetapi saya tau betul bahwa small talk itu penting dalam suatu pekerjaan. Sesederhana menanyakan "Apa kabar, gimana hari ini ?" itu saja sudah sangat berguna untuk membangun bonding kepada rekan kerja. Jadi menurut saya, basa basi itu penting sebagai suatu hal yang dilakukan supaya kita tidak terlalu terpaku kepada pekerjaan saja.



5. Harus Banyak Bertanya dan Sediakan Note/Buku

Sebagai anak baru/karyawan baru, pasti nya banyak hal baru yang dialami. Usaha kan harus pro aktif tanya terkait jobdesk apa saja yang harus dikerjakan dan harus mencatat hal-hal penting yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan dikerjakan dan harus melapor/tektokan kepada pic siapa saja kalau bekerja di divisi tersebut.

6. Harus Lebih Memperdalam Tentang Keahlian Dalam Pekerjaan

Salah satu yang harus diperhatikan dalam bekerja adalah, kita harus lebih memperdalam kemampuan/keahlian kita dalam suatu pekerjaan. Sebagai contoh saya bekerja sebagai admin yang dimana harus bisa menguasai rumus ms excel seperi vlookup, hlookup, pivot, if, sum if, dan sebagainya. Penting nya memperdalam keahlian supaya kita tidak 0 jika nanti terjun di dunia kerja.



Mungkin itu saja yang dapat saya bahas dalam tulisan kali ini. Jika agan agan ada yang mau menambahkan di kolom komentar, boleh banget nih tinggalkan komentar nya. Terima kasih.

dhewana
dhewana memberi reputasi
1
338
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.