Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Kalau Kaca Anti Peluru Bagus Kenapa Tidak Ada Di Mobil Premium Dan Sejuta Umat?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Kalau Kaca Anti Peluru Bagus Kenapa Tidak Ada Di Mobil Premium Dan Sejuta Umat?


Siapa yang nggak ngiler coba apalagi uang sudah ditangan waktu ngelihat BMW 8 The 8 840i Gran Coupe, Ferrari F8 Spider, Tesla Model X Plaid sampai Rolls Royce Wraith dan lainnya ada didepan mata kita, rasanya udah gatel buat dimiliki. Tapi saya akan batal membeli bukan karena nggak ada uangnya (emang bener sih, wkwk emoticon-Big Grin) gara-gara ada satu fitur safety yang mereka nggak punyai.

Saya bertanya sama teman satu tongkrongan, kenapa mobil semewah dan semahal itu dengan segudang fitur dan teknologi kekinian masih belum dilengkapi kaca anti peluru. Ok, kalau kaca anti pecah saya paham, tapi konsumen yang mampu membeli mobil-mobil jenis tadi pasti ingin punya level safety yang lebih tinggi, dong ya.

Kita yang belum paham saja pastinya tahu pemilik kendaraan jenis ini biasanya bukanlah kaleng-kaleng, selain kemewahan mereka dapatkan tentu butuh privacy dan tingkat keamanan yang seharusnya lebih baik, setidaknya selevel dengan pejabat tingkat tinggi. "Masa iya, produsen gak bisa kasih kaca anti peluru, ini mobil kelas premium, loh!"



Hingga pada akhirnya sebuah jawaban dari teman saya cukup meyakinkan kenapa mobil khususnya kelas premium dan high class ini tidak dipasangkan kaca anti peluru.

Yes, kaca anti peluru memang sangat melindungi dari tindak kejahatan tingkat rendah sampai tingkat tinggi, setidaknya memiliki ketahanan lebih lama sebelum kaca benar-benar pecah atau tembus peluru, pastinya sangat berguna jika diterapkan disemua jenis mobil sejuta umat yang jelas-jelas mobilitasnya dekat dengan denyut kehidupan masyarakat sehari-hari.

Sebenarnya penerapannya mudah saja bagi produsen mobil, tinggal memasangkan kaca anti peluru disetiap mobil, tapi kalau ditinjau dari segi safety dan ruang geraknya mobil malah jadi terbatas dan membebani mobil itu sendiri. Hm.

Menurut teman saya kaca anti peluru itu jelas bobotnya lebih berat dari kaca mobil pada umumnya, dari hal pertama ini saja sudah membuat gerak mobil terbebani apalagi untuk mobilitas sehari-hari tentu yang paling kentara ya boros bahan bakar dan faktor kedua yang menjadi perhatian khusus adalah kalau kaca mobil dibuat sangat kuat justeru membahayakan orang didalamnya.

Produsen tentu sudah meriset dan melakukan pertimbangan yang sangat matang, salah satunya adalah dari segi keamanan, jika terjadi hal tak terduga semisal mobil masuk ke dalam sungai atau terbakar maka orang didalamnya akan sangat kesulitan memecahkan kaca tersebut, jadi meskipun mobil dibuat semewah dan semodern mungkin tetap yang paling berharga adalah nyawa seseorang karena memang tidak ada yang menjualnya.



Kondisinya tentu berbeda dengan mobil yang memang sengaja dipasangkan kaca anti peluru dari pabrikan langsung, selain memang peruntukkannya khusus tapi ada pengawal yang siap mati berkorban untuk menyelamatkan atasannya disituasi dan kondisi apapun.

Dan kabar baiknya, yang saya baca dari sebuah sumber, ternyata kaca mobil anti peluru juga sudah dijual bebas, bahkan mobil sekelas Avanza saja tersedia dengan kualitas terbaik. Semakin tebal kaca semakin mahal karena ampuh menahan peluru yang berasal dari laras pendek, airsoft gun, anti busi dan anti kampak.

Tapi tentu saja bicara harga pastinya lebih mahal dari kaca mobil pada umumnya. Mau yang lebih hemat? Ada kok kaca film yang anti peluru tapi tentu saja level kekuatannya juga berbeda. Hm, jadi begitu ya!






Thread © 2016 - 2023 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini, ref | img : gugel 


Diubah oleh iskrim 13-10-2023 22:44
yasyah81
rassakhiy
ufo60
ufo60 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
1.2K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.