- Beranda
- Stories from the Heart
Rumah dan Kamar - K U N C E N
...
TS
ochuqueena
Rumah dan Kamar - K U N C E N
SEJARAH GANGGUAN RUMAH DAN KAMAR ANE

iya gan ane cewek.
ini dirumah emang dari dulu hawanya beda gan.
Aku stay di palangkaraya. agan tau sejarahnya ga? kalo disini (palangkaraya) pernah kerusuhan etnis dayak sama madura.
nah rumah ane bekas rumah orang madura yang kebakar dan isinya udah dijarah. Tapi alhamdulillah mereka selamat, mereka pulang kampung ke madura.
kerusuhan itu tahun 1999 akhir apa 2000 gtu, pokoknya pas ane masih TK mau masuk SD. ane sekeluarga pindah ke sini taun 2002-an gan.
kata orang sih, salah satu penyebab bokap nyokap cerai itu gara-gara ada sesuatu di rumah ini. dan sejak bokap nyokap pisah orang udah banyak banget keluar masuk rumah ini. entah tinggal buat jagain ane sama adek, bantu-bantu di rumah, numpang tinggal karena kerja di sini, dan bla bla. Rumah ane pernah di kontrakin juga dua tiga tahunan.
keluarga juga ada yang bilang di rumah ini dikirimin ular lah apa lah gtu.
terus selama bertahun tahun di rumah ane, khususnya bagian kamar nyokap (sekarang nyokap janda) dan cuman bedua sama ane di rumah ini. gegara si adek kuliah dan bokap udah 10th yang lalu nikah lagi.
Sejak ane ke sini. Ane sering banget cek cok sama nyokap. Bahkan hubungan ane sama nyokap renggang banget. Soalnya sering ga sepaham. Dan di rumah ane ini rawan konflik gegara hal hal kecil. Ane sadar, tapi susah dihindari gan. Udah kaya anak durhaka ane. Padahal demi tuhan, ame ga mau dan ga niat gitu. Padahal ane waktu masih kuliah yang paling dekat sama nyokap dan bisa ngertiin nyokap. Adek pun juga gtu. Dan pas cek cok, kita udah kaya orang ke setanan. Tapi waktu itu adek ane yg sering didiamin nyokap, di marahin.
nah kalo di kamar nyokap, itu selalu ada binatang kaya ular tapi ukurannya paling cuman 10cm. kecil dan kurus. tapi kulitnya bersisik, mengkilat warnanya gelap. antara cokelat apa hitam gitu. dan setelah ane wisuda 2016 kemaren. udah hampir ga pernah ngeliat lagi.
aneh nya kadang ga nemu di lantai kamar nyokap (fyi, itu nemunya di sekeliling ranjang nyokap aja lo. ga di lain).
malah ketemu di laci rak kaset CD kami. rak CD kami itu kotak segi empat 8 space. dan di bawahnya ada dua laci kecil. di laci itu lah aku nemu bangkai itu cacing atau apalah namanya. Udah hampir ga ada lah sekarang.
terus, dulu dikamar ane ini. pas masih kecil masih sekamar sama bokap. nyokap, ane pernah mimpi orangtua (kayaknya sih kakek2) ngetok jendela depan sambil manggil apa ngomong. ini ane baru ingat pas lagi nulis ini. Dan masih kebanyang jelas kakek itu berambut lebat, putih semua. kayanya setelah itu kami dapat kabar buruk.
ane juga sejak smp d sumbar sama bokap. adek yang disini sama nyokap. tapi sejak kuliah, liburan selalu pulang ke palangakaraya. Btw, waktu liburan ane ga pernah tidur di kamar ini. dan kamar ini kosong. biasanya tempat etalase ga ke pake sama 'hambal/karpet'. Udah kaya gudang dan gudangnya makhluk halus. 5 menit di kamar ini, agan bisa mandi keringat.
sebelum wisuda, kira-kira 2015 awal. ane pulang kampung. terus salah satu kegiatan di rumah ya tercetuslah niat ngrapiin ini kamar. Ane percaya kalo ruangan kosong yang katanya ada si orang sebelah ditempati, mereka pindah. soalnya ini kamar, kata kaka ane (sepupu ane bisa ngerasain dan kadang ngeliat, tapi ane ga percaya sepenuhnya), kata dia ada kuntilanaknya. dan hawanya itu panas banget gan.
bahkan sekarang ada hari hari tertentu yang hawanya emang panas. padahal kipas udah hidup. ane ga bisa pake ac gan, soalnya kulit sensitif sama dingin ac apalagi malam, bentol bentol. yang dingin alami kaya di gunung atau bukit sih engga apa buat ane. soalnya ane tingga di daerah perbukitan waktu di sumbar. tapi wallahu alam aja lah kalo masalah kamar ini berpenghuni selain ane.
Setalah ane rapiin kamar. kamar ini pun ane cat serba putih. dan ane dekor seadanya aja. cuman ane tetap tidur di kamar tengah sama adek. kamar ini tetap kosong sampai ane pulang lagi 2016 akhir ngantar adek yang waktu itu datang ke wisudaan ane. Kurang lebih dua tahunan jadinya kan. Ane mulai pindah-pindahin lemari sama baju ke kamar ini dan berkatifitas dinkamar ini. Sampe jam 11an malam. Dan tetap ga ane tidurin. Soalnya belum terbiasa hawanya.
kata adek ane, dia pernah tidur di sini ga betah banget. berasa di gangguin dan ada sesuatu di luar jendela ane yang bagian depan. kebetulan waktu itu kasur dekat jendela. But, keluhan adek ane ga terkalu ane gubris. tetap aja ane takut plus kwatir juga.
2017 peetengahan januari ane benar-benar fix pindah ke sini. Dan kamar ini mulai ane tiduri gegara perang dingin adek kakak.. Haha. Terpaksa deh ane pindah ke kamar ini.
Ga betah gan, serius. Cuman ane tetap yakin. kalo ane kuat di kamar ini. tuh orang sebelah bakalan nyerah.
Entah kapan persisnya, ini ane gambarin posisi kamar ane.
(PINTU KAMAR DI SEBELAH KANAN RUANGAN. DI DEPAN PINTU JENDELA 3 SPACE, HAMPIR FULL SPACE. DI SEBELAH KIRI JENDELA UKURAN 1m ARAH KE GARASI)
Awalnya pas ane mimpi ketemu kakek itu, kasur di dekat jendela sebelah kiri.
Pas ane dekor ulang dan adek ane sempat tidur semalam, posisi kasur pas di depan pintu.
Setelah itu ane ubah posisi kasur dekat jendela samping dan dekat pintu. Ane tetap ngerasain gangguan. Soalnya dari kasur ane langsung menghadap ke jendela depan. Dan kliatan dari sebagian gorden ane gimana atap teras diluar.
Pernah beberapa kali pas nyokap keluar kota, ada kucing kelahi depan rumah. Terus ada kucing 'meong-meong' halaman depan rumah sambil menghadap ke rumah ane. Ane keluar dan ane lempar sama botol minuman biar itu kucing diam atau lari. Tapi balik lagi.
Itu mengganggu buat ane gan. Tapi masih bisa di kondisikan. Itu jam 12 malam, lewat. Antara jam 1 dan jam 2 dini hari.
sekarang udah setahun ane tinggal di kamar ini. setelah tahun baru posisi kasur yang sebelumnya ane taruh dekat pintu sama jendela samping. ane pindahin ke dekat jendela depan (persis kaya posisi pas ane mimpi didatangin kakek kakek.
Dan akhir akhir ini gangguannya ngeri banget. Ane hampir ga bisa tidur. Dan kebangun kalo ga jam 12 malam ya jam 3 pagi. Ane keseringan bangun sampe pagi dan tidur jam 8 atau 9 pagi.
Dan dua malam ini gangguan kucing sama anjing semakin menjadi-jadi. Seperti yanga ane ceritain kronologinya di thread cerita malam sebelum ini.
Fyi, ane sekarang resign sementara dari kerjaan dan usaha online aja dulu.
Jadi setelah pagi, ane baru bisa tidur. Gara gara itu juga jam tidur ane jadi kebalik gan.
Pernah malam ane tidur minum obat tidur. Tetap terbangun jam 3.yaaa Tuhaaaan tolong.
Fyi lagi, rumah kalo siang cuman ane aja. Soalnya nyokap pagi kerja sampai sore, kadang magrib baru pulang. Dan siang pun rumah ane serem banget. Persis di sebelah kamar ane ini gudang, tempat jemur baju. Tapi hampir ga pernah lagi ngejemur di situ. Jadi tu ruangan gelap dan serem. Ga ada pintu buat masuknya, cuman sekat dinding aja. Jadi kalau mau ke kamar ane, lewati ruangan itu dulu. Sampai sekarang ane masih takut kalo keluar kamar malam2.
Soalnya Pernah pas ane baru-baru tidur di kamar ini. Ane liat kaya ada yang lagi jongkok liatin ane pas di depan ruangan itu. Dan ane ke stop, antara maunlari ke kamar nyokap, kamar adek atau masuk kamar sendiri. Akhirnya ane nekat masuk kamar sendiri sambil deg-deg an kenceng banget. Besoknya baru ane ceritain ke nyokap. Dan dua hari setelahnya gudang itu ane bersihin. Makanya sekarang jadi tempat jemur baju.
aku pernah juga, jendela kamar. kaya di ketok pake empat jari. Dan pernah di kedua jendela aku. terakhir bunyi ketokan beberapa hari yang lalu.
ah iya, sebelum kejadian jam 12 malam itu, ane minta temanin nyokap ke pintu depan rumah liatin siapa yang ngetok. hampir jam 12 an juga, ane ingat pas nyokap nanyain jam. waktu itu ane habis nyuci piring. tapi kalo dinding sih engga pernah.
Ane beberapa waktu ini makan malam terus gan. Paling cepat jam 11 kalo ada adek, jam 2 atau jam 3 makannya. Kebiasaan ini ngaruh ga ya? Tapi ini kebiasaan baru gan.. Baru selama di sini.
Dulu jama skripsi ane paling lambat makan jam 11 aja.

iya gan ane cewek.
ini dirumah emang dari dulu hawanya beda gan.
Aku stay di palangkaraya. agan tau sejarahnya ga? kalo disini (palangkaraya) pernah kerusuhan etnis dayak sama madura.
nah rumah ane bekas rumah orang madura yang kebakar dan isinya udah dijarah. Tapi alhamdulillah mereka selamat, mereka pulang kampung ke madura.
kerusuhan itu tahun 1999 akhir apa 2000 gtu, pokoknya pas ane masih TK mau masuk SD. ane sekeluarga pindah ke sini taun 2002-an gan.
kata orang sih, salah satu penyebab bokap nyokap cerai itu gara-gara ada sesuatu di rumah ini. dan sejak bokap nyokap pisah orang udah banyak banget keluar masuk rumah ini. entah tinggal buat jagain ane sama adek, bantu-bantu di rumah, numpang tinggal karena kerja di sini, dan bla bla. Rumah ane pernah di kontrakin juga dua tiga tahunan.
keluarga juga ada yang bilang di rumah ini dikirimin ular lah apa lah gtu.
terus selama bertahun tahun di rumah ane, khususnya bagian kamar nyokap (sekarang nyokap janda) dan cuman bedua sama ane di rumah ini. gegara si adek kuliah dan bokap udah 10th yang lalu nikah lagi.
Sejak ane ke sini. Ane sering banget cek cok sama nyokap. Bahkan hubungan ane sama nyokap renggang banget. Soalnya sering ga sepaham. Dan di rumah ane ini rawan konflik gegara hal hal kecil. Ane sadar, tapi susah dihindari gan. Udah kaya anak durhaka ane. Padahal demi tuhan, ame ga mau dan ga niat gitu. Padahal ane waktu masih kuliah yang paling dekat sama nyokap dan bisa ngertiin nyokap. Adek pun juga gtu. Dan pas cek cok, kita udah kaya orang ke setanan. Tapi waktu itu adek ane yg sering didiamin nyokap, di marahin.
nah kalo di kamar nyokap, itu selalu ada binatang kaya ular tapi ukurannya paling cuman 10cm. kecil dan kurus. tapi kulitnya bersisik, mengkilat warnanya gelap. antara cokelat apa hitam gitu. dan setelah ane wisuda 2016 kemaren. udah hampir ga pernah ngeliat lagi.
aneh nya kadang ga nemu di lantai kamar nyokap (fyi, itu nemunya di sekeliling ranjang nyokap aja lo. ga di lain).
malah ketemu di laci rak kaset CD kami. rak CD kami itu kotak segi empat 8 space. dan di bawahnya ada dua laci kecil. di laci itu lah aku nemu bangkai itu cacing atau apalah namanya. Udah hampir ga ada lah sekarang.
terus, dulu dikamar ane ini. pas masih kecil masih sekamar sama bokap. nyokap, ane pernah mimpi orangtua (kayaknya sih kakek2) ngetok jendela depan sambil manggil apa ngomong. ini ane baru ingat pas lagi nulis ini. Dan masih kebanyang jelas kakek itu berambut lebat, putih semua. kayanya setelah itu kami dapat kabar buruk.
ane juga sejak smp d sumbar sama bokap. adek yang disini sama nyokap. tapi sejak kuliah, liburan selalu pulang ke palangakaraya. Btw, waktu liburan ane ga pernah tidur di kamar ini. dan kamar ini kosong. biasanya tempat etalase ga ke pake sama 'hambal/karpet'. Udah kaya gudang dan gudangnya makhluk halus. 5 menit di kamar ini, agan bisa mandi keringat.
sebelum wisuda, kira-kira 2015 awal. ane pulang kampung. terus salah satu kegiatan di rumah ya tercetuslah niat ngrapiin ini kamar. Ane percaya kalo ruangan kosong yang katanya ada si orang sebelah ditempati, mereka pindah. soalnya ini kamar, kata kaka ane (sepupu ane bisa ngerasain dan kadang ngeliat, tapi ane ga percaya sepenuhnya), kata dia ada kuntilanaknya. dan hawanya itu panas banget gan.
bahkan sekarang ada hari hari tertentu yang hawanya emang panas. padahal kipas udah hidup. ane ga bisa pake ac gan, soalnya kulit sensitif sama dingin ac apalagi malam, bentol bentol. yang dingin alami kaya di gunung atau bukit sih engga apa buat ane. soalnya ane tingga di daerah perbukitan waktu di sumbar. tapi wallahu alam aja lah kalo masalah kamar ini berpenghuni selain ane.
Setalah ane rapiin kamar. kamar ini pun ane cat serba putih. dan ane dekor seadanya aja. cuman ane tetap tidur di kamar tengah sama adek. kamar ini tetap kosong sampai ane pulang lagi 2016 akhir ngantar adek yang waktu itu datang ke wisudaan ane. Kurang lebih dua tahunan jadinya kan. Ane mulai pindah-pindahin lemari sama baju ke kamar ini dan berkatifitas dinkamar ini. Sampe jam 11an malam. Dan tetap ga ane tidurin. Soalnya belum terbiasa hawanya.
kata adek ane, dia pernah tidur di sini ga betah banget. berasa di gangguin dan ada sesuatu di luar jendela ane yang bagian depan. kebetulan waktu itu kasur dekat jendela. But, keluhan adek ane ga terkalu ane gubris. tetap aja ane takut plus kwatir juga.
2017 peetengahan januari ane benar-benar fix pindah ke sini. Dan kamar ini mulai ane tiduri gegara perang dingin adek kakak.. Haha. Terpaksa deh ane pindah ke kamar ini.
Ga betah gan, serius. Cuman ane tetap yakin. kalo ane kuat di kamar ini. tuh orang sebelah bakalan nyerah.
Entah kapan persisnya, ini ane gambarin posisi kamar ane.
(PINTU KAMAR DI SEBELAH KANAN RUANGAN. DI DEPAN PINTU JENDELA 3 SPACE, HAMPIR FULL SPACE. DI SEBELAH KIRI JENDELA UKURAN 1m ARAH KE GARASI)
Awalnya pas ane mimpi ketemu kakek itu, kasur di dekat jendela sebelah kiri.
Pas ane dekor ulang dan adek ane sempat tidur semalam, posisi kasur pas di depan pintu.
Setelah itu ane ubah posisi kasur dekat jendela samping dan dekat pintu. Ane tetap ngerasain gangguan. Soalnya dari kasur ane langsung menghadap ke jendela depan. Dan kliatan dari sebagian gorden ane gimana atap teras diluar.
Pernah beberapa kali pas nyokap keluar kota, ada kucing kelahi depan rumah. Terus ada kucing 'meong-meong' halaman depan rumah sambil menghadap ke rumah ane. Ane keluar dan ane lempar sama botol minuman biar itu kucing diam atau lari. Tapi balik lagi.
Itu mengganggu buat ane gan. Tapi masih bisa di kondisikan. Itu jam 12 malam, lewat. Antara jam 1 dan jam 2 dini hari.
sekarang udah setahun ane tinggal di kamar ini. setelah tahun baru posisi kasur yang sebelumnya ane taruh dekat pintu sama jendela samping. ane pindahin ke dekat jendela depan (persis kaya posisi pas ane mimpi didatangin kakek kakek.
Dan akhir akhir ini gangguannya ngeri banget. Ane hampir ga bisa tidur. Dan kebangun kalo ga jam 12 malam ya jam 3 pagi. Ane keseringan bangun sampe pagi dan tidur jam 8 atau 9 pagi.
Dan dua malam ini gangguan kucing sama anjing semakin menjadi-jadi. Seperti yanga ane ceritain kronologinya di thread cerita malam sebelum ini.
Fyi, ane sekarang resign sementara dari kerjaan dan usaha online aja dulu.
Jadi setelah pagi, ane baru bisa tidur. Gara gara itu juga jam tidur ane jadi kebalik gan.
Pernah malam ane tidur minum obat tidur. Tetap terbangun jam 3.yaaa Tuhaaaan tolong.
Fyi lagi, rumah kalo siang cuman ane aja. Soalnya nyokap pagi kerja sampai sore, kadang magrib baru pulang. Dan siang pun rumah ane serem banget. Persis di sebelah kamar ane ini gudang, tempat jemur baju. Tapi hampir ga pernah lagi ngejemur di situ. Jadi tu ruangan gelap dan serem. Ga ada pintu buat masuknya, cuman sekat dinding aja. Jadi kalau mau ke kamar ane, lewati ruangan itu dulu. Sampai sekarang ane masih takut kalo keluar kamar malam2.
Soalnya Pernah pas ane baru-baru tidur di kamar ini. Ane liat kaya ada yang lagi jongkok liatin ane pas di depan ruangan itu. Dan ane ke stop, antara maunlari ke kamar nyokap, kamar adek atau masuk kamar sendiri. Akhirnya ane nekat masuk kamar sendiri sambil deg-deg an kenceng banget. Besoknya baru ane ceritain ke nyokap. Dan dua hari setelahnya gudang itu ane bersihin. Makanya sekarang jadi tempat jemur baju.
aku pernah juga, jendela kamar. kaya di ketok pake empat jari. Dan pernah di kedua jendela aku. terakhir bunyi ketokan beberapa hari yang lalu.
ah iya, sebelum kejadian jam 12 malam itu, ane minta temanin nyokap ke pintu depan rumah liatin siapa yang ngetok. hampir jam 12 an juga, ane ingat pas nyokap nanyain jam. waktu itu ane habis nyuci piring. tapi kalo dinding sih engga pernah.
Ane beberapa waktu ini makan malam terus gan. Paling cepat jam 11 kalo ada adek, jam 2 atau jam 3 makannya. Kebiasaan ini ngaruh ga ya? Tapi ini kebiasaan baru gan.. Baru selama di sini.
Dulu jama skripsi ane paling lambat makan jam 11 aja.
bukhorigan dan 3 lainnya memberi reputasi
4
181
2
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
33KThread•54.7KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya