• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Wow, Gen Penyebab Rambut Rontok Ditemukan,Sebentar Lagi Ilmuwan Buat Obat Anti Botak!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Wow, Gen Penyebab Rambut Rontok Ditemukan,Sebentar Lagi Ilmuwan Buat Obat Anti Botak!


Masalah kerontokan rambut memang menjadi urusan yang cukup serius terutama mereka yang selalu mengutamakan penampilan. Tidak hanya wanita, pria juga merasakan keresahan bila rontoknya sudah berlebihan dan mengalami kebotakan.

Sudah banyak beredar obat perawatan rambut dari mulai shampo, suntik vitamin sampai yang termasuk canggih berupa helm berteknologi led dan sinar laser tapi hasilnya tidak signifikan dan butuh perawatan serta pemeliharaan ekstra agar rambut tetap subur dan tebal.

Kabar terbaru yang cukup menggembirakan belum lama ini adalah ilmuwan berhasil menemukan penyebab kerontokan rambut terutama bagi kaum pria, penyebabnya adalah varian genetik langka yang berkaitan dengan pola kerontokan rambut, termasuk dua varian baru yang belum teridentifikasi sebelumnya. Kabar baik lainnya adalah hasil temuan ini telah membuka jalan untuk pencegahan atau bahkan terhindar dari kerontokan rambut lagi lewat pengobatan terbarukan.



Berdasarkan data UK Biobank, hasil penelitian dari 72.469 pria yang berusia 39 hingga 82 tahun dengan menggunakan sequencing kernel Association test (adalah metode pengujian varian genetik langka di suatu wilayah yang berkaitan dengan ciri-ciri individu yang dapat diamati/ fenotipe), dan GenRisk, temuan ini akhirnya berhasil menyingkap misteri yang dulu belum terpecahkan tentang masalah rambut rontok dan kebotakan.

Mereka berhasil menemukan varian genetik langka dari lima gen yaitu: EDA2R WNT10A, HEPH, CEPT1, dan EIF3F. EDA2R dan WNT10A menjadi 'kambing hitam' masalah ini berdasarkan analisis varian umum yang juga sebagai varian langka termasuk CEPT1 dan EIF3F yang dikenal sebagai gen baru tadi.

Gen - gen inilah yang kemudian diketahui ternyata sebuah 'penyakit bawaan' yang langka yang mempengaruhi kualitas kulit dan rambut manusia. Dimasa depan hasil dari temuan ini diharapkan ahli kesehatan dan kecantikan akan mampu membuat strategi pengobatan yang lebih baik dan dipersonalisasi khususnya untuk pria yang memiliki masalah kerontokan dan kebotakan karena turunan.



Meski banyak orang tidak menginginkan rambut bisa rontok bahkan mengalami kebotakan tapi bagi beberapa orang justru senang atau sengaja mencukur habis rambutnya agar selalu botak. Tentu mereka memiliki alasan karena mungkin malas merawat rambutnya, ingin praktis atau biar terlihat lebih menarik.

Ya, itulah pilihan dalam menjalani kehidupan, yang mau botak silahkan saja tapi yang rambutnya ingin tetap terpelihara dan sehat sampai tua setidaknya ada harapan ke sana. Semoga saja tidak lama lagi temuan ini bisa menjadi generik supaya bisa digunakan oleh semua kalangan. Aamiin.






Thread © 2016 - 2023 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp1, Tkp2, Tkp3 | img : gugel 


Diubah oleh iskrim 27-09-2023 07:14
gepyan
gaygene
adolfsbasthian
adolfsbasthian dan 4 lainnya memberi reputasi
5
514
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34.2KThread24.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.