Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yellowmarkerAvatar border
TS
yellowmarker
Ganjar Pranowo: Swasembada Pangan Tak Menggelinding Begitu Saja

Sabtu, 30 September 2023 10:10 WIB
Ganjar Pranowo: Swasembada Pangan Tak Menggelinding Begitu Saja
Bacapres Ganjar Pranowo berjalan meninggalkan ruangan usai mengikuti pertemuan partai-partai politik pengusungnya di Jakarta, Rabu, 27 September 2023. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Reporter: Ade Ridwan Yandwiputra
Editor: Linda novi trianita

TEMPO.CO, Jakarta - Bakal calon presiden yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo menyebut, swasembada pangan tidak bisa terjadi begitu saja. Perlu peran negara untuk mewujudkan program kedaulatan pangan itu.

"Swasembada untuk bahan pokok tentu saja itu tidak bisa mengglinding apa adanya begitu saja, butuh hadirnya negara," kata Ganjar dalam pidato pada Rakernas IV PDIP di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 29 September 2023.

Ganjar mencontohkan, kehadiran negara dalam mewujudkan swasembada pangan itu bisa dikejar melalui riset-riset yang mampu mewujudkan kemajuan teknologi pertanian. "Zaman sudah berubah, generasi berganti dan kita tidak bisa mengahrapkan berdikari dari pangan ini tanpa kita melakukan sebuah perubahan besar dari sisi teknologi (seperti) modifikasi cuaca, smart farming, sekolah lapang iklim," kata Ganjar.

Selain itu, kata Ganjar Pranowo, ada politik tata ruang yang harus bisa memastikan bahwa lahan subur tidak boleh dialih fungsikan. "Kita tegakkan apa-apa yang harus kita lakukan, biarkan sawah kita tetap jadi sawah, biarkan embung tetap jadi embung, dan biarkan laut itu hidup dan menjadi tempat ikan-ikan berenang, karena itu menjadi sumber pangan kita juga," ujar Ganjar Pranowo.

Ganjar pun menegaskan, jika sektor pangan Indonesia bisa terkelola dengan baik, maka jebakan ekonomi pendapatan menengah dapat terlewati. "Apabila kita bisa meningkatkan sektor pangan Indonesia untuk kesejahteraan rakyat, maka kita akan mampu membawa Indonesia lebih berjaya," kata Ganjar.

Salah satu poin yang ditekankannya adalah soal diversifikasi pangan yang mesti dijaga dan dikembangkan. "Biarkan yang makan papeda tetap makan papeda, yang makan tiwul tetap, dan yang makan beras juga makan beras, biarkan, karena itulah sumber pangan  yang sangat variatif yang kita miliki, negara lain tidak memiliki itu, biarkan," ujar Ganjar.

Selain itu, Ganjar Pranowo juga menekankan pentingnya kepastian pemberian bantuan insentif bibit pupuk, serta sarana prasarana perikanan tangkap budidaya yang mesti disalurkan tepat sasaran. "Politik pangan sangatlah penting dan ia menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan dan berimplikasi penting terhadap kesehatan, tentu bagaimana kita mencerdaskan kehidupan bangsa, mulai dari gizi yang cukup," ucap Ganjar.



Quote:

 
Ganjar Pranowo: Swasembada Pangan Tak Menggelinding Begitu Saja

Kalau saja rahasia itu tidak dicuri India,
kita sudah menjadi negara ke-4 yang menginjak bulan.
Tapi memang benar sih, lebih enak jaman pak Harto.
IQ rakyatnya tinggi2, enak rasanya ngobrol ama orang di jaman itu.
Dibanding sekarang, aduh enga ada yang nyambung rasanya.
Gubernur ngomong aja enga ada satupun warganya yang ngerti.
emoticon-Entahlah


mulut gatel mode on
Diubah oleh yellowmarker 30-09-2023 05:35
dragunov762mm
steven.thereds
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
297
26
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.