medievalistAvatar border
TS
medievalist
Surya Paloh Kesal Ditanya Janji Bubarkan Partai
Surya Paloh Kesal Ditanya Janji Bubarkan Partai

06 Oct 2023, 07:25 WIB




Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan keterangan pers di Nasdem Tower, Jakarta, Kamis (5/10/2023). | Republika/Thoudy Badai

Surya Paloh menyebut pernyataannya waktu itu adalah makna tersirat.
JAKARTA – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh tampak kesal ketika ditanya mengenai janjinya pada delapan tahun silam yang bakal membubarkan partai jika kadernya melakukan korupsi. Dia berkilah, maksud pernyataannya saat itu adalah berupa makna tersirat. Dia tidak benar-benar ingin membubarkan partai, tapi itu hanya bentuk wanti-wanti kepada kader-kadernya.
"Enggak demikian meaning-nya. Enggak ada. Lebih tolol ketua umum partai mengatakan kalau ada kader partai yang korupsi partai dibubarkan. Bodoh!" kata Surya dalam konferensi pers kasus dugaan korupsi yang menjerat kadernya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Gedung Nasdem Tower pada Kamis (5/10/2023).
Surya Paloh pernah membuat janji saat pembekalan caleg parpolnya pada 3 Juni 2015 silam. Ia bertekad membubarkan Nasdem bila ada kader yang korupsi. Sejak janji Paloh diucapkan, berulang kali kader Nasdem terlibat korupsi. Pada November 2015, Ketua DPD Nasdem Kabupaten Garut Komar Mariuna dan rekannya di DPRD Garut, Budi Setiawan, terjerat kasus korupsi pengadaan buku senilai Rp 7,7 miliar.
Di Lampung, sebagian kepala daerah yang ditangkap akibat korupsi sejak 2016 juga merupakan kader Nasdem. Di antaranya eks bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (ketua DPD Nasdem Lampung Utara), Bupati Mesuji Khamami (ketua Dewan Pembina Nasdem Mesuji), dan Bupati Lampung Tengah Mustafa (ketua DPW Nasdem Lampung). Daftar itu bertambah setelah mantan bupati Tanggamus Bambang Kurniawan yang dipenjara karena kasus korupsi pada 2016 juga bergabung ke Nasdem tahun lalu.
Kemudian, mantan menkominfo Johnny G Plate dijadikan tersangka oleh Kejaksaan Agung karena korupsi proyek Bakti Kemenkominfo. Plate saat yang itu menjabat sebagai sekjen Partai Nasdem itu disebut mendalangi korupsi yang merugikan negara senilai Rp 8,3 triliun. Plate mengikuti jejak sekjen Nasdem terdahulu, Patrice Rio Capella, yang terjerat korupsi pada 2014. Ia disuap agar kasus yang menjerat gubernur Sumatra Utara kala itu tak diproses Kejaksaan Agung.
Dua bulan sebelum Johnny, anggota Fraksi Nasdem di DPR, Ary Egahni, juga ditangkap oleh KPK. Dia ditangkap bersama suaminya, Bupati Kapuas Ben Ibrahim S Bahat. Ary Egahni dan Ben Brahim disangkakan atas kasus dugaan pemerasan terhadap sejumlah pegawai aparatur sipil negara (ASN). Hingga kasus Johnny Plate, Surya Paloh belum juga membubarkan partainya.
Surya menegaskan, makna dari penyampaiannya tidaklah dimaknai secara denotatif. Sebaliknya, makna yang dimaksudnya bersifat konotatif alias bukan makna sebenarnya. "Jadi, maknanya bukan begitu. Spirit, semangat kita untuk antikorupsi, enggak ada artinya kita ini kalau kader kita bisa melakukan perbuatan-perbuatan tercela. Untuk apa kita punya institusi seperti ini? Nah, spiritnya seperti itu," ujar dia.
Lebih lanjut, dia pun menyebutkan bahwa bisa jadi kader-kader partai merupakan oknum-oknum tertentu yang mau mencoreng nama baik partai. Pihak-pihak ini dinilai merugikan kader-kader yang sebenarnya baik. "Ada kader partai, siapa menjamin kader partai itu penyusup, bisa masuk jadi kader partai kita hari ini. Pun melakukan tindakan tercela. Anak-anak negeri ini datang dengan penuh cita-cita, idealisme, pengabdian, berjuang bersama di dalam satu partai harus menjadi korban karena satu, dua, tiga orang ini tidak tepat. Jadi, saya intinya mengoreksi, bukan itu (makna) sesungguhnya," kata Surya menyimpulkan.
Surya Paloh menegaskan, Partai Nasdem tetap akan memegang komitmen untuk menghadapi setiap permasalahan. "Ada permasalahan, jangan lari dari permasalahan, hadapi permasalahan," kata dia. Ia mengaku ingin bisa memberikan semangat dan nilai kepeloporan, selalu terdepan dalam upaya-upaya pemberantasan korupsi, sehingga Indonesia menjadi lebih baik dan semua cita-cita bersama bisa lebih terwujud.
Surya menilai kasus yang dialami kadernya merupakan berita yang tidak mengenakkan hati dan memprihatinkan. Apalagi, ia mengingatkan, Syahrul Yasin Limpo tidak sekadar menteri pertanian, tapi juga salah satu fungsionaris DPP Partai Nasdem. Dia merasa semua pihak pasti menginginkan agar selalu konsisten dalam memberikan penghormatan atas upaya-upaya penegakan hukum yang berkeadilan di negeri ini.
"Maka, di luar dugaan baik oleh diri saya dan semua kawan-kawan, dan saya yakin juga di luar dugaan daripada Bung SYL, dia harus mengalami sebuah kondisi yang seperti apa yang dialami dirinya pada saat ini," ujar dia.
Dia menuturkan, Syahrul pergi ke luar negeri atas izin Presiden Jokowi. Di sana, SYL menerima penghormatan dan penghargaan dari lembaga di bawah naungan PBB atas keberhasilan yang telah diraih Kementan Indonesia. Bagi Paloh, kondisi itu yang mengusik hati.
Meski begitu, atas nama pribadi dan Partai Nasdem, ia akan tetap konsisten menghormati upaya-upaya yang dilakukan penegak hukum dan itu tidak pernah surut sedikit pun. "Itu perlu saya tegaskan, baik atas nama pribadi maupun atas nama seluruh keluarga besar Partai Nasdem," kata Paloh.
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku sudah menerima informasi bahwa Syahrul Limpo sudah ditetapkan menjadi tersangka. Kendati demikian, ia menyerahkan kepada KPK kapan akan menyatakan secara resmi status tersangka Mentan SYL.
“Bahwa dia sudah tersangka? Ya, saya sudah dapat informasi, malah sejak kalau ekspose-nya itu kan sudah lama kalau tersangkanya. Tapi, resminya tersangkanya itu, ya, sudah dikeluarkan lah,” ujar Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/10/2023).


https://www.republika.id/posts/46275...ubarkan-partai
BALI999
jiresh
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.