Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Ini Dia Tempat Dengan Gravitasi Terbesar di Muka Bumi, Sebaiknya Jangan Kesana!



Tahukah gansis bahwa tempat dengan gravitasi tertinggi di muka bumi bukanlah di kutub utara bumi maupun di kutub selatan. Hal ini rupanya tercipta akibat bentuk planet bumi yang tidak benar-benar berbentuk lingkaran sempurna ditambah pengaruh gaya centrifugal ketika bumi berotasi menyebabkan tiap-tiap tempat di muka bumi memiliki tingkat gravitasi yang berbeda-beda. Equator sebagai contoh atau daerah yang dilewati khatulistiwa, menjadi daerah yang memiliki gravitasi terlemah.

Jika gansis ingin menambah berat badan secara singkat, gansis tidak perlu susah payah berusaha bulking ataupun makan banyak. Gansis hanya perlu ke daerah dengan gaya gravitasi tertinggi. Di tempat tersebut berat badan gansis akan meningkat meski hanya 7-10% saja. Penasaran dimana lokasi tempat tersebut dan bagaimana penjelasan ilmiahnya, mari kita cermati pada thread kali ini!




Titik pada google earth di atas adalah tempat yang memiliki gravitasi paling tinggi di muka bumi yakni mencapai 9.8337 m/s^2. Lokasi ini terdapat di titik koordinat Latitude 86.71 Longitude 61.29. Di tempat tersebut segala kegiatan sehari-hari yang biasa kamu lakukan akan terasa lebih melelahkan dibanding biasanya. Hal ini diakibatkan pengaruh gravitasi yang lebih tinggi. Seumpama kamu berkunjung ke sana, perlu beberapa hari untuk mulai beradaptasi terhadap gravitasi yang ada di tempat tersebut, apalagi gansis sebagai orang Indonesia merupakan masyarakat yang menempati daerah dengan gravitasi terendah.

Karena kita tinggal di ekuator, gravitasi bumi yang berada disana lebih rendah dibanding tempat manapun. Meski demikian Indonesia bukanlah tempat dengan gravitasi terendah pada equator. Masih ada tempat lainnya yang jauh lebih rendah gravitasinya dibanding Indonesia yakni di Mount Huascaran, Peru. Gravitasi di tempat tersebut tercatat sebagai gravitasi paling rendah di muka bumi yakni mencapai 9.7639 m/s^2. Meski masih diangka 9, tubuh manusia yang terbiasa menempati daerah dengan gravitasi lebih tinggi pasti akan merasakan ringannya melakukan aktivitas di Peru.



Tempat dengan gravitasi tertinggi yang ada di samudera Arktik ternyata melenceng beberapa ratus kilometer dari titik paling utara di kutub utara. Hal ini disebabkan bumi memiliki posisi miring 23,5°C yang menyebabkan gravitasi terkuat tidak harus berada pada kutubnya. Hingga tahun 2023 ini tempat yang berada pada samudera arktik dengan koordinat Latitude 86.71 Longitude 61.29, masih menjadi tempat dengan gravitasi tertinggi dimana tempat ini sangat bermanfaat untuk berbagai spesies hewan laut dalam melakukan navigasi. Seekor Narwhal misalnya, bisa menghapal lokasi dibantu oleh efek gravitasi dari tempat tersebut.

Ketika berada di tempat dengan gravitasi tertinggi tersebut, kamu tidak disarankan ke sana sebab daerah tersebut memiliki fluktuasi cuaca yang sangat buruk. Terkadang badai salju bisa terjadi begitu saja dan berpotensi membekukan dirimu. Selain itu tidak ada yang bisa kamu amati di sana selain hamparan lautan yang kosong dan es batu yang menggenang di atasnya. Benar-benar pemandangan yang akan membuatmu sangat bosan kecuali sudah mencapai titik paling utara di kutub utara.



Meski demikian tak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke daerah tersebut ketika cuaca sedang stabil. Saat cuaca stabil daerah tersebut benar-benar tenang dan ombak yang ada juga tidak berpotensi mengganggu atau masih dalam batas wajar skala beaufort 1-3. Tempat ini juga diketahui sebagai tempat yang sangat sunyi ketika cuaca sedang stabil. Jika kamu ingin mendapatkan ketenangan batin cobalah berkunjung ke tempat seperti ini, siapa tahu kamu mendapatkan perspektif baru dalam kehidupan.

Hamparan laut yang luas dan kosong serta ombak yang tenang akan memberikanmu kenangan tak terlupakan bahwa di suatu penjuru bumi ternyata terdapat tempat tenang yang mungkin jauh lebih tenang dibanding tempat peristirahatan terakhirmu. Kendati demikian kamu perlu merogoh kocek yang dalam-dalam untuk menyewakan jasa eksplorasi ke sana menggunakan kapal. Perjalanan ke daerah tersebut dapat ditempuh selama 14 hari dari Greenland dengan biaya US$11,495 full akomodasi.

—oOo—

Itu dia tempat dengan gravitasi tertinggi di muka bumi yang mungkin dapat menjadi destinasi wisata extra-ordinary untukmu. Dibandingkan berkunjung ke tempat-tempat wisata landmark negara yang sudah biasa, tak ada salahnya mencoba tempat baru dengan hamparan luas yang kosong yang mana dapat menjadi kanvas bagimu untuk berimajinasi di sana.


Sumber : Disini
MemoryExpress
dickyb21
screamo37
screamo37 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
3.3K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.