• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mustafa Kemal Atatürk: Kontroversi Perubahan Drastis dalam Sejarah Turki Modern

rizkywallyAvatar border
TS
rizkywally
Mustafa Kemal Atatürk: Kontroversi Perubahan Drastis dalam Sejarah Turki Modern
HALLO SOBAT ANGKER

WELCOME TO MY THREAD





Nah sobat sesuai judul kali ini, mimin ingin memberikan informasi menarik tentang president yang kontroversi, yang membuat Turki mengalami perubahan hebat.perubahan ini dilakukan oleh president turki mustafa kemal ataturk.

Mustafa Kemal Atatürk adalah salah satu tokoh yang paling kontroversial dalam sejarah modern Turki. Ia dikenal sebagai pendiri Republik Turki dan pemimpin revolusi Turki pada awal abad ke-20. 

seperti yang kita ketahui bahwa turki merupakan salah satu negara islam yang dulu masih berpegang teguh pada pendirian dan hukum agama islam. sehingga perubahan yang di lakukan oleh president turki ini membuat kontroversi yang di anggap sangat bertentangan dengan nilai, budaya, adat istiadat, serta hukum yang di pegang oleh turki saat itu.

hal ini bukan hanya membuat masyarakatnya saja yang memprotes tentang perubahan tersebut, tapi para pejabat setempat juga memprotes. karena perubahan itu terlalu seknifikan.

banyak tindakan dan kebijakan yang diambil oleh Atatürk juga menjadi subjek kontroversi yang berkelanjutan. Berikut beberapa kontroversi terkait yang dilakukan Mustafa Kemal Atatürk:


1. Reformasi Sekulerisme

Salah satu langkah kontroversial terbesar yang diambil oleh Atatürk adalah menghapuskan sistem politik dan hukum berbasis agama Islam dan menggantinya dengan sistem sekuler. Ini mencakup penghapusan posisi Khalifah dan penutupan sekolah-sekolah agama. Meskipun ini mendapatkan dukungan dari kaum sekuler, ini sangat direspon negatif oleh kelompok-kelompok konservatif dan agamis.


2. Reformasi Bahasa dan Budaya

Atatürk melancarkan kampanye untuk mengganti alfabet Arab dengan alfabet Latin dalam bahasa Turki. Ini adalah perubahan dramatis dalam budaya Turki dan mendapatkan banyak kritik dari kelompok-kelompok yang merasa tradisi mereka dihapus.


3. Perubahan Nama

 Atatürk juga mengganti banyak nama tempat dan istilah dalam bahasa Turki untuk menghapus unsur-unsur asing dan agama. Ini dianggap sebagai tindakan penjajahan budaya oleh beberapa pihak.


4. Reformasi Perempuan

Meskipun Atatürk mendukung hak-hak perempuan dan memperkenalkan reformasi yang menguntungkan mereka, seperti hak pilih, pendidikan, dan pekerjaan, banyak kelompok konservatif merasa ini adalah ancaman terhadap tradisi keluarga Turki. karena peraturan tersebut terlalu memaksa bagaimana sistem pendidikan mulai di campur antara laki-laki dan perempuan, serta para wanita yang di larang menggunakan hijab sebagai bentuk reformasi.


5. Kekerasan Terhadap Oposisi

Selama pemerintahannya, Atatürk juga menggunakan kekerasan untuk menekan oposisi politik dan agamis. Hal ini menyebabkan kritik dari kelompok-kelompok hak asasi manusia.


6. Pemaksaan Nasionalisme

Atatürk mendorong nasionalisme Turki yang kuat dan mendukung konsep Turki modern yang serba sekuler dan modern. Bagi beberapa kelompok etnis minoritas, ini dianggap sebagai upaya untuk menghilangkan identitas mereka.


7. Mengubah mesjid menjadi Museum

jadi mulanya pada saat konstatinopel jatuh, Hagia shopia di alih fungsikan menjadi mesjid. setelah menjabat sebagai president turki, ataturk mulai menganggap bahwa agama islam menjadi penghambat revolusi sehingga beliau mulai memberikan peraturan untuk mengubah mesjid menjadi sebuah museum.


Kontroversi seputar Mustafa Kemal Atatürk mencerminkan kompleksitas warisan sejarahnya. tindakan beliau dianggap sebagai tindakan penindasan terhadap tradisi dan agama yang mana turki saat itu menjadi pelopor populasi agama islam.


TerimaKasih telah berkunjung di thread mimin kali ini

semoga ini bisa memberikan wawasan untuk kalian semua

dan jika ada informasi yang salah atau kurang boleh kok di komen di kolom komentar

see you to konten selanjutnya


Cttn : gambar hanya pemanis
freerain
rotten7070
rotten7070 dan freerain memberi reputasi
2
328
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.