dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Sejarawan Mengklaim Salomo Bukanlah Raja Israel Melainkan Firaun Mesir
Sejarawan Mengklaim Salomo Bukanlah Raja Israel Melainkan Firaun Mesir
Senin 17 Oktober 2022 17:51 WIB

Penggambaran Raja Salomo di Alkitab/The Jerusalem Post

JAKARTA - Ralph Ellis, seorang sejawaran dan penulis Inggris mengklaim sebuah jenis penemuan yang akan dengan senang hati didengar oleh para arkeolog Israel karena alasan politik dan budaya.
Namun, penemuan itu nantinya akan bertentangan dengan intrepretasi klasik dari kisah Alkitabiah.
"Raja Salomo sebenarnya adalah seorang Firaun di Mesir," klaim Ralph Ellis.

Dikutip dari The Jerusalem Post, sejarawan ini telah meneliti kisah hidup Raja Salomo selama 20 tahun terakhir dan mencapai kesimpulan yang menegangkan ini.
Ia mengklaim bahwa dia memiliki solusi untuk misteri berusia 3.000 tahun yang dia dapatkan setelah dia tidak dapat menemukan harta Raja Salomo yang berupa 500 ton emas atau yang saat ini setara dengan USD 3 triliun.

Pemburu harta karun terus mencari tambang Raja Salomo dengan harapan dapat menemukan harta karun Raja, tetapi Ellis yakin bahwa mereka yang masih mencoba peruntungan akan sangat kecewa.
Menurutnya, Salomo sama sekali bukan Raja Israel, tetapi seorang Firaun Mesir bernama Shushank pertama yang memerintah Mesir dan Israel pada akhir abad ke-10SM (diidentifikasi oleh sebagian besar sarjana dengan raja Mesir Shishak yang disebutkjan dalam Alkitab).

Dia membandingkan menemukan harta raja dengan legenda sejarah seperti 'pembaptisan di mata air awet muda' dan mengatakan bahwa kisah Raja Salomo, seperti yang kita ketahui, mungkin merupakan 'salah tafsir' sejarah.
Dalam bukunya, Salomo, Firaun Mesir, ia berbicara tentang kerajaan tetangga yang menjarah makam kerajaan di Lembah Para Raja di Mesir dan mempersembahkan kekayaan itu kepada Salomo sebagai isyarat untuk mencegah invasinya.
"Menurut Alkitab, Raja Salomo sangat kaya. Generasi teolog dan arkeolog telah menjelajahi Tanah Suci untuk mencari ibu kota, istana, kuil, dan harta miliknya - tanpa hasil. Pada akhirnya, kita juga harus menerima kenyataan bahwa Taurat sepenuhnya fiksi atau menyadari bahwa kita mencari di tempat yang salah dan setelah hal yang salah." ungkap Ellis.
Jika teorinya benar, harta karun Salomo akan dengan mudah ditemukan di Museum Mesir di Kairo, di mana puluhan benda dari masa itu bisa ditemukan.
“Dari penelitian saya, tampaknya ada dasar faktual untuk kisah Sulaiman dan kekayaannya, tetapi disembunyikan dan ditulis ulang oleh para penulis Alkitab kemudian karena cerita tentang firaun kemudian dianggap sulit untuk dicerna dan disesuaikan. Mereka mengubah sejarah. untuk menciptakan pahlawan Israel murni," kata Ellis.

Menurut Alkitab, Salomo membangun Kuil Pertama di Yerusalem dan dianggap sangat bijaksana. Namun, sejarah alkitabiah tetap diselimuti misteri dan para ahli terus mencoba menguraikan dan menemukan bukti untuk kisah-kisah alkitabiah.

https://news.okezone.com/read/2022/1...n-firaun-mesir

tenglengwotik
tenglengwotik memberi reputasi
1
1.7K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.