Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Apa Alasan Tiktok Shop Dilarang Di Indonesia?




Hi sobat kaskus,

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Koperasi dan UKM, resmi mengeluarkan aturan yang melarang TikTok untuk menjalankan dua bisnis sekaligus, yaitu bisnis media sosial dan online shop. Penyebabnya adalah adanya kekhawatiran terkait konten yang melanggar undang-undang di platform tersebut.

Dalam rapat terbatas yang digelar oleh Presiden Joko Widodo, pemerintah setuju untuk merevisi aturan terkait perdagangan dalam sistem elektronik. Artinya, aplikasi seperti TikTok hanya diperbolehkan mempromosikan barang atau jasa saja. Sementara untuk berjualan, akan ada batasan dan tidak diizinkan.



Pemerintah memandang bahwa TikTok sebagai aplikasi media sosial user generated seharusnya memiliki mekanisme untuk membuat standar konten dan mencegah serta menyelesaikan jika ada konten yang melanggar hukum. Komunikasi dengan TikTok telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, namun belum ada balasan dari pihak TikTok.

Banyak warganet memiliki pendapat yang berbeda terkait pemblokiran TikTok. Ada yang setuju karena adanya konten yang dianggap tidak pantas. Namun ada juga yang tidak setuju dan berpendapat bahwa sebenarnya ada fitur pelaporan di dalam aplikasi yang bisa digunakan jika menemui konten yang melanggar.



Di sisi lain, TikTok juga menghadapi pembatasan di negara lain seperti Amerika Serikat. Pemerintah AS khawatir bahwa TikTok bisa digunakan oleh pemerintah China untuk mengakses data pengguna AS. Sehingga mereka melarang penggunaan TikTok di ponsel pejabat pemerintah dan sejumlah kalangan.

Nah, itu dia beberapa alasan yang membuat pemerintah melarang TikTok untuk berjualan online. Tentunya langkah ini diambil dengan pertimbangan demi menjaga keamanan dan kepatuhan terhadap hukum. Semoga info ini bisa memberikan pencerahan kepada agan dan sista.



Tapi sobat Kaskuser, pernah nggak sih agan-agan sekalian bingung kenapa produk impor bisa dijual dengan harga yang lebih murah? Apa ada rahasia dibalik itu? Nah,hal ini juga yang di kritik oleh para pedagang offline.

Yuk, kita bahas satu per satu alasan yang membuat produk impor jadi lebih terjangkau. Sedangkan produk lokal harga mahal kualitas ampas, seperti AHM yang sedang merana akibat rangka patah.

Alasan pertama yang bisa kita lihat adalah biaya produksi yang lebih rendah di negara asalnya. Mungkin agan pernah dengar tentang tenaga kerja murah di beberapa negara Asia seperti Tiongkok atau Vietnam. Yup, biaya produksi yang murah ini mempengaruhi harga jual produk impor. Dibandingkan dengan negara kita, mereka memiliki standar upah yang lebih rendah, sehingga biaya produksi bisa lebih efisien.



Selanjutnya, masalah jumlah produksi juga turut mempengaruhi harga jual produk impor. Negara seperti Tiongkok memiliki kapasitas produksi yang besar, sehingga bisa membuat produk dalam jumlah yang banyak. Ini berbeda dengan produk lokal kita yang kadang terbatas dalam produksi. Semakin besar jumlah produksi, semakin rendah biaya produksinya. Nah, ini salah satu faktor yang membuat harga jual produk impor bisa lebih murah.

Selain itu, ada juga perbedaan dalam regulasi dan kebijakan pajak di setiap negara. Beberapa negara memiliki kebijakan pajak yang lebih rendah atau bahkan tidak ada sama sekali untuk barang-barang yang dijual. Hal ini bisa mempengaruhi harga jual produk impor. Di Indonesia, misalnya, kita punya bea masuk yang cukup tinggi untuk produk impor. Ini membuat harga jualnya menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan produk lokal.

Bukan hanya itu, sista, ada juga faktor persaingan di pasar global. Dalam dunia perdagangan internasional, ada banyak produsen yang bersaing untuk menarik konsumen. Untuk memenangkan persaingan ini, beberapa produsen impor rela menawarkan harga yang lebih murah. Mereka mungkin menekan keuntungan agar harga jualnya lebih kompetitif. Tentunya hal ini menguntungkan konsumen karena bisa mendapatkan produk impor dengan harga yang lebih terjangkau.



Jadi, kesimpulannya adalah ada beberapa alasan mengapa produk impor bisa dijual dengan harga yang lebih murah. Biaya produksi yang lebih rendah, jumlah produksi yang besar, kebijakan pajak yang berbeda, dan persaingan di pasar global semua memainkan peran penting dalam menentukan harga jual produk impor. Dengan memahami faktor-faktor ini, kita bisa lebih bijak dalam memilih produk impor yang kita beli. Happy shopping, agan-agan!

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





fathroni
MemoryExpress
78Kg
78Kg dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.1KThread5.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.