• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tren Fenomena LIVE STREAMER 'Dadakan' , Antara Cuan Dan Sisi Gelap ? Bahas Yuk !

fellgrey
TS
fellgrey
Tren Fenomena LIVE STREAMER 'Dadakan' , Antara Cuan Dan Sisi Gelap ? Bahas Yuk !



ilustrasi

Halooo agan dan sista !

Apa kabarnya nih? semoga tetap dalam keadaan baik dan selalu semangat ya..

Nah, kali ini ane akan mencoba mengangkat topik tentang fenomena Live Streamer yang sepertinya semakin hari semakin menjamur.

Dan ngomong-ngomong soal Live Streamer, gansis udah pada tau belom nih apa itu live streamer ?, ya pengertian mudahnya sih Live Streamer itu adalah seseorang yang secara terus menerus menyajikan konten kepada para audiens melalui sebuah platform atau media secara langsung.

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah kenapa live streamer ini sangat menjamur banget belakangan ini, salah satu alasannya adalah karena live streaming ternyata bisa menghasilkan cuan yang cukup besar loh.


Tren ini sebenarnya udah ada sejak setahun belakangan, tapi semakin melejit ketika pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu melanda dunia termasuk Indonesia. Pas lockdown, semua orang kan harus dirumah aja dan akhirnya para konten kreator pun kebingungan bagaimana caranya untuk tetep mendapat pemasukan. Nah, disinilah peran live streaming di beberapa platflorm menjadi sangat penting, termasuk juga bagi mereka yang memiliki usaha, karena tidak memungkinkan untuk berjualan di toko atau mall lagi, akhirnya merekapun terjun ke jualan secara online yang artinya mereka membutuhkan para live streamer untuk menjual produk mereka.

Bayangin aja, agan dan sista bisa jualan langsung dari rumah dengan menggunakan fitur live streaming yang ada di beberapa platform. Para penonton bisa langsung lihat produk yang agan dan sista jual dengan detail. Mereka bisa tanya-tanya langsung tentang produk tersebut, ngobrol-ngobrol ringan, dan akhirnya langsung beli.


Dalam tren live streamer, tidak hanya para pelaku UMKM lokal yang merasakan manfaatnya. Seperti yang ane jelaskan diatas banyak juga para konten kreator di TikTok atau media sosial lainnya yang memanfaatkan fenomena ini untuk mendapatkan gift atau hadiah dari para penonton. Hadiah-hadiah ini bisa ditukarkan dengan uang tunai, loh!

Tapi, jangan sembarangan ya kalau mau jadi live streamer di TikTok. Agan dan sista harus mematuhi aturan yang ada, seperti usia minimal 16 tahun dan memiliki 1.000 pengikut di akun TikTok. Ini supaya agan dan sista bisa lebih terjamin dan aman dalam membuat konten.


Tapi dibalik manfaat dan fenomena live streamer ini, ternyata ada juga loh sisi buruknya, yaitu mereka yang memanfaatkan live streamer ini untuk mendapatkan penghasilan besar dengan cara yang tidak dibenarkan, semisal ada kasus pengemis online atau yang terbaru adalah modus mengeksploitasi anak-anak dengan kedok yayasan panti asuhan yang setiap hari melakukan live streaming demi mendapatkan cuan dan rasa iba dari penontonnya.

Nah, itulah sekelumit tentang fenomena Live streaming yang sedang tren ditanah air, semoga ada aturan dan pengawasan yang ketat dari pemerintah agar tidak ada lagi oknum-oknum live streamer yang melakukan hal-hal yang melanggar demi keuntungan pribadi.



xhamstermaniacarielashopscreamo37
screamo37 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
698
73
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
922KThread80.3KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.