• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Pantai Cibutun Diklaim Terkotor No. 4 di Indonesia, Karang Taruna: 'APA BUKTINYA?'

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Pantai Cibutun Diklaim Terkotor No. 4 di Indonesia, Karang Taruna: 'APA BUKTINYA?'

Sumber Gambar

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang indah dan menarik. Namun, tidak jarang pantai-pantai kita menjadi kotor akibat ulah wisatawan yang tidak menjaga kebersihan. Kebersihan pantai merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga agar keindahannya tetap terjaga dan pantai tersebut dapat terus menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan pantai yang kotor adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat. Kebiasaan membuang sampah sembarangan harus diubah menjadi kebiasaan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Pemerintah, pengelola pantai, dan komunitas lokal dapat melakukan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan pantai kepada masyarakat. Dengan adanya kesadaran yang tinggi, diharapkan wisatawan akan menjadi lebih bertanggung jawab dan tidak lagi membuang sampah sembarangan di pantai.

Selain itu, peran petugas pengelola pantai juga sangat penting dalam menjaga kebersihan pantai. Petugas pengelola pantai perlu rajin membersihkan sampah-sampah yang tersebar di pantai setiap hari. Mereka dapat menggunakan alat seperti traktor pembersih pantai untuk mengangkut sampah-sampah tersebut.


Sumber Gambar

Belakangan ini, isu soal pantai kotor sempat ramai dibicarakan usai salah satu tim konten kreator yaitu Pandawara membersihkan sebuah pantai di Kampung Cibutun, Sukabumi. Pantai Cibutun yang disorot usai disebut sebagai pantai terkotor nomor 4 di Indonesia. Hal itu terlihat dari video mereka yang memperlihatkan kondisi pantai yang penuh dengan sampah.

Hal ini kemudian sempat menjaid polemik usai pihak desa merasa tersinggung dan keberatan dengan klaim pantai terkotor nomor 4 di Indonesia. Bahkan pihak karang taruna pun merasa tidak setuju bila hal ini dikatakan sepihak. Bahkan dari beberapa berita, Pandawara sempat terancam dilaporkan ke polisi akibat kejadian ini.

Pihak anak-anak karang taruna mengaku menyayangkan karena Pandawara tidak melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan mereka. Selain itu, mereka juga mempertanyakan kebenaran bahwa Pantai Cibutun adalah pantai terkotor di Indonesia nomor 4. Karena menurut mereka, klaim dari Pandawara tidak disertakan bukti, observasi dan hasil penelitian.


Sumber Gambar

Sehingga dalam hal ini, Karang Taruna Kampung Cibutun meminta BUKTI kalau memang Pantai Cibutun menjadi yang terkotor di Indonesia. Apakah Pandawara bisa membuktikannya?

Usai niat Pandawara membersihkan pantai ditolak oleh pihak desa dan karang taruna setempat, tak lama kemudian Pemkab Sukabumi turun langsung dan membersihkan pantai tersebut. Bahkan kemarin pantai ini sempat dibersihkan dengan melibatkan alat berat demi mempercepat proses pembersihan. Setidaknya konten Pandawara memancing mereka agar sadar akan kebersihan.

Banyak dari netizen yang menyayangkan sikap mereka yang menolak Pandawara. Mereka menyebut bahwa mereka sama saja menghalangi niat baik seseorang yang hendak membersihkan suatu daerah. Mungkin pada akhirnya bukan Pandawara yang membersihkan. Tapi setidaknya, berkat mereka pantai ini dibersihkan.


Sumber Gambar

Viralnya konten ini mungkin membuat nama dan reputasi desa mereka menjadi jelek. Sehingga wajar jika mereka marah dan tidak terima. Sama halnya seperti kritik kepada warung makan beberapa waktu lalu. Tapi semoga dengan adanya Pandawara, semakin banyak warga serta pemerintah setempat punya inisiatif untuk membersihkan sampah di pantai atau di tempat lainnya. Daripada keburu Pandawara datang, diviralkan dan dijadikan konten. Nanti marah. Wkwk.

Sebelumnya, Pandawara sendiri merupakan sekumpulan pemuda yang memang hobi membersihkan sampah-sampah lingkungan dan membagikanan momen kegiatan positif mereka ke sosial media. Dengan maksud memberi pengaruh kepada penontonnya.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian gimana? Apakah bisa Pandawara membuktikannya? Atau kalian bisa membuktikannya? emoticon-Bingung (S)


Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
jiresh
nketiahrobin763
chrysalis99
chrysalis99 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3K
177
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34KThread24.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.