valkyr69Avatar border
TS
valkyr69
Jokowi Pamer Jadi Walkot hingga Presiden: Nggak Ada yang Seperti Itu


Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membanggakan dirinya yang pernah menjabat sebagai wali kota, gubernur, hingga presiden. Jokowi mengatakan tidak ada yang seperti dirinya memulai karir politik dan jabatan publik dari bawah.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam sambutannya di Rakernas Korpri, Hotel Mercure, Jakarta Utara, Selasa (3/10/2023). Jokowi awalnya bicara soal kolaborasi antarkementerian yang masih ego sektoral.

"Kemudian kolaborasi ini yang saya lihat saya meng-handle kementerian-kementerian masih ego sektoral, ini jalan sendiri, ini jalan sendiri, ketemunya di mana nggak jelas. Itu yang saya berusaha selama 9 tahun saya handle agar mereka satu tujuan, ini mendukung, ini mendukung, tujuannya satu," kata Jokowi.

Jokowi lalu menyinggung alokasi APBD kepada pejabat di daerah. Mantan Wali Kota Solo ini meminta APBD tidak perlu diecer ke banyak program. Menurutnya, program saja cukup asalkan jelas tujuannya dan terimplementasi.

"Saya bolak-balik sampaikan Pak Sekjen, Pak Sesmen, Pak Sekda tolong didesain yang namanya A, yang namanya APBD itu jangan banyak-banyak program. Anggaran jangan diecer-ecer ke dinas-dinas, buat program 1,2,3 program cukup tapi gol," katanya.

Jokowi juga menyinggung adanya pemerataan anggaran yang dilakukan jika APBD naik. Dia mengalami sendiri hal itu. Dia lantas menyebut pernah jadi wali kota, gubernur, hingga presiden.

"Sampaikan juga ke DPRD mengenai itu jangan semua diratain kalo ada kenaikan APBD 5 semua dinas tambahnya 5%, 5%, 5%, yang terjadi seperti itu saya pernah mengalami karena saya pernah jadi wali kota 2 kali, pernah jadi gubernur, pernah jadi presiden 2 kali nggak ada di Indonesia seperti itu," ujarnya.

Jokowi mengatakan tidak ada yang seperti dirinya yang mengawali karir dari bawah. Dia mengaku paham apa yang terjadi di lapangan.

"Dari bawah wali kota dua kali, gubernur, presiden, nggak ada, jadi saya ngalami betul situasi di lapangan seperti apa," ujarnya.

https://news.detik.com/berita/d-6962...ng-seperti-itu

Tuh dengerin pak jokowi.. Pengalaman jadi kepala daerah itu penting.. emoticon-Malu (S)




emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
rajkapoor
ushirota
lubizers
lubizers dan 3 lainnya memberi reputasi
4
253
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.