iskrimAvatar border
TS
iskrim
Kota New York Membuat Keranjang Sampah Anti Tikus, Indonesia Yuk Punya!


Tikus sejak dulu menjadi hama dan salah satu musuh manusia yang harus sebisa mungkin di kurangi agar populasinya semakin mengecil dan punah. Sebagai hewan pengerat tikus juga banyak membuat kerusakan tanaman, alat rumah tangga juga membawa penyakit, itulah mengapa manusia selalu memerangi tikus dengan berbagai cara.

Sebagai mahluk hidup tikus juga butuh makan dan minum, kesukaannya yang tinggal di tempat gelap, berbau dan kotor membuat manusia kadang sulit atau enggan menemukannya bahkan malah menjauhinya karena tikus tinggal dilingkungan yang jorok, jauh dari kata bersih.

Contohnya adalah saluran air yang basah juga berbau sampai tempat pembuangan sampah biasanya sangat disukai oleh tikus jalan yang memang menjadi lokasi favorit untuk ditinggali, mencari makan bahkan sampai beranak pinak yang jumlahnya tidak sedikit.



Tikus juga menjadi masalah besar ketika mereka berada di lingkungan perkotaan yang kebersihannya tidak terjaga, masyarakatnya sering membuang sampah sembarangan seperti di got-got, kali bahkan di tempat sampah yang padahal sudah disediakan sekalipun masih ditemukan ceceran sampah basah dan kering.

Banyaknya laporan warga karena ulah tikus yang membuat jalan kota jadi terlihat kumuh akhirnya pemerintah New York mendesain ulang tempat sampah mereka yang ikonik sejak 1930an itu bersama ahli biologi hewan pengerat menjadi tidak lagi ramah bagi para tikus ini. Tempat sampah bernama Sanitation memiliki dasar beton yang kokoh, lapisan plastik lentur yang tahan lama tapi juga mudah diangkat dan menuangkan sampah oleh petugas kebersihan ke bak truk pengangkut.



Seperti terlihat digambar, tempat sampah ini didesain agar isinya tidak pernah kepenuhan (meluap) karena memiliki engsel khusus yang hanya ukuran dan tinggi sampah tertentu saja bisa masuk ke dalamnya, ada lubang pembuangan berbentuk diagonal dengan sudut tertentu sehingga tikus kesulitan masuk, memiliki banyak lubang angin agar sampah tidak lembab sehingga sampah tetap kering dan berbahan stainless agar tidak mudah di grogoti tikus.

Belajar dari kasus tikus di jalan-jalan di New York ini sepertinya cocok juga kalau misalkan Indonesia meniru ide desain tempat sampahnya agar tidak ada lagi sampah yang berceceran. Kita tahu kan seperti apa kondisi jalan dinegara kita; masih sering ditemukan sampah campur aduk sampai meluap karena tempat sampahya tidak terawat dan kesadaran kita menjaga kebersihan itu masih sangatlah minim.






Thread © 2016 - 2023 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp | img : fastcompany 


bayupk5000
chriskana745069
hallowwolf94
hallowwolf94 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.4K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Home Appliance
Home ApplianceKASKUS Official
2.7KThread5.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.