perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Dipanggil DPR Bahas Rempang, Bahlil: Saya Tidak Bodoh!


Jakarta, CNBC Indonesia - Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kembali memanggil Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk membahas perkembangan investasi di Pulau Rempang, Kepulauan Riau.

Pulau Rempang akan disulap menjadi Rempang Eco Park, di mana salah satu investornya adalah produsen kaca China, Xinyi Glass Holdings Ltd senilai US$ 11,5 miliar atau setara Rp 175 triliun. Bahlil menyadari banyak netizen menyebut dirinya bodoh perihal investasi tersebut.


"Ini satu ekosistem besar dan perusahaan ini bukan hanya Xinyi tapi memang dia yang di depan. Jadi ini penting saya luruskan biar tidak ada orang-orang katakan saya ini bodoh," ungkap Bahlil dalam rapat kerja di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (2/10/2023)


Luas lahan yang akan dikembangkan sekitar 17.600 hektar. Jumlah itu terdiri dari sekitar 10.280 hektar hutan lindung dan 7.572 hektar yang digunakan PT MEG untuk investasi. Dari 7.572 hektar tersebut, pada tahap awal lahan yang akan dikembangkan sekitar 2.000 hektar

"Saya kadang-kadang bingung republik kita informasi liar lebih dari pada yang benar jadi suapaya tidak ada dosa di antara kita kita harus membangun kesepahaman agar ada kerangka objektif data yang benar," paparnya.

Bahlil menyadari hal tersebut tidak terkomunikasikan dengan baik kepada masyarakat. Maka dari itu muncul suara miring dan berujung konflik pada 7 September 2023, akibat bentrokan yang terjadi antara warga setempat dengan aparat gabungan dari TNI, Polri, dan Direktorat Pengamanan Aset BP Batam.

"Kami akuilah bahwa memang dalam proses komunikasi awal terjadi miskomunikasi jujur lah kita, kita harus berani berjiwa besar untuk mengatakan kalau itu ada kekeliruan namun kekeliruan itu bukan tanpa alasan," jelas Bahlil.


Alasan yang diungkapkan, yaitu saat pengukuran lahan dilakukan tim untuk pematokan, beberapa kelompok masyarakat mengira akan langsung relokasi. Kelompok tersebut menghalangi jalan dengan pohon sehingga mengganggu arus lalu lintas.

"Ceritanya ini cikal bakalnya kemudian karena sudah beberapa hari jalan ini ditutup aparat membuka pada saat membuka kemudian saudara saya di sana ya biasaaktivis kan, begitu agak melakukan sedikit gerakan agar kita tidak terbuka jadi masalahnya di situ awalnya itu ditambah lagi dengan informasi-informasi yang beredar lahirlah itu gas air mata," kata Bahlil.

link

Tidak bodoh
muhamad.hanif.2
CaiFuk
CaiFuk dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
510
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.