Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

toarzanAvatar border
TS
toarzan
Kemendag Tolak Penuhi Permintaan Pedagang Tanah Abang Tutup E-Commerce
Kemendag Tolak Penuhi Permintaan Pedagang Tanah Abang Tutup E-Commerce
Pemerintah tidak akan memenuhi permintaan pedagang Pasar Tanah Abang agar menutup platform e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia.

Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa Kemendag, Rifan Ardianto

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perdagangan RI menolak memenuhi permintaan pedagang Pasar Tanah Abang agar menutup platform e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia karena dianggap membuat dagangan mereka sepi pembeli.

Sebelumnya viral pedagang tekstil di Pasar Tanah Abang mengeluhkan masih sepinya pembeli meski pemerintah sudah menutup praktik social commerce di platform Tiktok yang belakangan kontroversial karena dianggap mematikan bisnis pedagang kecil.

Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa, Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Rifan Ardianto mengatakan, seharunya para pelaku usaha bisa mengikuti perkembangan teknologi agar bisnis mereka tetap bertahan dan berkembang di tengah gempuran kompetitor.

"Pada akhirnya dari sisi pemerintah tidak akan menutup e-commerce karena itu sesuatu hal (platform) bisnis perdagangan yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha," ujar Rifan dalam media briefing di Kementerian Keuangan Jakarta Pusat Kamis (12/10/2023).

Dikatakan Rifan, pemanfaatan platform e-commerce justru berguna untuk meningkatkan akses pasar. Sehingga pemerintah gencar melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha agar bisa mengikuti perkembangan teknologi tersebut.

"Kami terus melakukan sosialisasi bahwa sebenarnya kemampuan teknologi harus dilakukan tidak hanya berguna dari sisi lokal. Tetapi kita terus mendorong pemanfaatan teknologi ini bisa mendorong peningkatan akses pasar," jelas dia.

"Bagaimana mengedukasi pedagang untuk bisa memanfaatkan platform digital, itu yang terus kita dorong dari sisi Kemendag terus mendorong bagaimana pelaku usaha, pedagang offline untuk bisa masuk ke pasar digital," sambungnya.

Baca juga: Setelah TikTok Shop, Kini Viral Pedagang Tanah Abang Minta Lazada Ditutup

Rifan menegaskan, pemerintah hanya mengatur perizinan dari penyelenggaraan e-commerce sebagai perdagangan digital.

"Pemerintah mengatur penyelenggaraan e-commerce sebagai perdagangan elektronik. Sehingga semuanya berjalan sinergi baik itu perdagangan offline nya maupun perdagangan onlinenya," jelasnya.

Keluhan pedagang Pasar Tanah Abang

Diberitakan Tribunnews, sejumlah pedagang konveksi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, mengatakan belum ada dampak positif dari penutupan social commerce TikTok Shop oleh Pemerintah Indonesia.

Vincent, salah seorang penjual pakaian dewasa wanita mengatakan, penjualannya masih tetap sepi pembeli. "Sama aja sih. Sepi kayak 2 bulan kemarin. Belum ada efeknya," kata dia ketika ditemui Tribunnews di lokasi, Rabu (11/10/2023).

Walaupun belum merasakan dampak kenaikan pengunjung dari penutupan TikTok Shop, Vincent optimistis dagangannya akan kembali ramai ke depannya.

https://m.tribunnews.com/bisnis/2023...tup-e-commerce

Bagaimana kl tanah abang yg ditutup,isinya orang2 yg menghambat kemajuan zamanemoticon-Request
Diubah oleh toarzan 13-10-2023 04:04
darkwilliam00gg
Kireta_kun
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 10 lainnya memberi reputasi
9
662
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.